Ayo, Buat Rumah kita: Home Sweet Home..

Ada pepatah bilang “Rumahku adalah Istanaku” apakah itu benar? Dan bagaimana mewujudkannya apabila kondisi rumah yang kita punya tidak semegah istana, perabotan yang ada tidak semewah hotel bintang lima. Istilah “Rumahku adalah Istanaku” digunakan untuk menggambarkan rumah yang nyaman untuk dihuni. Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan berteduh dari hujan dan panasnya terik matahari. Namun terkadang sifat manusia, apabila kita melihat keluarga, teman kita memiliki rumah yang besar dan mewah, ada rasa kita untuk memiliki rumah yang mewah dan megah. Tidak perlu khawatir, yang terpenting adalah rumah kita bisa membuat kita merasa nyaman dan bahagia untuk tinggal disana. Nah bagi Anda yang belum bisa menciptakan kenyamanan di dalam rumah, mungkin cara ini bisa membantu.

Berikut saya sharing disini tips agar rumah anda nyaman dan memberikan ketenangan:

Kita akan merasa nyaman, damai dan tenang saat beristirahat di rumah jika kondisinya sudah bersih. Lantai, dinding, halaman, kamar tidur, kamar mandi, meja makan, ruang nonton televisi dan ruang tamu yang bersih akan membuat orang yang menghuninya menjadi sehat. Jadi, jangan lupa bersihkan rumah Anda setiap hari.

1. Jaga kebersihan

Kita akan merasa nyaman, damai dan tenang saat beristirahat di rumah jika kondisinya sudah bersih. Lantai, dinding, halaman, kamar tidur, kamar mandi, meja makan, ruang nonton televisi dan ruang tamu yang bersih akan membuat orang yang menghuninya menjadi sehat. Jadi, jangan lupa bersihkan rumah Anda setiap hari.

2. Pilih warna cat tembok yang cerah

Pilihlah warna yang cerah dan tidak mengganggu pandangan mata Anda dan keluarga. Misal cat tembok bisa diwarnai dengan warna biru muda, hijau muda, atau putih yang selalu trend sepanjang masa. Warna itu sangat baik untuk membuat kondisi ruangan Anda terasa terang meski sudah malam. Warna-warna tersebut juga sangat bersahabat dengan mata. Dijamin Anda akan merasa nyaman selama ada di rumah.

3. Taruh tanaman di balkon atau teras rumah

Tumbuhan hijau merupakan elemen yang cukup efektif untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah. Tumbuhan hijau akan mengeluarkan oksigen yang baik untuk Anda dan menghisap karbondioksida yang Anda buang. Daripada menggunakan kesegaran dari AC, lebih baik dapatkan kesegaran yang alami dari tumbuhan. Anda bisa meletakannya di teras, beranda, teras belakang dan sudut-sudut ruangan dalam rumah.

4. Biarkan cahaya matahari masuk

Cobalah untuk membuat jendela yang bisa memberikan celah sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Selain bisa membunuh kuman penyakit dan nyamuk, sinar matahari ini juga bisa menghemat penggunaan listrik Anda. Rumah dengan pencahayaan (sinar matahari) yang cukup tidak lembab dan lebih sehat sirkulasi udaranya.

5. Tata ruang

Tatalah barang-barang di rumah Anda dengan baik. Simpanlah barang yang tidak digunakan di gudang agar tidak mengganggu dan membuat sempit ruangan di rumah Anda. Tata ruang yang rapi akan menciptakan kesan rumah menjadi besar dan suasana yang nyaman di rumah. Apabila space rumah anda cukup sempit, maka barang-barang yang anda beli jangan terlalu berukuran besar, dan jangan terlalu banyak menaruh barang. Pilihlah konsep minimalis untuk perabotan rumah anda.

6. Tata Lampu yang Unik

Hiasilah rumah anda dengan ornament lampu yang menambah rumah anda semakin cantik di malam hari. Lampu harus ditempatkan pada sudut ruang yang tepat. Sesuaikan dengan penempatan perabot, agar tidak ada bagian rumah yang terkesan gelap.

7. Ciptakan bau segar di ruangan rumah anda

Tempatkan parfum ruangan / parfum alami aroma terapi di ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, dan kamar mandi. Bau segar dan harum, seperti bau aromatherapy akan membuat anda merasa tenang, merilekskan setelah seharian beraktifitas di luar rumah, serta membuat anda semakin nyaman dan betah dirumah.

8. Ciptakan suasana yang hangat di rumah.

Bagi anda yang sudah berkeluarga, penting sekali menciptakan suasana yang hangat bersama keluarga sesampai di rumah setelah beraktifitas seharian. Dengan makan malam bersama anggota keluarga, menyempatkan berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga seperti nonton tv dan menemani anak-anak belajar, atau mengobrol aktifitas di luar yang dilalui seharian. Selain menjadi tempat dan acara yang paling ditunggu di rumah, hal ini angat penting untuk menjaga keharmonisan dan kedekatan bersama keluarga.

Rumah yang nyaman itu tidak harus besar dan mewah. Asalkan Anda bisa mengaturnya dengan baik, rapi dan bersih, meskipun kecil ukurannya pasti akan terasa bagai istana yang megah. Jika sudah merasa nyaman, Anda dan keluarga bisa bermain di rumah dengan gembira. Jadi, syukuri dengan rumah yang anda miliki saat ini. Jadikanlah rumah anda nyaman dan layak disebut home sweet home…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.