Tips Merebus dan Mengupas Telur

Telur, adalah salah satu lauk makanan yang paling praktis, kaya gizi dan terjangkau harganya. Telur rebus dapat dipadukan sebagai lauk/pelengkap pada menu-menu seperti: Rawon, gado-gado, opor ayam, sayur kuning, sayur terik, soto, semur, dan banyak lagi.

Merebus telur adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Jika kurang tepat, hasilnya bisa tidak sempurna. Cangkangnya pecah yang bahkan isinya sampai keluar, kuning telurnya posisinya tidak di tengah, kuning telurnya belum matang atau bahkan karena kematangan kuning telur menjadi kebiru2an, atau mungkin yang membuat kesal adalah pada saat mengupas cangkang telur rebus, susah sekali dikupas hingga bagian putih telur ikut terkupas sehingga bentuk telurnya jadi tidak cantik lagi…kalau sudah begini, siapa yang tidak jengkel??? …

Berikut ini, saya sharing beberapa tips merebus telur. Semoga bermanfaat 🙂

 

Cara Merebus telur ayam: 
Didihkan air dalam panci. Permukaan air harus lehih tinggi dari telur, artinya telur yang direbus harus tenggelam. Setelah air mendidih masukkan telur dengan sendok sayur  sampai ke dasar panci. Rebus selama 7 – 8 menit. Angkat telur dan rendam telur yang sudah direbus ke dalam air dingin, sampai telur benar-benar dingin (kurang lebih 3-4menit), baru cangkang telur dikupas. Air dingin yang saya maksud: Air biasa yang sudah diberi es batu, atau air es dari lemari es.

 

Cara Merebus telur bebek:
Didihkan air dalam panci. Permukaan air harus lebih tinggi dari telur, artinya telur yang direbus harus tenggelam. Setelah air mendidih masukkan telur dengan sendok sayur  sampai ke dasar panci. Rebus selama 9 – 10 menit. Angkat telur dan rendam dalam air dingin dingin (kurang lebih 3-4menit), baru cangkang telur dikupas. Air dingin yang saya maksud: Air biasa yang sudah diberi es batu, atau air es dari lemari es.

 

Cara Merebus telur puyuh: 
Didihkan air dalam panci. Permukaan air harus lebih tinggi dari telur, artinya telur yang direbus harus tenggelam. Setelah air mendidih masukkan telur dengan sendok sayur  sampai ke dasar panci. Rebus selama 4 – 5 menit. Angkat telur dan rendam ke dalam air dingin dingin (kurang lebih 3-4menit), baru cangkang telur dikupas. Air dingin yang saya maksud: Air biasa yang sudah diberi es batu, atau air es dari lemari es.

Tips lainya :

  • Untuk telur yang dari kulkas tambahkan 2 menit waktu perebusannya untuk tiap jenis telur.
  • Gunakan api sedang pada saat merebus telur, agar matangnya merata
  • Agar posisi kuning telur ditengah, caranya dengan mengaduk-aduk dengan rencana selama proses perebusan berlangsung. Dalam hal ini berarti alam sekali merebus, jumlah telur jangan terlalu banyak, atau dapat juga disesuaikan dengan space panci. Sehingga saat di aduk, telur tidak sering berbenturan dan mengaduknya harus hati-hati.
  • Untuk telur yang cangkangnya ada yang retak pada saat mentah (namun isinya belum sampai keluar) saat merebusnya agar tidak pecah, bungkus/masukkan telur dalam plastic foodgrade, ikat, lalu rebus seperti biasa.
  • Cara lain agar mudah waktu mengupas telur rebus adalah dengan meretakkan telur yang sudah matang, caranya: telur dipukul-pukulkan secara merata dan pelan ke meja sampai retak merata seluruh cangkangnya, tapi harus dengan hati-hati karena jika terlalu keras memukulnya putih telurnya bisa rusak. Cara ini digunakan harus dengan terlebih dahulu merendam sekejap telur yang masih panas matang ke dalam air dingin.
  • Agar telur rebus mudah saat dikupas dapat juga dengan cara menambahkan sedikit garam dan cuka dalam air pada saat merebus.
  • Ketika dalam penyajian telur rebus anda ingin membelah/membagi telur rebus menjadi dua bagian sama rata, jangan menggunakan pisau untuk membelahnya. Karena hasilnya tidak maksimal/akan terbentuk guratan tidak rata pada sisi dalam telur rebus. Sebaiknya anda membelah telur rebus dengan menggunakan satu helai benang yang panjangnya disesuaikan, lalu belah telur dengan benang tersebut. Hasilnya akan sangat cantik dan teksturnya halus tanpa guratan di bagian dalam. Selamat mencoba 🙂

 

2 thoughts on “Tips Merebus dan Mengupas Telur

  1. Weleh weleh ternyata sesuatu yg remeh klo ga tahu caranya menjadi menyebalkan, informasi nya sangat bermanfaat krn sy kebetulan lg mo buat telur Ayam Asin (versi rebus, oven, sama 1/2 matang).

    Terima kasih banyak atas sharingnya sangat bermanfaat buat saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.