Liburan Edukatif untuk Keluarga

Menghilangkan penat dengan berlibur bersama keluarga pasti menjadi hal yang menyenangkan. Ya, berlibur bersama keluarga layak anda dapatkan setelah bekerja hampir  satu minggu penuh di kantor. Ada banyak alternatif tempat yang dapat anda datangi bersama keluarga. Tentunya dengan pertimbangan tempat tersebut sesuai untuk keluarga, bermanfaat untuk relaksasi dan mendidik  anak-anak. Berikut saya sharing di sini beberapa  wisata edukatif untuk keluarga anda.

Pertama, ajaklah keluarga anda ke tempat-tempat liburan yang menawarkan keindahan alam atau tempat berolahraga. Saat ini banyak tempat-tempat hiburan yang menawarkan panorama alam lengkap dengan wahana permainan/olahraga yang cocok untuk keluarga. Contohnya, Wahana kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai permainan air.  Selain berenang, ada banyak wahana permainan yang dapat dinikmati di kolam renang tersebut, terutama oleh anak-anak. Namun, selalu perhatikan anak anda di kolam renang, terutama bagi meraka yang masih kecil dan belum dapat berenang. Anda harus memperhatikan anak-anak anda. Selain wahana kolam renang, ada juga dapat mengajak keluarga di tempat hiburan yang menawarkan kenyamanan, panorama alam, lengkap dengan permainannya seperti playground untuk anak, berkuda, danau untuk permainan air, atau kegiatan outbond lainnya.

Kedua, tempat hiburan lainnya yang dapat anda datangi bersama keluarga adalah kebun binatang. Pergi ke kebun binatang dapat menjadi acara piknik keluarga yang bermanfaat. Melalui kebun binatang , anak anda dapat mengenal jenis-jenis binatang secara langsung. Selain itu, jangan lupa juga membawa bekal agar makanan selama di perjalanan dapat terpantau kesehatannya.

Ketiga, mengunjungi museum atau tempat bersejarah.  Jangan pernah berpikir bahwa mengunjungi museum itu mejemukan. Ya, ada banyak hal yang dapat anda temui di museum. Mulai dari sejarah –sejarah hingga benda-benda peninggalan kuno yang akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Selain museum, mengajak keluarga mengunjungi candi-candi juga bukan sesuatu yang salah.

Keempat, mengunjungi galeri ilmu, pameran karya seni dan pertunjukan seni. Nah, bagi anda yang menyukai seni dan tertarik untuk memilki karya seni di rumah, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Selain itu, tempat seperti ini dapat membuat kreativitas seni anak anda menjadi terpacu.  Galeri ilmu dapat berupa galeri lukisan, tempat baca buku, science center, dll. Pertunjukan seni, misalnya tari tradisional atau karnaval tradisional di daerah anda.

Kelima, mengunjungi pantai dan danau/waduk. Kegiatan yang dapat dilakukan di perairan seperti pantai adalah, bermain layangan, anak-anak dapat bermain pasir mengembangakan kreatifitasnya, melihat berbagai ikan,  dan bermain-main dengan air. Tentu saja, anda tidak boleh bersantai dan sibuk sendiri, sementara membiarkan anak-anak anda bermain-man dengan air di pantai. Di tepi pantai anda pun dapat berwisata santai menikmati hawa semilir pantai sambil melihat matahari terbit/tenggelam.

Keenam, mengunjungi tempat wisata alam yang berhawa sejuk. Tempat-tempat alam ini biasanya kegiatan yang asik adalah pesta kebun di daerah perbukitan/berumput/ daerah pegunungan.  Di tempat yang asri dan sejuk ini anda dapat rilex melepaskan penat rutinitas selama seminggu. Jangan lupa membawa bekal untuk keluarga anda. Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing, bersepeda dengan hawa yang sejuk. Serta satu lagi rekreasi yang menarik untuk dikunjungi  di daerah berhawa sejuk yakni, mengunjungi sentra perkebunan tanaman; seperti kebun teh, stroberi, dan sentra tanaman hias. Ini sangat bagus menanamkan nilai pendidikan pada putera-puteri anda tentang bercocok tanam dan senantiasa mencintai suasana “hijau”.

Nah, bagaimana.. semoga anda mempunyai gambaran untuk menjadwalkan akhir pekan anda berikutnya bersama keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.