Korban MLM

Centini adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua anak. Suaminya seorang PNS. Semenjak menikah ia memilih berhenti dari pekerjaan dan mengurus keluarganya. Suami dan anak-anaknya menjadi prioritas utama. Tini panggilan akrab Centini, semenjak ia mengenal facebook, dunia ibu rumah tangga seakan tidak pernah sepi. Tini tidak pernah ketinggalan update status, tidak pernah ketinggalan gosip-gosip, trend fashion, dan juga trend kosmetik. Pokoknya yang berkaitan dengan wanita dan kecantikan. Sampai akhirnya dia bertemu dengan teman-teman lamanya di facebook. Dari facebook jugalah Tini dapat melihat update terbaru foto-foto teman-temannya yang kesemuanya boleh narsis disitu. Yang sudah beranak 1, 2, 3 yang masih tetap cantik, sexy, atau bahkan sebaliknya, ada yang berubah menjadi berisi dan gendut.

Satu hari, Tini mendapat ajakan untuk menjadi member MLM dari salah seorang temannya. Teman yang lama tidak bersua, ujug-ujug muncul add as friend darinya, lalu mengiriminya inbox message dan membujuk Tini agar ikutan menjadi anggota MLM, alias menjadi downlinenya. “Ayuk Tin, gabung sama aku, bisnis dengan modal kecil, yang cuma tiga puluh ribu rupiah, bisa menghasilkan pendapatan juta – juta per bulan. Pas banget loh, dilakukan oleh kita-kita ibu rumah tangga, bisa kerja dirumah, sambil njagain anak. Tinggal online aja. Gampang kan???”

Sebagai seorang wanita yang normal, ibu rumah tangga yang tidak ngantor, Tini pun kepenchut. Siapa yang tidak ingin punya penghasilan sendiri, tanpa harus kerja keluar rumah. Akhirnya Tini mengeluarkan uang tiga puluh ribu rupiah dari uang belanjanya. Dan gabung ke jaringan Dori sebagai upline nya. Untuk pembelanjaan pertama agar tutup poin, Tini harus belanja sebesar dua ratus lima puluh ribu rupiah. Agar mendapatkan bonus new member. Akhirnya, ia pun melakoninya. Uang belanja bulanan yang diberi oleh suaminya seharusnya untuk anggaran menabungnya, melayang sudah. Dori sebagai uplinenya selalu memberikan semangat: “Ini buat invest, kamu bisa menjual produk itu lagi say, dengan harga konsumen tentunya. Jadi kamu adalah seorang konsultan kecantikan.”

Tini berusaha menjual bedak, kosmetik perawatan tubuh dan parfum ke teman-temannya, ibu-ibu darma wanita kantor suami, teman PKK, ibu-ibu dari teman anaknya. jawaban dari mereka adalah, “Walah,,,, saya kan juga sudah menjadi member MLM ini bu.”

Adalagi teman ibu-ibu darma wanita suaminya, “Walah, gaji suami saya wong cuman tiga juta, anak tiga, kok disuruh beli kosmetik semahal itu, Bu. Aduduuuu…. ngga ku ku dong…”

Dari kegagalan menjadi konsultan pengalaman pertama ia masih bersabar. lalu bulan ke dua, datang katalog member lagi, ada diskon member yang lumayan. Dori sebagai upline Tini selalu rajin memfollow pembelanjaan downlinenya. “Ayo Tin, bulan ke dua ini kamu harus belanja senilai lima ratus ribu rupiah, agar kamu bisa tutup poin, dan mendapatkan bonus new member sebuah parfum yang bernilai empat ratus ribu rupiah.”

Sebagai downline yang baik, ia pun belanja. Uang bulanan dari suaminya terpaksa dipangkas pada anggaran makan bulanan, uang beras yang semula rojo lele sekarang terpaksa menjadi delanggu dulu. Lalu susu formula anaknya yang semula seharga seratus ribu per kaleng, menjadi yang seharga separuhnya, tidak cukup itu saja, Pampers anaknya yang semula seharga seratus ribu per box pun, sekarang menjadi merk dengan harga paling ramah di kantong.

Suaminya sudah mulai komplain, “Mami, gimana perkembangan MLM mu, udah dapet bonus belum?”

“Kan bulan pertama aku tupo, papi jadi udah dapet lipstik seharga seratus lima puluh ribu. Bulan ini aku juga tupo nih, nanti aku dapet parfum senilai empat ratus ribu. Nanti parfumnya buat Papi deh..”

“Lho kok buat papi?”

“Iya, kan parfumnya buat main kita ntar malem..”

“ya ya ya…asik mami wangi nih yee.. biasanya bau bawang tangannya”

Sampai pada bulan ke tiga, Tini belum mendapatkan downline lagi, memang susah mendapatkan downline, kebanyakan dari teman-temannya ternyata sudah menjadi member. Tidak hanya itu, produk-produk yang dibeli Tini pun juga susah dijual kembali, selain teman-temannya juga sudah menjadi downlinenya, ia pun sering ditolak, karena harganya yang tidak terjangkau. kalau ada 1,2 teman yang beli pun, bulan berikutnya ia malas beli, karena memang sedang tidak ada rencana beli kosmetik. Semua persediaannya masih ada komplit.

Bulan ke tiga, katalog datang lagi. Tini bersiap-siap di follow Dori. “Tin, bulan ini tupo yah, kamu bakal mendapat jam tangan senilai 1.750.000.” Pengorbanan kembali uang belanja bulanan, kali ini ia harus merogoh ATM nya, uang bulanan dari suami tidak cukup! karena ia harus belanja senilai tujuh ratus lima puluh ribu rupiah. Agar tutup poin dan mendapatkan bonus.

“Aduhhhh, aku mau belanja apa lagi yaa…. lipstik masih ada 3 biji baru gress, belum ku pakai semua, ditawarin ke orang belum tentu pada mau. Handbody masih ada 2 botol gede belom abis dipake, Parfum masih ada 2botol, kudu belanja apa lagi dong??? Kata Dori alihkan uang belanja bulanan anda disini. Lha mending kalau disini jualan beras, lauk pauk, sayur, susu bayi, pempers. Masak aku kudu belanja 750 ribu tapi aku blenger pakenya? kapan pakenya coba???  Aku kan jarang keluar rumah??”

“Gimana nih, Dor, susah ngejual produknya ke temen-temen. mereka kebanyakan sudah pada member, atau ga cocok sama harganya. Ada lagi, jg alasannya kosmetiknya masih komplit smua, blum ada yang abis..”

Dori pun dengan tidak mau kalah menyemangati Tini,” Tin, kamu bisa pakai kosmetik – kosmetik itu buat kado temen- temen kamu, sodara-sodara kamu, waktu mereka menikah, ada lagi waktu mereka punya baby, atau mereka ultah.”

“Aduh… kemaren sih rencana mau ngado tetangga yang nikah, di undangannya ada tulisannya tidak menerima sumbangan kado!! huhuhuuuuuu…”  

Tini sudah mulai jengah dengan MLM nya. Sangat tidak cocok dengan keadaanya. Sebuah bisnis yang terpaksa ia coba jalani, ia berasa seperti robot yang dikendalikan oleh remote kontrol. Setiap bulan ada reminder dari upline untuk selalu menyemangatinya agar belanjanya selalu tutup poin untuk mendapatkan iming-iming bonus, dan akhirnya bulan berikutnya naik pangkat ke level ExX%.

Pada tiga bulan pertama, ia sudah menghabiskan uang sekurang-kurangnya dua juta plus uang pendaftaran menjadi member. Tapi, kosmetik yang ia pakai belum tentu cocok. terkadang ia merasa gatal pada muka, bau bodylotion yang tidak ia sukai, parahnya lagi, si suami tidak menyukai bau parfum bonusnya.

“Aduhhhhhhhh, mami.. parfum kayak gini kok dibeli!! ini baunya nggak enak. Papi mlenger ah sama baunya, pusing.. kayak minyak si nyong nyong.. Lain kali kalau beli dicium baunya dulu dong, di coba bau nya wangi / gak.”

“Aduh Papi sayang,… Lhawong ngga ada testernya kok… pie jal.. gimana sih.. kan dari gambar katalognya aku kepencut sama modelnya kok ayu ayu,.. ada gambar bunga dan aroma wood, citrus, clove, dipadukan.. ya meneketehe dong baunya kayak apa?”

“Walah… kok begitu Mami, beli ya kudu tau yang dibeli dong.. Mosok mau asal coba-coba. kalau gratis nggapapa, mami. Lhawong yang dipake uang bulanan buat beli beras, popok anak, dan susu anak.. kalau begini kan makan jadi ngga enak.. yang semula makan rojolele jadi delanggu, anak-anak jadi kurus susunya dirit- irit, anak-anak juga nggak nyaman sama popoknya… Udah gini, bau parfumnya kayak entut..serba ndak enak smua ini, Mami..”

“Okelah Papi, kalau begitu, aku stop aja ya. Daripada uangnya menguap buat koleksi kosmetik aku. Aku berhenti aja lah. Capek di kantong dan pikiran.. kasian papi dan anak-anak.”

“Lha iya memang sepertinya harus udah berhenti, mending uangnya mbok tabung, kapan-kapan kamu bisa bisnis sendiri. Bisnis catering misalnya, kan kamu pinter masak, Mami. Lagian kamu kan emang dasarnya udah cantik apa adanya, sayang. Masak mau koleksi kosmetik. Mami kan bukan artis?.”

“Iya, papi… maafkan mami ya…sudah membelanjakan uang bulanan plus menjebol uang tabungan di ATM selama tiga bulan ini”

Akhirnya Tini insyaf, sadar kalau bisnis setiap orang tidak bisa disama ratakan. Tini tidak mampu berbisnis model gituan. Dia jengah merasa seperti robot yang dikontrol oleh remote.

Pada awal bulan ke empat Dori kembali menghubungi Tini, “Say, bulan ini kalau bisa tupo lagi yah… naik level say.. bonus akan segera meluncur ke rekening akhir bulan lho..”

Tini langsung menjawab, ” Sori Dori lah yaw.. you Tupo,, I Tupbuk aja dahhh.. tutup buku saklawase.. oke baabayy”

Di Lt.18

Awal maret, Pukul 3 sore waktu kendedes

265 thoughts on “Korban MLM

    1. kalau kosmetik kan ga semua orang butuh ya…tapi kalau produk organik pasti banyak dicari karena orang sekarang banyak yang ingin kembali ke pola hidup sehat,gabung sama aku aja yukkkk…. more info https://www.facebook.com/ellyana.niswati
      ga pake tupo tupoan karena disini kita transformasi diri kita dulu menjadi pribadi yang sehat…lalu kita sebarkan kepada manusia lain diplanet ini….ayo jadi agen organik…go green go healthy….

      1. Kalau ikut mlm itu harus jeli. Biasanya harga barang jauh lebih mahal dari harga pasaran supaya bisa kasih bonus ke membernya. Lain halnya dengan paytren. Perusahaan milik Ustad Yusuf Mansur ini produknya bukan barang / obat / kosmetik tetapi transaksi yang tiap bulan kita lakukan. Seperti bayar listrik, air, beli pulsa dll. Malahan lebih murah dari pasaran. Mau tau lebih lanjut cek aja di treniuym.wix.com/yusufmansur

    2. Saya setuju, menarik memang tulisannya.

      Kalo saya disuruh ikut bisnis yang pake syarat tutup poin ya beratttt lahh, berat mikir jual produk sama target tupo. Mending bisnis yang nggak pake tutup poin dapet bonus penjualan dan sponsor udah cukup. Apalagi dapet bonus tambahan level dkk.

      Kalo denger bisnis MLM pasti nggak semangat dengernya, soalnya syarat2nya salah satu ada tupo nya itu. Tapi Alhamdulillah sy udah dijalur yang tepat, ikut bisnis MCI (Millionaire Club Indonesia) yang nggak pake syarat tupo.

      Manfaatnya ganda lho, bikin sehat dan cantik tapi isi dompet tambah tebel. Produknya jg banyak dan inovasi keluarin produk yang fresh. Produk terbaru berupa glucola gel.

      Kalo berminat silakan add pin BBM 7fa84b07 atau WA/SMS 082231899507

      1. Kalo ngomongin bisnis jaringan mending produk agen pulsa DNI aja, modal 250rb sekali aja…
        Jd agen pulsa bisa jual pulsa apa mau dipake sendiri, pulsa kan kebutuhan semua orang, harga grosir lebih murah 1000 rupiah dr harga counter, kalo rajin ngrekrut member buat jd downline/sub agen bs dpt komisi 150-270rb per hari…intinya jgn buang2 duit buat keperluan lain untuk belanja produk bisnis jaringan yg menjanjikan keuntungan gak wajar…
        Minat bisnis jaringan pulsa DNI atau mau tau infonya bs hub saya di 081932420307 (wa) atau 25C9BA91 (bbm)

    3. APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?

      1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.

      2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.

      3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.

      4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.

      5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.

      6. Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

      Disini SOLUSINYA !!!

      http://www.treniuym.com/lampung

      Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

    4. Saya setuju,

      zaman sekarang ikut bisnis ga perlu modal mahal dan tutup poin.
      join azaria modal 1,4 JUTA dapat 3 produk yg kalau dijual senilai 1,6 juta. mau dipakai produknya oke banget, dijual monggo.
      DAFTAR 1X utk SELAMANYA, tidak ada tutup poin

      cara kerjanya,
      rekrut orang pertama status kita qualified. rekrut orang ke 2 dan berikutnya bonus 1 JUTA/rekrut. kl 1 bulan rekrut 30 orang maka bonus kita 30 juta/ orang
      MENARIKnya downline kita rekrut member pertamanya, kita dapat bonus 1 JUTA LAGI.

      kl tiap bulan 30 member kita merekrut 3 member pertamanya maka bonus kita 3×30 JUTA = 90 JUTA.

      Jika berminat hub saya
      BB:7ea00a4f
      open cicilan 2x bayar khusus yang comment “sharing disini.com”

    1. ini ada mlm yg saat ini memberi bonus terbesar 64% buat distibutornya, marketing plan sangat adil, produk tampa saingan, untuk semua kalangan, hub sy di 08128111792, 021-32233039, pin bbm : 27FBBB05

    2. Mau bisnis dgn modal hanya 2,5 juta saja ? Ayo beli Paket Nano Spray dan Magic Stick dari Millionaire Club Indonesia / MCI seharga 2,5 juta dan anda akan jadi member seumur hidup selamanya dan bisa jalanin bisnis MCI. anda akan terima bonus harian 500rb setiap hari ke rekening anda. mau info lebih lanjut ? Invite pin 23BF91FC atau WA 082160655835

    3. Yuk, kita wujudkan impian2 kita bersama MOMENT.
      Bisnis simple, no tupo, bonus dibayar harian,
      gedhe pula Masa’ masih mau hidup begitu2 aja?
      Kendaraan itu2 aja? Isi rekening segitu2 aja? Yuk,
      upgrade diri & kehidupan. Segera join & aktif di tim
      saya, ya… Kita sukses sama-sama. Gajian jutaan
      per hari gak pakai ribet ^___^

      ANNISA (089692067975/7DA94624)

    4. Selamat siang bunda.
      Saya ni mau sekilat crita.
      Awalnya saya dulu bekerja dan setlh menikah dan mau melahirkan saya keluar dr perusahaan.
      Nahh setelah si debay lahir saya bingung mau ngapain. Jadi sekarang saya mulai bisnis PT.MOMENT Global internasional.
      Bukan bisnis MLM. Dan saat ini saya downline tapi disini hebatnya jika saya dapat temen joint atau ada yang order bukan memperkaya upline saya. Malah saya yang untung.
      Krn disini gak ada yang namanya tutup buku. Stok banyak dirumah.
      Nahhhh
      Jika mau info lebih lengkap.
      Boleh BBM : 5500859A
      Wa/sms : 082364170732
      Fb. Rita budi astuti.
      Di tunggu ya bun.
      Krn dibulan maret jika ada yang joint dapt free q produk senilai RP. 1.500.000

  1. Sama denganku persisssss

    Udah tinggalin aja biarkan para upline tetap tergila2 pada “impian” mereka.

    1. Idem. Jadi mikir kapan ya mereka insaf. Orang kalo terbius dan tercuci otaknya memang sulit disadarkan. Jadi robot disuruh belanja nonstop sampai kantong kering baru tersadar kali yaa.

      1. join saja di Moment. Ga ada tupo, bonus didapat berdasar hasil kerja keras masing2, bukan downline bikin kaya upline. Cukup join 1,3 juta dpt produk + starter kit. Produk bisa dicoba pakai sendiri, dijual eceran sambil rekrut member.

        Info lebih lanjut hubungi saya:

        Retno Roswita
        Member ID 8144804
        BB 750490B7
        WA 0812 2620 2206

    1. Yuk, kita wujudkan impian2 kita bersama MOMENT.
      Bisnis simple, no tupo, bonus dibayar harian,
      gedhe pula Masa’ masih mau hidup begitu2 aja?
      Kendaraan itu2 aja? Isi rekening segitu2 aja? Yuk,
      upgrade diri & kehidupan. Segera join & aktif di tim
      saya, ya… Kita sukses sama-sama. Gajian jutaan
      per hari gak pakai ribet ^___^

      ANNISA (089692067975/7DA94624)

  2. saya hampir tergiur dg bisnis MLM ini… padahal kennyataanya banyak teman2 saya pada bangkrut ikut bisnis ini. lha wong peminate sedikit tapi target bulanan harus tutup poin ya uang yg seharuse untuk beli beras akhirnya untuk belanja biar tupo… uplinenya sering mengiming2i sg impian2 yg setinggi langit… kalo kejadianya kayak jeng tini bukan mimpi indah itu tapi mimpi buruk karena ikut MLM….

    1. Kelemahan manusia memang mudah terkena iming-iming harta dan kekayaan. Hampir semua bisnis MLM mempunyai jurus iming-iming pendapatan berpuluh-puluh juta yang kalo dipikir dengan akal sehat kok terdengar ganjil. Jika 200 juta penduduk Indonesia ikut MLM semua, apa iya semua bisa punya pendapatan puluhan juta? Lha downlinenya kan sudah habis. Tetep saja anggota yang terakhir mendaftar tidak punya downline alias terpuruk. Buntutnya yang menjadi downline dirinya sendiri. Mengonsumsi produk-produk MLM itu sendiri dengan dalih ‘alihkan belanja bulanan’ dengan mengonsumsi produk jualannya sendiri. Seandainya produk MLMnya milik bangsa Indonesia sih, masih bisa diperjuangkan. Lha kalo hasil akhirnya memperkaya negara lain… ehem, ehem. Makanya saya mengajak para Director, Gold Director, Platinum Director, Presiden Director semua bisnis MLM luar negeri yang ada sekarang supaya mendirikan MLM lokal yang bisa memperkaya bangsa kita sendiri, bukan memperkaya bangsa lain. Pernah berpikir seperti ini nggak kira-kira ya mereka?

      1. cek http://www.ifaeasy.com
        ini MLM anak bangsa.
        mengerti benar kesulitan kita sebagai ibu rumah tangga.
        gak ada istilah mengalihkan belanja bulanan yang akhirnya malah gak kepake.
        kita berdagang, yang artinya keuntungan penjualan bisa di belikan beras, minyak, susu dll.
        produknya asli produk anak bangsa.
        menggunakan sistem MLM semata2 agar menyebar ke seluruh Indonesia.
        penduduk Indonesia ya menggunakan produk Indonesia.
        ngapain bikin negara lain kaya.
        mana nasionalisme kita.
        produk beragam.laku di pasaran karena memang di butuhkan
        salam…

    1. oriflame fail, bu reni. temen saya banyak yg tercuci otaknya asal ikut saja. akhirnya kecewa juga disuruh mengonsumsi barang jualan yg mahal karena semua orang sudah jadi member oriflame.

    2. ORIFLAME? kaga salah tuuuu bu reni…

      Lebih tenang dan bahagia jika ber wirausaha tanpa harus “mencari korban yang harus jadi buntut kita” yang ujung-ujungnya hanya untuk mengeluarkan duit kita untuk berbelanja brand luar negeri.

      Kalau ini mah sama dengan “penjajahan” di bidang ekonomi rumah tangga. Keenakan brand & nyang punya “MLM” ini dong, wong tujuannya tak lain hanya untuk melariskan produknya dengan “kewajiban” para member berlanja tiap bulannya.

      kayak kaga ada pilihan lain aja buat belanja kosmetik. Masih banyak kok produk kosmetik dalam negeri yang kualitas baik (malah lebih baik), harga oke, halal dan ga pake kecewa “pake acara ngibulin orang ribet buat jadi member”… hadeeehhhh… please dehhhhh

      Coba diitung ya: Berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan untuk berbelanja di “MLM” ini dan jumlah bonus yang Anda terima???

      Intinya: keenakan nyang punya brand ini, mereka tetep aja tidur kipas-kipas uang rekrutan member+uang belanja member yang harus punya “kewajiban” belanja kosmetiknya tiap bulan.

      Uang blanja para bu-ibu yang seharusnya buat keperluan rumahtangga/saving money, kadang salah sasaran, malah buat beli kosmetik yang terkadang stoknya masih banyak di rumah. Kasian laaa….

      1. betul bangettss
        pdhl kan cerita yang dimaksud tu kynya oriflame. soalnya mirip banget sm alur bisnisnya. aq jg udh pernah ikutan

      2. betul banget nih, saya aja hampir saja terjebak 😀 awalnya ikut member hanya untuk mendapatkan potongan harga, ternyata disuruh upline tupo -_- inilah itulah, si upline saya kasih penyataan yg benar malah dibantah dan pada akhirnya dia membenarkan pernyataan saya walaupun dia masih tetap berusaha mencuci otak saya :v

    3. halo mbak…saya leader oriflame 9% lho dengan bonus nyaris 500rb.
      pengalaman saya…
      -udah kerja keras tetep dianggap kurang ma upline.
      -udah bertahan lama di posisi tetep disindir, gmn mau naik level orang tiap bulan point jd nol lagi.
      -udah bagi2 katalog jarang yg gabung (modal bagi2 katalog mahal ya).
      -waktu tersita. kalo aja sehari ada 30 jam, maunya upline diminta semua tuh..mana yg mbina downline, mana yg ngurusin fanpage dia, ngurusin 100 likers fanpage paling 10 yg gabung. dr 10 paling 1 yg oke.
      -urusan stock kosong bikin stress..downline komplain ya ke saya (ke sapa lagi)
      -bonus 500rb an ga sebanding ma keringat sy. palagi kadang anak sampe ikutan sakit.

      saya udah berhenti…saya banyangin aja kalo udah kaya raya trus mati. di akhirat ditanyain dr mana uang sy, masa saya jwb dari kerja downline si A, B, C dll. smua akan dimintai pertanggungjawban.
      lagian brand LN. kita ini anak bangsa mana?
      produknya ga bagus2 amat, malah banyak jeleknya.
      mending pake ranee,sari ayu, viva.

      temen saya lebih ekstrim, udah 18% bonus 3 jutaan. keluar krn stress ngurus stock kosong & ratusan downline se-indonesia…ada di papua, sumatra, bla bla..

      1. senasib qta bund, aq ga quit sih, krn memang beberapa produknya aq masih pake, tp ya skrg milih jd end user aja. skrg ketemu sama bisnis lain yg lbh menjanjikan, ya bener2 sesuai kerja, klo jual dpt bonus, ga ada kewajiban tupo. produknya jg aman dan bermanfaat bagi seluruh keluarga.

        1. wah, bikin penasaran aja, bun. bisnis apa itu yg lebih menjanjikan dari oriflame? share dong.

          saya sudah jenuh dengan oriflame. nggak asik. merasa seperti boneka remote kontrol.

          1. Kontek aku ya di 08159162161. Ga ada tutup point, adanya belajar dan praktek. Ada hasil, bayar harga tapi bukan pake uang, namun pakai kerja keras dan kemauan

          2. Yuk, kita wujudkan impian2 kita bersama MOMENT.
            Bisnis simple, no tupo, bonus dibayar harian,
            gedhe pula .
            Segera join & aktif di tim
            saya, ya… Kita sukses sama-sama. Gajian jutaan
            per hari gak pakai ribet ^___^

            ANNISA (089692067975/7DA94624)

      2. aduh bu, saya baru aja gabung oriflame bulan ini, promo 9900, niat gabung cuma untuk dapat diskon, ternyata saya disruh cari orang, dan menyindir pekerjaan lain juga loh 🙁 team macam apa ini yg menyindir usaha orang lain
        saya udah berkomentar kalo saya mau jualan aja ga mau rekrut, eh upline saya lapor ke mangernya, dan disindir lah saya, sampe managernya bilang “mau pake sendiri boleh, jualan boleh, bisnis juga boleh” padahal sebelum saya berkoar koar si manager mewajibkan bisnis dan ga perlu jualan 😮

        1. pernah berkecimpung di MLM sampe mana mas bisa bilang klo yang ikut MLM itu orang bodoh.
          yang bodoh itu kalo salah pilih MLM.

          gini aja deh, kalo situ salah pilih perusahaan buat ngelamar kerja, terus situ bisa bilang semua yang ngelamar kerja itu orang2 bodoh? mikir

    4. Heheheh sudah pernah ikutan oriflame, awalnya jg tergoda, iming2 modal 40ribuan tp kan tetep aja wajib tupo 100BP senilai hmpir 600rb, up line sy tmn sndiri yg jg 9% tiap akhir bulan ditagih orderan bulan mendatg, haduuh blom lg orderan yg dtg 2mnggu setelah order pdhl sdh trnsfer dn lunas, sm jg nasib sy, jualnya sussaaahhh, jd sy siasai pke sndiri, tp lama2 suami sy protes jg, kosmetik numpuk, dn sy liat up line sy jg ngalamin hal yg sama, dia punya orderan numpuk, bonus sejutaan tp sm aja bohong krn dipke utk order lg, tabungannya jebol terus, tp dia tetep nyemangatin sy, bla bla bla, g ngiler sm bonus nya? G ngiler sm wp nya! Hedeh saya jawab”ahhh uda maless ahh, gile aja 600rb cm buat kosmetik yg susah dijual” sy smpat brtahan smpe 7 bulan lohh, downline sy adlh suami sy, dan tmn suami, hahahah ya sudahlah sekali lg bisnes org g bisa disamakan yaa

      1. Saya member Oriflame (leve 9%)
        buat saya ini saya jadikan bisnis sih..ngga dijadiin beban…dijalanin…diusahain..tapiii…ngga jadiin beban

        Menurut saya setiap bisnis pasti ada plus minusnya..

        Urusan stock kosong..donlen juga suka komplain..ya mo gimana lagi…ngga mau stress ah…

        Makin tinggi level menurut saya makin banyak tanggung jawab…

        Setiap bisnis ya begitu..

        Tapi kita harus pinter2 ya..masalah tupo harus rajin cari order jangan terjebak tupo untuk stock…secukupnya dan sewajarnya saja..selebihnya kejaaarrr orderrr

        Itu pendapat saya ya…

        1. saya juga member oriflame dan masih level 0%. Alhamdulillah saya tidak sampe habis2an u/tupo. Upline saya kasih saran, kalo emg kesulitan u/tupo, hajar saja di rekrut, nnti urusan tupo bisa ngikut. Bener kata mbk helen, gak usah paksain u/tupo kalo akhirnya jadi stock mati yang ujung2nya dipake sendiri padahl kita gak terlalu butuh. Tergantung uplinenya juga sih. Upline saya sih kasih semangat u/tupo tapi juga ngasih cara gimana tupo yang gak malah bikin beban buat kita. kalo niatnya dpat bonus dengan jualan y jualan aja. kalo pengen dapet bonus dengan pake sndiri y monggo tapi y jgn ngeluh karena habisin duit. Pengaruh upline itu penting, kalo upline nya mementingkan diri sendiri y mgkin ceritanya bakal kyak si mbk tini itu

          1. APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?
            1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.
            2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.
            3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.
            4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.
            5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.
            Disini SOLUSINYA !!!
            http://www.treniuym.com/lampung
            Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

      1. Aku juga Oriflame 12%, bonus dah 700rb-an
        Awalnya aku juga salah dengan tupo beli barang sendiri,
        Tapi lama2 aku ngerti, karena upline juga blg-in
        TUPO bukan nyetok barang.
        Jualan .. jualan ..
        kalau beli pribadi yang perlu aja.

        Dan biasa TUPO aku yah tinggal dikit doank yang harus ditutupin.
        Sisanya gampang kok jualan Oriflame.
        Karena barangnya, barang normal yang semua org pakai.
        Harganya juga bervariasi, dari tingkat satpam, cleaning service sampe tingkat manager semua sanggup (baca harga dari murah sampe mahal ada)

        Rekrut memang awalnya susah.
        Tapi itu karena kita org baru.
        Masih kagok dan ga gitu ngerti
        Tapi begitu kita ngerti sistemnya.
        Kita ngerti MLM bukan bikin kaya diri sendiri, tapi untuk bantu org juga.
        Maka semua dimudahkan oleh Tuhan ^_^

        terakhir2 malah aku ga perlu nyari2 downline, tapi calon downline yang inbox aku.
        Yang WA aku nanyain 🙂

        Semua dimulai dari mindset yah.
        Kalau pikir susah
        Kalau pikir negativ

        hasil yang keluar juga akan negativ 🙂

        Kalau aku tetap percaya dengan Oriflame.
        Dan ku percaya crv ku sudah menanti juga untuk dijemput pulang.

        Oyah yang blg kita kaya karena downline.
        Itu salah besar di Oriflame.
        Justru kalau kita mau jadi diamond, kita harus membantu downline kita untuk naik.
        Kalau leader yang ongkang2 kaki nungguin downline order, namanya leader tak bertanggung jawab ^_^

        1. Hai mba…
          Sebenernya kerja apapun itu kalo gak dicintai dan gak ditekuni hasilnya akan jeblok, saya manager 18% oriflame 2.5jt/bulan alhamdulillah jatuh bangun ke 12% dapet 800rb/bulan saya terus lakukan, jualan gampang mudah kok sebar katalog orderan datang dengan sendirinya sisanya saya tutupi gak sampai 20bp untuk beli kebutuhan rumah tangga sabun dll, untung? Ya untung gak pernah ada tersita waktu buat saya, anak saya 1 dirumah urus sendiri saya punya boutique yang harus dikerjakan juga dan tidak pernah keteteran, gak pernah memaksa downline saya untuk tupo saya hanya bilang jika benar ingin maju silahkan pilih tupo atau enggak itu pilihan, setiap bulannya saya berhasil tupo diatas 100bp…
          Jualan mudah gak pernah nanemin susah, rekrutan banyak banyak juga yang tidur satu kali dua kali saya ingatkan gak respon saya gak akan memaksa kenapa? Karena sukses atau enggak diri sendiri yang menentukan sendiri, saya tergolong baru di oriflame maret 2014… rugi? Enggak justru balik modal 🙂
          Next kenali dulu bisnisnya, kerjaannya kemudian cintai kerjaannya semua akan merugi jika mba gak kenal dan gak berusaha cinta sama kerjaannya…

          Semoga berkenan ya dear…

          Salam

          1. Aku juga manager 12% loh ,, 🙂
            Bagiku TUPO itu gak sulit lohh,,
            Modal cuma katalog 20pcs(Rp69.900), dari 20 katalog mungkin cuma 7-8 teman saja yang order, dan setiap teman yang order minimal belanja HKD300 (kira-kira Rp500rb an).
            Gak perlu follow up mereka sendiri yg nghubungi buat order, kadang baru minggu kedua setiap bulan point pribadi aku udah luberr luberr 200bp+ kadang kalau masih ada orderan masuk aku titip-titipin bagi rata di no konsultan downline-downline aku itung-itung sambil bagi rejeki.
            Trus minggu selanjutnya aku mulai promoin katalog yg bulan selanjutnya, jadi pas masuk bulan berikutnya langsung orderin dan barang masih lengkap semua, jadi bebas dari masalah stock kosong.
            Dan untuk kebutuhan pribadi tinggal ambil dari BC (Business Clas nya) 🙂

            Kalau kita ikhlas dan tujuan kita membantu orang lain Insya Allah jalan kita mudah 🙂

          2. ayo Leader lainnya segera masuk kesini, silakan membual. boleh kok, gratis lagi. hahahaaaaaa

          3. Saya juga leader oriflame.
            Kebanyakan yang gagal di bisnis ini yg menyerah duluan.
            Sukses itu ga ujug2 mas2 mba2 yg bilang bisnis oriflame ga jelas.
            Tuhan itu ga akan ngasih sukses gtu aja, tp dg cara memberikan KESEMPATAN untuk sukses.
            Caranya ya dengan berusaha.
            Sebelum berusaha pastikan paham dulu.
            Pasti bakal fokus berusaha, dan ga akan merasa dipengaruhi.
            Wong yg mau sukses kan harusnya kita sendiri bukan karna dipengaruhi.

            Ohh terus juga yang namnya tupo ya utk beli kebutuhan sendiri disesuaikan dg budget yg ada, selebihnya menjual produknya.

            Tiap bulan emang balik lagi ke nol, biar setiap member mau yg udah lama join atau yg baru join punya kesempatan yg sama sukses disini.
            Coba bayangin kalo tiap bulan ga balik lagi ke nol, yg diuntungkan pasti member yg udah lama join aja.

            Buat yang ikhtiar bisnis apapun, ga perlu jelek2in bisnis lain. Nanti kena getah sendiri lo.

  3. ketika ikut sebuah MLM seharusnya jeng tini cek dulu planning kerjanya kaya gimana, pengeluarannya buat apa aja dan pendapatan yg bakal di dapat brp ?
    Untuk kejar levelnya juga ga mestinya dia nurut2 aja mesti dcek dulu kebenarannya dweb resminya bener ga ada promo itu atau bonus itu
    Kalau dari awalnya sdh seruduk2 gitu yaa hasilnya seradak seruduk juga
    Ga bakal ada hasilnya

  4. Kalo cerita diatas…., itu keluh kesah orang yg memang gak punya jiwa bisnis. Tapi masih berjiwa konsumtif.
    Berarti bisnis MLM gak cocok buat bu Tini.

    Judul artikel nya diganti : Korban MLM apa gitu disebutin.

    Bukan salah MLM-nya tapi salah pilih produk.

    Saran : sebaiknya mencari bisnis MLM yang jual bahan kebutuhan pokok, yang dipakai sehari-hari. Misal : beras, gula, air mineral, pulsa telpon, bumbu dapur, dan masih banyak lagi.

    sistem MLM nya sudah bagus, tapi kualitas produknya ya harus berkualitas supaya bisnisnya bisa surive.

    1. produk boleh saja bahan pokok. tapi apa sampeyan pura-pura nggak tahu kalo yang namanya produk MLM harganya pasti sudah disulap menjadi harga yang sangat mahal. sabun seharga 2000 kok jadi 20.000. hal ini tidak lain karena untuk anggaran bonus-bonus upline yang nggak kerja tapi ikut menerima uang. haram atuh money game model seperti MLM ini. bersenang-senang di atas penderitaan kuli yang bekerja keras jualan.

      1. Tidak semua MLM itu haram mba tuty..
        Ada juga MLM yg sesuai dg syarat2 yg ditetapkan MUI.. Dan produknya berkualitas..
        Jika upline tidak kerja, ya tidak bisa sukses..
        MLM jika dijalankan dg benar, bisa jadi salah satu alternatif usaha.. Tapi jika dijalankan dg cara yg salah, jadi gagal.. #sama dg jenis2 usaha yg lain, ada resikonya..

      2. saya jg member MLM mbak…tp ketika sy gak kerja sy gak dapet apa2…walaupun downline sy udah kerja sy tdk akan dpt bonusnya kalo sy gak tupo…kemaren saya libur beberapa bulan krn hrs ngurus skripsi…beberapa bulan itu bonus tidak ada yg masuk…dan ketika aktif lagi bonus ada lagi…jd sy sbg upline hrs tetap kerja bukan hanya leyeh2 menikmati bonus dr downline…awalnya sy memang pake uang belanja utk tupo tp untungnya sy beli itu krn sy butuh…krn MLM sy ini produknya macem2…bukan terpaku pd kosmetik saja…jd sampe skrg sy msh enjoy sm MLM sy ini…sy jg tekankan sm downline…gak usah terlalu ngoyo cari orderan atau member…jgn lupa urus suami dan anak…biar seimbang…krn kita disini mau cari penghasilan tambahan di sela2 waktu kita sbg ibu rumah tangga bukannya mau cari pengeluaran tambahan dan membuat waktu kita buat keluarga berkurang…itu sekedar pengalaman sy dan sy tdk mempromosikan MLM yg sy geluti lo yaa…

        1. hati2 dengan kata2 moneygame dan MLM HARAM Mba Tuti… Duuhh jadi inget yaa kmrn baru ada nich sesorang yang di tuntut oleh Oriflame karena tulisan nya… kebetulan ya MLM oriflame ada UU,,, produk nya juga ada sertifikat halal nya… Upline gak kerja gak akan dapat apa2 kalau di Oriflame.. Buktinya aq join bulan oktober, upline ku bulan september sampai hari ini aq yang udah berbonus di atas 3jt upline ku masih di bawah 500rb. Jadi kita di bayar sesuai kerja keras kita. Dan Buat bu Tini yang terhormat sepertinya bisnis ini memang gak cocok buat anda bu,dan sepertinya ibu Tini pun gak faham dengan konsep bisnis nya.. Di oriflame gak wajib tupo koq bagi yang hanya memilih tipe user dan seller tapi kalao ibu tini mau dapat bonus ya kudu kerja dong,, jualan, rekrut member. ya kalau ongkang2 kaki dapat duit itu namanya baru Moneygame..

          1. Hey mba Nur,
            saya malah geli baca komen sampeyan.

            Please dong ahhh. sampe nggandul di bokong suatu brand. Coba dibaca lagi.

            Apa di tulisan ini ada tulisan nama brand nya ??? yang menyebutkan nama satu brand tertentu?? Ge-er bangett sih.

            coba di cekidottt!!

            diBacaaa!! diSimak!!

            Yang konyol ini malah Anda.

            rekrut2 member. dasar antek MLM. Kalau sampe Anda bisa naek kapal pesiar dan kaya raya sampe cucu cicit gara-gara kerja jadi kacung MLM, boleh deh pamer disini. Bonus dari rekrut member aja kok bangga. Coba ditanya, semua member Anda. Apakah puas gabung sm MLM itu? puas sama smua produknya? Kalau sampe ada yang kecewa dan sakit hati, apalagi sampe membuahkan permusuhan, apakah bisa disebut dengan rejeki yang berkah dan halal???

          2. teman-teman semua,,, boleh kasih saran? gimana kalau yang anti MLM, langsung datang aja ke MUI, laporin aja mana MLM yang menipu, biar diusut tuntas dan langsung di stop sehingga tidak menimbulkan perdebatan yang berkepanjangan, juga tidak akan memakan “korban yang sakit hati” lagi.

          3. lebay deh lo. buktikan kalo emang halal. sertifikast halal produk aja nggak ada. sertifikat kehalalan sistem aja nggak ada. di indonesia yg punya sertifikat halal alias MLM syariah cuma ada 5 perusahaan, dan ORIFLAME BUKAN SALAH SATUNYA. gatau napa ya MUI kok ngeluarin ada mlm syariah ada konvensional, pdhl klo lu tanya org2 yg ngerti dan paham agama, semua mlm mau apa namanya mau gimana sistemnya, semua haram. ulama internasional jg udah bikin fatwa haram

        2. Bisnis beras : dari produsen (petani) padi dibeli oleh Perusahaan Penggilingan Padi (PPP), kemudian oleh PPP di ecer ke toko sembako, dari toko sembako di jual ke konsumen. Kasus ini biasanya sudah ada kode etik (kepercayaan) antar masing-masing pelaku. Masing-masing dapat untung sesuai pekerjaan dan volume penjualannya. Dalam hal ini keuntungan terbesar berada pada PPP di ikuti toko sembako kemudian konsumen mendapatkan manfaat produknya (sebagai end user). Begitu juga bisnis yang lainnya seperti rokok, oli, sepeda motor , dlsb. Polanya sama orang pertama selalu lebih besar. Dan jumlahnya selalu hanya sedikit. Satu propinsi mungkin hanya satu agen, demikian juga kabupaten. Bukankah pola ini juga multi level ? apa bedanya dengan MLM yg diributkan ???

      3. Bagi saya ada harga ada barang masa sabun 2000 dsamain 20000 ya ga lah bun wanginya beda khasiatnya juga beda hihihihi…. kl sy tdk ikut bisnis MLM manapun krn mmg ga bakat dagang n ga tekun tp kl sy liat kakak saya yg MLM di tuperware n beliau jg PNS AD dia tekun smp lvel SM dan itu perjuangannya ga mudah tp krn dia enjoy dan ikhlas malah bonusnya bs 4x lipat dr gaji beliau sbg PNS. Jadi kesimpulan saya Bisnis atau usaha apapun pasti da plus minusnya gmn kita jalanin ja n tekun.. semangat ya bunda bunda yang bisnis insyaallah ada jalan untuk menuju sukses..

    1. emang kerja cerdas harus jadi member MLM doank?! heloooo please dehhh.

      Lebih cerdas lagi kalau kita bisa ciptakan wirausaha yang bersaing dengan “MLM kosmetik ini”, tanpa harus “mencari korban yang harus jadi buntut kita” yang ujung-ujungnya hanya untuk mengeluarkan duit kita untuk berbelanja brand luar negeri.

      Kalau ini mah sama dengan “penjajahan” di bidang ekonomi rumah tangga. Keenakan brand & nyang punya “MLM” ini dong, wong tujuannya tak lain hanya untuk melariskan produknya dengan “kewajiban” para member berlanja tiap bulannya.

      kayak kaga ada pilihan lain aja buat belanja kosmetik. Masih banyak kok produk kosmetik dalam negeri yang kualitas baik (malah lebih baik), harga oke, halal dan ga pake kecewa “pake acara ngibulin orang ribet buat jadi member”… hadeeehhhh… please dehhhhh

      Coba diitung ya: Berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan untuk berbelanja di “MLM” ini dan jumlah bonus yang Anda terima???

      Intinya: keenakan nyang punya brand ini, mereka tetep aja tidur kipas-kipas uang rekrutan member+uang belanja member yang harus punya “kewajiban” belanja kosmetiknya tiap bulan.

      Uang blanja para bu-ibu yang seharusnya buat keperluan rumahtangga/saving money, kadang salah sasaran, malah buat beli kosmetik yang terkadang stoknya masih banyak di rumah. Kasian laaa….

      1. Kerja cerdas?
        konsumsi kosmetik produk luar negri kerja cerdas?

        Silakan dilanjut.
        dan lihat betapa aset2 bagsa kita telah dicuri dari Indonesia.

        saya mending pake Viva, sari ayu, mustika ratu. kualitasnya sama ini :p

      1. Kalau mau jadi kuli upline, namanya bukan kerja cerdas mbak… 🙂

        Kalau kerja cerdas, paham bahwa upline hanya partner yang lebih dulu nyemplung 🙂

        Salam kenal 🙂

    1. mbak laila kalo punya pengalaman kirim aja…
      apa yg mbak rasakan selama gabung ma oriflame
      kayaknya negara asalnya siap mencaplok negara kita ya

      1. Setuju….kumpulan orang-orang munafik, lebay dan nyinyir. Ngaku2 beli ini beli itu pake duit bonus pdhal duit suami.

    1. Waduh mbak, apalagi nu skin… mahalnya ampun2an. Saya sudah jelas ketipu, mnding uang juta2 itu buat bisnis wirausaha sndiri.

    2. iaahhh mba,, nuskin bagus bgt sistem bisnisnya, tidak merugikan orang lain,,,
      meskipun juta-juta tp hasilnya memuaskan,
      semangat nuskin.

      1. beneran nih… ak sebelum gabung di nuskin jadi member orif****.. nyeselnya minta ampun ehhehehe…baraang nya susah di jual sampe skr masih ada itu barang nya… mana ga enak di pake nya..di kejar2 terus di bbmin ga berenti2.. udh ga diread2 tetep aja bbm sampe penuh itu.. kyk org yang pny utang berjuta2… suruh tupo biar dpt inilah itulah… gratis ini lah gratis itu seharga sgini…masa iya tas bacaan ori**** bs di jual lagi.. hahaha siapa juga yang mau beli kan????

        nuskin beneran beda.. bagus… ak jalanin tanpa paksaan… dan productnya gampang banget di pasarin nya krn emang kualitasnya beneran bagus….buktinya banyak yang repeat order… hihihihi… ak pertama join dalam 2 minggu bs dpt 1000 poin tanpa stok2.. tanpa di paksa2.. enak banget jalanin nya…..
        bonus nya juga lumayan…
        yang bilang tertipu sama bisnis nuskin… itu salah langkah.. mungkin nawarin nya langsung yang mahal kali… atau ga bisa membaca kemampuan keuangan cust… ya jelas ditolak mentah2.. klo mau nawarin org ya yang murah2 dl lahh.. klo yang murah ternyata emang bagus,.. pasti datang lagi nanyain yang lain2.. itu pengalaman ak.. alhamdulillah smua puas yang beli… hihihihi…

        dan 1 lagi di nuskin dilarang untuk majang2 hasil pendapatan nya.. krn nuskin cuma mau di kenal produknya berkualitas…

        saran ak,, pilih MLM bner2 harus di kulik secara mendalam…

  5. gila apa ya. masih aja ada orang yg semangat dan bilang MLM itu bener -_- jelas2 udah buruk. masih aja di bela. biasanya yg bela itu org2 yg lg ikut MLM dan otak nya kecuci dan sampe skrg blm sadar alias masih gila sama MLM nya. contoh udah jelas, 1 jt penduduk jd MLM, trus siape yg mau beli? -_- dr situ aja udah jelas kalo MLM itu jalan syetan. contoh aja MNI. mana tuh? gak jelas kan. banyak yg udah keluar tp duit habis jutaan. beli aja di toko obat propolis jg dpt murah. drpd ini harus beli jutaan -_- ckckck. ternyata rakyat indonesia masih byk yg gak cerdas. termasuk yg comment membela MLM. hahaha

    1. setuju banget sama mba tasya, dan mereka yg udah kecuci ga akan sadar jika dikasih tau yang benar,
      saya pernah baca di kaskus, entah saya lupa id nya apa, dia bilang “orang amerika ikut join hanya untung mengambil untung diskon aja”
      lebih baik kita juga untuk ambil diskon aja, bukan untuk ambil keuntungan dengan memperbudak orang yg lemah dan menjadi budak para upline

    2. Yoi, cepat atau lambat yg namanya MLM itu bakal buntu. okelah penduduk indonesia ada 200an juta. misal yg udah kejaring mlm 120jt, scr angka sih ya keliatan msh banyak. masih ada 80jutaan org yg blm join. lah tp apa iya itu orang tinggalnya dekat dgn jangkauan kita? misal di jawa udah jenuh, yg 80jutaan itu tinggalnya di papua, sulawesi, NTB, NTT dsb? wkwkkwwk ngakak aja deh gw.
      trus kalo misalnya para MLMers ini bilang “kan udah jaman internet kaliii”
      ya kalo mereka punya internet, ya kalopun mrk punya internet apakah lo tau caranya tau siapa yg blm gabung? ya kalo mereka nemuin lo diantara milyaran pengguna inet. trus seandainya yg 80jt udah gabung juga, rekrut siapa lg dong? musti nungguin yg orok sama anak TK gede dulu! wkwkw

      1. Tidak akan seperti itu mbak… 🙂
        Karena setiap hari ada manusia baru yang lahir.

        Teori mbak itu hanya masuk akal jika penduduk sifatnya statis, nggak ada yang lahir dan nggak ada yang mati 🙂

        Salam kenal 🙂

    3. Sekedar sebagai renungan dan ilustrasi, misal :Bisnis beras : dari produsen (petani) padi dibeli oleh Perusahaan Penggilingan Padi (PPP), kemudian oleh PPP di ecer ke toko sembako, dari toko sembako di jual ke konsumen. Kasus ini biasanya sudah ada kode etik (kepercayaan) antar masing-masing pelaku. Masing-masing dapat untung sesuai pekerjaan dan volume penjualannya. Dalam hal ini keuntungan terbesar berada pada PPP di ikuti toko sembako kemudian konsumen mendapatkan manfaat produknya (sebagai end user). Begitu juga bisnis yang lainnya seperti rokok, oli, sepeda motor , minyak/gas dlsbnya. termasuk yg anda konsumsi/pakai barangkali. Jangan harap dapat mudah menembus jaringan bisnis ini , lebih sadis. Polanya sama orang pertama/diatas selalu lebih besar hasilnya. Dan jumlahnya selalu hanya sedikit. Satu propinsi mungkin hanya satu agen, demikian juga kabupaten. Bukankah pola ini juga multi level ? apa bedanya dengan MLM yg diributkan ???

      1. ya jelas beda, gan.
        distributor menjual ke agen seharga 10.000.
        agen menjual lagi ke end user seharga 20.000.
        profit milik agen ini ngga dibagi ke distributor. kalo ini adil.
        yang bikin nggak adil, profit downline yang dibagi xx persen untuk upline itu.
        jelas ini permainan kaum yahudi.
        boikot MLM!!! Haram!!!

          1. Satu lagi mbak Kembang Bunga.., kalau profit downline dibagi untuk upline itu bukan skema MLM murni termasuk Oriflame.
            Itu skema dari MLM sistem piramida yang oleh APLI disebut MONEY GAME.

            Di Oriflame, bonus yang diterima upline bukan dari motong duit downline.
            Tapi dari omset penjualan.
            Ya…seperti yang dianalogikan Sdr Nano tadi.

    1. Saya produsen keripik singkong & slondok (home industri) butuh agen, harga Rp 11.000 ,- /pack 200 gr rasa balado, barbeque, lombok ijo dll. Bisa dijalankan konvensional maupun cari agen lagi…tidak ada tupo..produk anak bangsa..Ayo usir produk-produk luar yg bikin susah rakyat Indonesia..!!

  6. Mlm atau apapun itu.. itu adalah cara orang mendapatkan rejeki.. kalo tdk berhasil sama centini ataupun centini2 lainnya ya.. berarti memang bukan takdirnya.. belum tentu tdk berhasil terhadap org lain 😀

    Kalau tidak berhasil dengan bisnis ini sebaiknya tdk usah berkoar2 menunjukkan kejelekan si produk atau sistem mlm ini, krn toh awalnya centini sendiri yg memutuskan utk gabung.. lesson learn, pikir dan pahami baik2 utk setiap keputusan yg mau diambil, bila gagal ya terus usaha kalau udh ga mau usaha ua berenti.. gak cuma berlaku utk mlm tp jg dlm segala hal..
    Dunia ini lbh butuh manusia yg bijaksana drpd yg cuma bs ngomong jelek dan mengeluh 🙂

    Salam

    1. Setuju dgn komen diatas (Sese_Id).
      MLM yg benar, asal ga money game, lmyn menguntungkan jg. Klo sdh cocok dgn produknya, bs dpt murah dgn harga member.
      Pengusaha jg mengambil margin/keuntungan dr konsumennya kan? Semakin banyak rantai penjualan, barang makin mahal ke bawahnya. Biasanya yg menguasai pasar adl pedagang besar yg bs kulakan dlm jmlh besar shg barang dijual bs relatif murah. MLM memutus mata rantai distribusi dgn member lgsg membeli di perusahaan, smw orang punya akses berjualan barang perusahaan tsb.

      Memang banyak yg akhirnya berkedok MLM utk mengambil keuntungan dr membernya, sehingga sebelum memutuskan bergabung sebaiknya pelajari betul-betul sistemnya, produknya, apakah harga produk msh bisa bersaing di pasar ato tidak? Lalu pelajari juga trik penjualan produknya, krn utk yg ratusan produk spt Oriflame, ada diskon bergilir tiap bulan. Jika anda sudah punya hero produk yg bisa dijual dgn harga wajar, stok aja saat diskon.

      Asumsi di MLM bisa juga dipake utk pasar scr umum lho, ‘Lha kalo semua orang di dunia ini jualan, siapa yg bakal jadi pembeli??’

      1. ketika kita mau tau sistemnya sebelum bergabung dengan menanyakan kepada orang yg telah bergabung, salah ga ? boleh ga kita bawel mengenai sistem sebelum memutuskan bergabung ? kalo emang ga boleh, berarti kita dijebak dong ?
        saya aja pernah nanya mengenai sistemnya dan mengapa dikatakan bonusnya halal, dan si konsultan kecantikan bilang “terimakasih atas waktunya” tanpa memberikan jawaban atas pertanyaan

        1. justru itu wajib dong
          berdasarlan cerita diatas si tini tini aja tuh yg ga crosscheck dulu ttg bisnis oriflame sebelum gabung hihihi
          padahal dia kan ga harus tupo atau segala macamnya aduuuh aduuuh

          1. Di artikel memang tidak menyebut Oriflame.. Tapi bisa dilihat di tag nya itu.. Ada Oriflamenya.. Kalau memang tidak ditujukan ke Oriflame, seharusnya tidak perlu tag seperti itu.. 🙂

          2. Itu bukan tag, Bu. Itu keyword yang masuk dari Google. Tag itu yg dibawahnya berupa link itu loh. Dilarang menyebut merk lah, Bu. Ngga sopan.

    2. Jangan cuma melihat MLM dari satu sisi saja: usaha utk mendapatkan rezeki.
      Dari sisi agama, MLM diharamkan karena memakai skema bisnis piramida. Hanya segelintir orang yg berada di puncak piramid yg diuntungkan, sementara yg berada di bawah bekerja lebih keras namun mendapatkan hasil lebih sedikit. Hal ini dicapai dengan mengeksploitasi kelemahan manusia yg gila harta. Para anggota dan calon anggota diiming2 bonus ratusan juta dan piknik ke luar negeri yg biayanya diambilkan dari harga produk yg dimarkup jadi lebih mahal. Dan kenyataan memang terjadi, masyarakat tidak bisa dipaksa mengkonsumsi barang mahal. Akhirnya anggota MLM kesulitan menjual barangnya dan terpaksa dikonsumsi sendiri supaya iming2 bonus tidak hangus. Jika dilogika, mana ada pengusaha sukses atau pedagang pasar yg mengonsumsi barang dagangannya sendiri supaya mendapat bonus ratusan juta. Tidak ada!

  7. saya juga ikut mlm kosmetik dan sekarang level 9%…..saat awal saya gabung saya ingin keuntungan 30% dari penjualan.jd saya fokus berjualan dan dapat untung…dan kebetulan temen2 pada beli dan cocok produknya….itu pengalaman saya…

  8. Setuju banget. Aku juga ngalamin yg sama kaya mbak tini. Dan sampe skr msh ada “stok kosmetik” yg entah hrs ditawarin ke siapa lg :p. Intinya kapok beh sama MLM

  9. saya mau tanya ttg MLM, bagaimana dgn orang yg terakhir gabung???atau orang yg paling bawah sdr gabung???daptkan mrk mdptkan apa yg di iklankan??? krn bagaimanapun yg jadi KAKI akan selalu dibawah..kepala selalau diatas..mohon penjelasannya…

  10. semua MLM itu sama, sampah semua..
    asli produk setan yang berwujud manusia..
    jual barang murah dengan harga super mahal..
    enak kalo produksi dalam negeri..
    ini kalo kita sukses jualan, yang untung bule2 diluar sana.. herannya kita ini bangga banget kalo ikut MLM.. ga sadar dibodohin sama orang asing..

  11. saya dulunya anti MLM..
    tapi alhamdulillah bertemu dengan upline yang tepat..
    dibina dengan baik..
    memang banyak yang bergabung MLM tapi gak tau sistemnya..
    sehingga merugikan diri sendiri..
    dulu saya gabung Oriflame karna merasa gak enak aja, diajakin terus.. abis gabung ya pingsan aja gak ngapa2in.. jadi lewat aja tuh promo2 hadiah member baru.. gak penting.. 😛
    tapi semakin saya gak pikirin, kok upline saya semakin naik aja bonusnya.. berarti tanpa saya pun upline saya tetep bisa naik level dan naik bonus..jadi saya mulai tanya2..
    mulai belajar beneran..
    di Oriflame, ga ada yang namanya pemaksaan tupo..
    gak ada modal, gak bisa jualan, ya gak usah tupo..
    apa mau dijotos sama upline?.. hehehehe.. online lagi..:P
    strategi bisnisnya bukan seperti itu.. 🙂
    tupo itu kebutuhan bukan kewajiban..
    jadi kalau gak butuh, ngapain tupo??.. hehhehe..
    tapi kalau gak tupo, indikator ‘KERJA’ nya bisnis Oriflame apa dong?.. Anda pengen dibayar sama Oriflame dari kerja apa?..
    pengennya gabung, trus dibayar jutaan kah?..
    bukannya dibayar bonus tanpa kerja itu yang haram ya?..
    bukan seperti itu yang saya tau..
    di Oriflame bukan system piramid, tapi breakway sistem..
    belum tentu upline bonusnya lebih gede daripada downline..
    buktinya level saya lebih tinggi dari level upline saya sekarang..
    oriflame memberi kesempatan pada semua kalangan, bahkan tanpa berijazah sekalipun untuk berpenghasilan..
    pelajari sistemnya dengan benar,cari pembimbing yang benar, maka jalannya pasti benar..
    joint oriflame cuma 9900, mau dapat hasil juta2an hanya dari tupo (beli barang)600rb?.. anda pasti bermimpi 🙂
    banyak patner2 saya (downline) yang levelnya sudah tinggi (SM yang harusnya bonus 4-7jt) tp tidak mendapat bonus sesuai dengan levelnya.. karena di Oriflame fair system.. siapa yang bekerja, dialah yang berbonus besar.. tidak peduli dia upline atau downlinemu..
    kok bisa?.. kok gitu??..ya carilah mentor yang tepat.. yang tidak hanya menghubungi ketika tupo 🙂
    wanna join with us?..
    add my fb fenty suryani purnomo :))
    or my pin 7ca80137

    1. MALAH PROMOSI ?
      TAPI KALO ADA CONTOH YG BAGUS GPP SIH, SEKALIAN ILUSTRASINYA… MISAL SEBULAN BISA JUAL BERAPA DAPAT BONUS BERAPA GITU

    2. Iya dong sebutin cara mengelola keuangannya…jangan ngibul aja. bonus berapa, trus biaya buat ngebina jaringan kamu yg isinya udah ratusan gimana caranya? kirim2 katalog ke seluruh peloso indonesia habis berapa?
      berapa teman yg udah ga suka kamu?
      berapa kali kamu nyindir merendahkan pekerjaan orang lain?
      berapa kali harus foto narsis? dicantik2in biar keliatan josss
      kayak kita ga tau aja

  12. Yang harus disadari adalah Indonesia dengan jumlah penduduk 240 juta adalah pasar potensial untuk produk dr luar negeri. Apalagi dengan bonus demografi nanti yg membuat indonesia dipenuhi orang2 di usia produktif.
    Waaah… di usia tsb porsi belanja-nya udah naik kelas.
    Yg tadinya mandi pake sabun batangan jadi sabun cair.
    Yg luluran setahun sekali, jadi tiap bulan. Eh ada yg ngasi produk buat lulutan sendiri…harganya di atas rata2… tapi kan gak perlu jalan k salon… jadilah dianggap murah.
    Atau produk alat masak yg diiklanin bombastis. Rasanya harga 888888 perak itu murah, krn disebut “hanya”.
    Eh belakangan malah bisa dibeli sepertiganya.
    Yaah…. be carefull
    Teliti sama semua produk, utamanya dr luar negeri. Jangan2 disana gak laku….

    Atay jgn2 emang produk dibikin buat kuras duit dr penduduk di negara berkembang.

    Smntr kita lupa…negeri ini kaya raya minta ampuuun

  13. Kayak obat ya, cocokcocokan, ada yg cocok, ada yang enggak
    memang sih, kontraindikasi jarang dicantumkan, cek sistem dan cara kerja dan trik penjualan (yang sebenarnya ya) sebelum join juga hampir tidak mungkin
    Sepertinya yang mengeluh seperti centini justru tampak lebih manusiawi :)))

  14. inspiratif si ibu tini ini, daily mommies.
    Aku lebih suka berwirausaha memakai hasil karya tanganku sendiri, meski hasilnya tidak semuluk-muluk yg ditawarkan MLM, tapi ada kebahagiaan tersendiri kalau hasil karya rumahan dari tangan sendiri ini terjual. Nggak perlu MLM yg hasilnya jutaan, cukup beberapa ratus plus kebahagiaan itu sudah cukup untuk IRT yang bekerja dari rumah.

    Ayok kita berdayakan handmade, bisa bermanfaat bagi sesama juga kalau sudah berkembang, paling tidak ibu-ibu tetangga yang rajin jg bisa ikutan berpenghasilan.

    1. saya suka bgt dengan komen dari mba dini ini.. iya! saya setuju bgt mba, walaupun hasilnya sedikit, tidak seperti hasil yg ditawarkan oleh MLM, wlupun jalan2 keluar negerinya gak kesampaian.. ^_^ tapiiiii..berwirausaha dengan tangan sendiri, hasilnya lebih memuaskan lahir dan batin!! ^_^

      silahkan, lihat-lihat dulu di bunda-hadi.blogspot.com yaaa.. ^_^

  15. Kalo mau cek, MLM itu sama aja seperti JUALAN.
    Dan sama sekali beda dengan sistem piramida atau money game.
    Silahkan dipelajari lagi di http://www.apli.co.id
    MLM itu keuntungannya dihitung dari omset penjualan bukan dari pendaftaran member baru, bukan dari rekrut aja, bukan dari beli barang untuk dipake sendiri.

    Jadi, kalo mau jalankan yang benar itu ya harus jualan,harus ngerasain untung dari jualan dulu bukan membeli untuk dipakai sendiri.
    Uplinenya salah ngajarinnya tuh, ga semua downline kudu tupo dengan beli sendiri.
    Tp harusnya diajarkan cara jualan yang menguntungkan.
    Baru setelah itu mengajarkan orang yang diajak untuk jualan juga. kalo dia ga mau jualan ya sudah, ga usah dipaksa, silahkan kalo mau pake sendiri, gausah didorong-dorong untuk tupo, jadinya ya seperti ini, merasa di’dzolimi’. padahal seharusnya bisnis itu suka sama suka. mau karena keinginan sendiri.

    Terus soal produk, coba dicek di kamar mandi
    semuanya buatan dalam negeri? asli buatan Indonesia semua?
    Kalo merasa mahal ya jangan dibeli, kalo susah jual, berarti harus memperluas pasar. intinya harus BELAJAR, kalo mau bisa bisnis, apa pun itu, mau MLM atau bukan MLM ga ada yang instant.
    Mau jualan barang yang harganya murah pun kudu tau strateginya.
    Jadi sebaiknya jangan menilai karena Anda gagal karena kesalahan ga mau belajar juga karena upline-uplinenya salah ngajarin, salah duplikasinya. pelajari yang betul bisnisnya, jangan dari satu sumber aja.
    Kalo upline salah kasih masukan sama upline, jangan berkoar-koar ga jelas terus menjelek-jelekkan bisnisnya.
    Belum tentu begitu juga kan?

    Ga akan ada solusinya kalo semua orang kayak gitu.
    Menyalahkan tanpa mempelajari dulu. Muter-muter di situ terus. malah jadi bikin masalah yang lebih besar.
    Saya ga memihak siapa pun. tapi saya ga suka orang terlalu cepat menilai tanpa mencari tau dengan jelas dari semua pihak, jangan dari satu pihak yang merasa tersakiti saja. sama aja ga adilnya kalo gitu.

    1. kalau baca tulisan yang ini jadi adem ya.
      gak memihak, tapi bener2 ngasih info kalau melihatnya lebih ke arah yg objectives.

      kalau ada yg berhasil dengan MLM ya mungkin itu jalan terbaik buat mereka,
      kalau ada yang gagal (berhenti sebelum berhasil) ya itu juga jalan yg terbaik buat mereka

      ndak perlu lah sampai emosi jiwa jelek2in pelaku bisnis mlm manapun sampai mencap semua orang mlm seperti yg digambarkan di postingan di atas2…

      teman teman saya seabrek yg mlm an di facebook, tapi saya ndak merasa dijauhi kok, kami tetap berteman baik walaupun saya tidak ikut mlm mereka. mereka tetep tiap hari comment di wall saya, sebelum dan sesudah mereka ikut mlm tidak ada yg berubah, semua itu balik kembali ke pribadi masing2. kalau merasa ada temannya yg ikut mlm terus merasa dijauhin cari musuh dkk, ya jangan salahin MLM nya, itu mungkin tabiat orangnya hehehe

      🙂
      semakin menggunjingkan pelaku mlm yg dianggep “negatif” menurut temen2 disini, gak takut nanti berpindah ^_^ pahalanya?

      1. teman teman saya seabrek yg mlm an di facebook, tapi saya ndak merasa dijauhi kok, kami tetap berteman baik walaupun saya tidak ikut mlm mereka. mereka tetep tiap hari comment di wall saya, sebelum dan sesudah mereka ikut mlm tidak ada yg berubah, semua itu balik kembali ke pribadi masing2. kalau merasa ada temannya yg ikut mlm terus merasa dijauhin cari musuh dkk, ya jangan salahin MLM nya, itu mungkin tabiat orangnya hehehe

        Hai mba Nur…

        Pelaku MLM itu sama kok kayak marketing, dia komen2 di wall mbak juga itu salah satu strategi mereka..
        Agar mbak bisa dekat dgn mereka dan akhirnya mau joint ama mereka…

        Emang sih ada beberapa yg tulus, tapi kebykan ya cuma menerapkan ajaran ilmu bisnisnya 😀

      1. APLI memang bukan segalanya, tapi APLI mensyaratkan supaya yang tergabung di dalamnya adalah perusahaanyang legatitasnya sebagai perusahaan direct selling sudah benar2 sesuai dengan peraturan BKPM.

  16. Sampek afal gue, gelagat orang yang cari keuntungan sendiri yang ternyata antek-antek MLM ini.

    Ini yah fakta di lingkungan sekitar gue:

    Yang tadinya Teman deket jadi teman jauh.

    Teman yang lama tak jumpa tiba-tiba muncul, n tiba-tiba ng- inbox gue.. ternyata ujung-ujungnya ada maunya juga dia. MLM!!

    Yang ga kenal pun, juga sama. Tiba-tiba “add friend” FB gue, abis di approve langsung ng-inbox nawarin join jadi member.

    Masih mending yang diatas rada sopan, pake acara add friend dulu. Ada lagi yang lewat jalur cepat, dia ga perlu jadi “friend”, langsung nginbox nawarin join.

    Yang tadinya ni temen gue cuek dan biasa aja, ga peduli urusan orang, tiba-tiba jadi care rajin komen di status. Ada maunya juga dia. mo nawarin MLM!!

    Yang udah join, kontak saben hari, tiba-tiba kita-nya jengah sama ni MLM, mau stop. Eee.. dia jadi sewot. Parahhh. Adanya cumin Nyindirrrrrrrrrrr abis-abisan. Gue-nya sih cuma cuek bebek ajahhh. Emang, masalah buat loooo!! Ini hidup gue! Lo ga berhak ngatur-ngatur gue! Emang tiap bulan, lo njamin kehidupan financial keluarga guee!! Mmmm…Yang ada malah sebenernya kebalikannya yaa. Dari hasil kerja keras gue. Lo dapet keuntungan banyak dari member-member baru dari kenalan-kenalan yang gue rekomendasikan. #emosijiwa

    Gabung di MLM ini malah jadi punya hobi baru, Sukanya ngomongin orang.

    Sukanya pamer bonus. Jadi materialis dehhh #yangkadangjugakadangadabenersegitunominalnyasesungguhnya

    Eee..jangan salah, itu iming-iming menggiurkan di wall mereka juga ada udang dibalik batu nya lohh… jebakan batman. Biar yang baca jadi kepencutttt katuttt kejebloss ke “jaring-jaringnya”.

    Yang udah ga se visi di jauhin, trus dimusuhin. Di beberkan diomongkan semua, dijelek-jelekkan. Yang katanya, bertemanlah dengan orang yang se-visi. ????

    Astagfirullah…Mau bisnis kok nambah musuh??

    Belum lagi isi dompet ikutan meringis, waktu si “kuli upline” ini harus kerja keras nutup “kurangan” jelang tuponas. Mau beli bedak aja kok pake repottt, pake acara deg-degan, pake nguras pikiran, pake antri, pake ganti beli kosmetik lain penggantinya, karena stok kosong.. #jangan-jangan-modus-nih-biar-bonus-ga-jadi-cair.. paling ga, brand ini aman, konsumen beli kosmetik pengganti lainnya, karena harus dibatasi minimal belanjanya sm ni brand, biar iming-iming “bonus” tetep aman meluncur, naik level.

    Kowar kower sana sini sampe enegh temen-temen nya tiap bulan bahas tema yang samaaaa… bolan baleni. weleh-weleh. Gak kreatif blas…

    Angkat topi dan tangan Gue di dada, bagi orang yang GA join di MLM itu, tapi tetep menghormati “mereka ini” dengan baik. Walau pasti agak geleng-geleng kepala memaklumi petingkah “mereka” yang kalang kabut jelang “tuponas” mereka yang sampek heboh kayak kebakaran jenggot.

    Bagi gue, orang yang kreatif adalah memilih jalan sukses yang KREATIF juga. GAK harus sama dengan orang lain. Jadi makmum, jadi buntut, apalagi kok makmurin brand nya luar negeri.

    Dan, Semoga mereka yang sudah sukses jadi di posisi top MLM ini satu hari nanti sadar, mendapat hidayah dan ilham, bahwa rejeki yang berkah gak harus “mengajak” orang lain di jalan ini untuk membangun keuntungan semata dengan sebanyak-banyaknya, tanpa melihat hati nurani di posisi orang lain.

    Sekali lagi, bro and sis. Ini cerita gue. Menurut versi dan pengalaman pribadi gue.

    Semoga bermanfaat

    1. wkwkwk gw jadi pengen tau lu udah jadi apa skr
      kerja dimana
      sehari2nya make produk apa di tubuh lu dari kepala sampai kaki, termasuk yg masuk perut lu sendiri 🙂

    2. setuju banget mbak.
      beli bedak aja repot, mbok meluncur aja ke warung sebelah, noh merk fanbo cuma 9000. produk lokal pula.

    1. Bunda..
      Terima kasih link-nya.. Bermanfaat bagi saya yg masih perlu banyak belajar..

      Kalau menurut saya yg masih awam, yg http://www.teknoislam.com itu memnyamakan 1 jenis MLM dg sistem piramid (harus seimbang kanan dan kiri) dan memiliki sistem stokist (mirip makelar).. Member tidak membeli langsung ke perusahaan..
      MLM sekarang banyak sekali macamnya, tidak semua menggunakan sistem piramid dan stokist.. Berdasarkan 1 jenis MLM, dia langsung memfonis semua MLM haram..
      Ada MLM yg menerapkan sistem berlawanan dari piramid, dan setiap member langsung berhubungan/membeli dari perusahaan, tidak ada biaya pendaftaran dan tidak ada bonus keseimbangan.. Pembayaran komisinya juga berdasarkan besar kecilnya penjualan..
      Apakah itu juga haram ya? Produknya juga bermanfaat dan halal..

      Yg menjadi ganjalan saya, bagaimana hukumnya mengenai para pemilik franchise? Mereka memiliki banyak sekali cabang2 toko.. Mereka mendapat komisi tertentu dari para franchisee-nya.. Padahal mereka tidak melakukan penjualan secara langsung.. Mereka membuka pendaftaran bagi orang2 yg berniat melakukan bisnis seperti usaha loundry, usaha toko kelontong, makanan, minuman dll..
      Mohon pencerahannya, jika ada yg mengetahui.. Terima kasih..

      1. hukum franchise?
        misal Anda ikut waralaba kebab, Anda beli hak usaha dan bahan2 dan perlatannya..nah, Anda akan jual kebabnya deh tuh. Trus apakah Anda ngajak orang buat jadi downline? Nggak.
        Kalau mereka mau ikut jual kebab ya langsung berhubungan sm waralaba kebabnya, bukan ke Anda.

  17. yach.. saya jga slah satu orang yg mengalami hal mirip mbk tini.. tabungan jebol.. dan produk numpuk…dijual lagi pun rada susah ya. (ato mungkin sy yg kurang greget)
    hasil pnjualan dri os pun juga sedikit demi sedikit ludes..
    naik levelpun bonus jg blm bisa cair..
    masuk 3% ngos ngosan minta ampun
    kalo dpikir2 dan ditotal.. uang yg sudah sy keluarkan bisa untuk modal usaha lebih real..
    iming2 janji bonus besar tidak sy pungkiri sbagai penyemangat awal. tapi makin kesini penghasilan sy makin berkurang drastis..

  18. Hai semua,

    saya mau sharing ya, jika ditawarin MLM kosmetik itu, mau harga join dari mahal, sampe di obral untuk harga daftar member, dan digratisi biaya daftarnya, saran saya, NO WAY!!

    Mereka udah duluan NAIKIN standar harga tupo pembelian bagi konsumennya laaahh. Sami mawon duonkkkk.

    Uang pendaftaran yang cuman segitu ga ada apa2nya dibanding uang yang harus Anda keluarkan untuk berbelanja disana. Dan keuntungan dari hasil belanja kosmetik Anda dan para member lainnya, itu lebih besarrr untuk pemasukan mereka, dibanding uang pendaftaran itu.

    Dulunya misal 500rebong, sekarang bisa minim anggota baru harus blanja 600-650rebong dong…

    Iya emang bisa tawarin ke temen-temen or sapa aja buat yang mau belanja kosmetik disitu. Tapi, uang masuk dan keuntungannya buat siapa nihhh? Masih mau nombokin kurangannya juga untuk limit uang harus dibelanjakan demi naik level? masih mau diiming-imingi naik level dan bonus??

    1. Betul….
      Tetangga saja jualan jus awalnya pakai meja doang, sekarang punya rumah makan, pakai banyak karyawan pula… 🙂

      Apapun pilihannya, saling menghargai saja.
      Benar tidak….? 🙂

  19. Hahahaha.. baguslah kalian ribut soal mlm, gua sebagai salah satu pemegang saham kosmetik itu, senang melihatnya yang penting barang kami laku.

    Teruskan ya

  20. Sebenarnya apapun pekerjaan itu klu ditekuni dan sabar pasti bs…apalgi klu pekerjaannya lbh byk membantu org utk lebih sehat dan sejahtera….

    ya ..klu masih nyaman dengan BANGSAWAN…silahkan saja…
    ingin bisnis ? silahkan…modal kecil…untung kecil dan resiko kecil…sebaliknya….

    untuk bisnis MLM : sebaiknya lihat profile perusahaan, produk dan system yg digunakan….. apapun metode marketing atau rekruit atau bisnis apapun…klu mmg produknya bagus dan sangat byk berguna utk org lain d kemudian hari pasti….akan maju…. soal harga org tdk akan masalah…jika sesuai dengan kualitas…..

    selain itu..utk join bisnis MLM …anda harus mengembang kepribadian…. yaitu : menggunakan produk dan dapatkan hasilnya… mengembangkan bbrp keterampilan dan kepimpinan…..

    leader beda dengan boss…. ^_^

    yg mau info ttng mlm bs CM/PM :
    pin : 3119b35c
    WA: 0878 82483263

  21. Dimana-mana seru kalo debat soal MLM. Pada dasarnya semua butuh kerja keras, dan mungkin mbak Tini belom jelas soal sistem kerjanya. 🙂 Jadi beliau ngikut aja perintah dari upline untuk belanja. 😀

    Anyway, saya bukan orang MLM.
    Cuma satu hal yang selalu saya pikirkan. Misal se-Indonesia udah join MLM, dan kita di posisi paling bawah, apakah bisa kaya raya? Atau kita nyari downline orang luar negeri? hmmmmm.. ntar kalo udah mentok sedunia ngikut, terus yang paling bawah cari alien kah? hehehe..

    1. IMO, skema (kelewat) optimis seperti ini itu nyaris mustahil, seluruh rakyat Indonesia join (satu) MLM… menyalahi hukum alam diverifikasi… analoginya, apa mungkin seluruh rakyat Indonesia milih presiden yg sama, partai yg sama, agama yg sama, merk mobil yg sama, channel TV yg sama (kecuali jaman baru ada satu TVRI aja), dsj… dan skenario seperti itu semakin tidak mungkin selama masih ada orang yg memilih utk antipati dg MLM 🙂 …terakhir, selama penduduk indonesia terus lahir semakin ga mungkin tuh semua orang ikut MLM…

      yg pasti-pasti aja…
      rejeki ga akan kemana, kalo ga kemana-mana alias ga kerja ga usaha, ya rejeki nya ga kemana2 alias ga bakl datang… hehehehe..

  22. Ikut mlm HWI aja yuk, murni indonesia punya, produk kesehatan herbal, legalitas jelas bpom+halal mui. Produk cepat abis pastinya 🙂

  23. Bisnis asyik itu yg produknya dicari, bergaransi, bisa sambilan, dibayar cepet, no tupo2an tiap bln, bonus ngga berhenti, bs jln2 ke Luar Negri gratis \=D/ *Better Life w/ MCI*

    Solusi utk Kulit cantik dan bs bikin Rekening nambah terusssss;;) \=D/ cocok utk Ibu Rumah Tangga yg pgn punya penghasilan Fantastissss..<3<3.:p
    PM for More Info..

    Ratna HP/WA 08122741605
    Pin BB:2770315e

  24. Saya hanya menjadi risih melihat fenomena katalog ini. Bosan dijejali katalog bulanan. Mau nolak tp pada dasarnya para penjual itu gigih. Tau-tau sudah bertengger di meja kantor kita. Banyak juga yg akhirnya beli hanya karna nggak enak sama temen. MLM yg jenis ini tentu menyebabkan hubungan pertemanan menjadi tak nyaman.

  25. Pertama memang kita harus mempelajari sistem mlm tersebut. Tutup poin ini ialah salah satu yang mesti di hindari. Karena sebagai muslim, kita tidak boleh membeli suatu hal karema terpaksa (misalnya karena ada bonus)

  26. Lucu banget melihat jalan cerita jeng tini dan komen2 ngamuk dari siti azizah dan beberapa user diatas. dari situ aja ketauan kalau mereka orang yg ga jeli dan ga care dengan keputusannya sendiri 🙂
    harusnya ya, sebelum join di oriflame pelajari dulu seluk beluknya, trus putuson mau ngapain aja di oriflame
    dari cerita centini dia rajin online, bla bla bla, tapi kok ya ga bisa crosscheck dulu sblm mutusin join oriflame
    trus centini itu orang yg ngawur, duit belanja masak dipake buat tupo oriflame, kalau mau berbisnis dia harus menyediakan uangnya khusus atau pake cara lain,
    banyak kok member oriflame yg jualan minta bayar didepan ke buyernya 🙂
    dan itu yg komen ngamuk2 siti azizah bilang dapat duit dari merekrut member,, helllo ente ketauan gapteknya deh, xixixixi… ga ada yg namanya bonus dari rekrut di oriflame,. lagian bikin malu banget dai uang pendaftaran yg ga cukup 50rb berharap mau dibagi berapa sama oriflame ?? lah kalo daftarnya diskon ajdi 9900, ente mau dapat seribu aja ? wkwkwkwkwk
    centini ini sebaiknya kalau online buat nambah wawasan, jangan sibuk baca status orang atau apalah yg bikin dia jadi terjebak sendiri dalam keputusannya 🙂

    1. “ga ada yg namanya bonus dari rekrut di oriflame”
      kalau downline lo berhasil jual barang kan lo dapet bonus. Downline lo level 300 jual barang jg lo dpt bonus.

      rekrut member = dpt bonus
      ga percaya? coba itung berapa barang yg lo berhasil jual sendiri? mending rekrut member ya

      1. Setuju deh sama Mba Keke..

        saya member Oriflame, level saya manager 15% dengan bonus 1.5jutaan per bulan.

        saya gak pernah menjadikan TUPO di oriflame itu sebagai beban, bahkan menyenangkan… karena TUPo dengan menjual produknya itu malah menghasilkan keuntungan… semua orang bebas mengeluarkan pendapat ya.. tp sebaiknya mba centini ini pelajari lagi ilmu2 berbisnis…

        pikir baik-baik ya, kalo kita di sisi Oriflame nya, misal kita ini produsen sepatu, trus ada orang yang ingin menjadi reseller sepatu kita, tapi selama berbulan bulan reseller tersebut gak menjual sepatu kita, apa kita perlu kasih dia komisi?

        menurut saya oriflame itu menyenangkan… merekrut itu ada seninya tersendiri dengan menjalin lagi silaturahmi…

        kita boleh memilih kok, asal jangan menjelek-jelekkan bisnis lain…

        Semoga kita semua dimudahkan dalam menjalani segala aktifitas.. aamiin…

        Salam,

          1. ye di juga pernah merasakan seperti downline dya banting tulang tapi dya bisa dapetin kan hasil dari banting tulang dya..
            donline yang bilang banting tulang buat upline adalah downline yang ga mau usaha maunya sukses instan..
            mau instan neng????
            makan indomie aja sono kali yeee wkwkwkwkwkwkwk

      2. Beda mbak…
        Tidak semua Member Oriflame yang direkrut lalu mau dan bisa berjualan lho….

        Sama kayak punya toko dan buka cabang.
        Kalau cabang yang kita buka tidak produktif, nggak dapat apa2.
        Kalau cabang kita produktif, toko induk dapat untung juga.
        Gimana biar cabangnya produktif, diajarin, dikasih training marketing.
        Di oriflame ini yang disebut membina.

        Di Oriflame, rekrut doang nggak ada duitnya.
        Beda dengan MGM (Member Get Member) asal bisa rekrut dapat duit.

        1. Yuk, kita wujudkan impian2 kita bersama MOMENT.
          Bisnis simple, no tupo, bonus dibayar harian,
          gedhe pula Masa’ masih mau hidup begitu2 aja?
          Kendaraan itu2 aja? Isi rekening segitu2 aja? Yuk,
          upgrade diri & kehidupan. Segera join & aktif di tim
          saya, ya… Kita sukses sama-sama. Gajian jutaan
          per hari gak pakai ribet ^___^

          ANNISA (089692067975/7DA94624)

    2. Oke mbak keke, anda memang punya modal.
      tapi kan kalo harus dgn modal, jadi ga matching sama iming2 awal “hanya dengan modal 49900”, karena kenyataannya harus pake modal.
      itu namanya berdusta kan?
      dan banyak ibu2 yg kekurangan uang kepencut.

      oke, sbg upline yg baik, silakan bilang, “saya ga pernah maksa downline saya.”

      Tapi berapa banyak downline yg kesusahan spy bisa belanja? (kalo ga belanja siap2 disindir)
      Berapa banyak orang yg kita paksa rekrut demi keuntungan kita?

      Terakhir…
      berapa banyak orang yg akan menuntut kita di akhirat nanti untuk menagih pahala gara2 lidah kita yg hobi nyindir & harta kita yg entah sepersekian persennya adalah hasil keringan downline.

      Sadarlah…kaum MLMers.

      1. Banyak yang diprotes tapi saya mau bahas yg paling bawah saja ya….

        Saya pernah kerja di bank mbak posisi marketing.
        Saya nyariin keuntungan untuk kantor.
        Saya di kasih target berat yang hasilnya akan masuk jadi poin buat pimpinan cabang saya, kemudian pimpinan wilayah, dan walaupun kecil tapi ada kontribusi saya untuk keuntungan perusahan yang kemudian menjadi BONUS untuk seluruh pekerja bahkan yang bagian non marketing, sampai jajaran direksi.

        Kira-kira bos saya di akhirat ditanyain nggak tentang bonusnya yang didapat dari hasil keringat saya panas2 cari nasabah, ditolak nasabah, bahkan pernah dimaki oleh nasabah juga?? 😉

        Sekarang saya ibu rumah tangga berbisnis oriflame mbak…, tapi kalau member saya nggak ber-BP saya nggak pernah nyindir ^_^

        1. Yang paling bawah aja yang diprotes, soalnya tahunya hanya itu. yang atasnya sebenarnya tahu juga, tapi tutup mata. ga tau mo ngomong apa ya

  27. sy menyimak saja.kadang tertarik utk ikut mlm tapi sy tdk bakat dagang + kl hrs member2 gitu dan hrs online terus tentu melelahkan lagipula banyak menyita waktu dan perhatian.intinya adalah jika harus membeli barang mahal dan tdk bs menjual sdh pasti merugikan.beli di pasar atau mall berbagai macam ada tinggal pilih, murah atau mahal tinggal lihat isi kantong.mau cari uang buat usaha yg pasti(real). gampang tho? 🙂

    1. ASS, sis mendingan buka usaha loket pembayaran listrik , walaupun penghasilannya g seberapa tapi adem ayem. saya hampir 4 tahun geluguti usaha ini. buat sapingan aja..

  28. Banyak yang bilang lebih suka pakai sabun mandi dan sampo dan teman-temannya yang produksi dalam negeri.
    Merk apa ya???
    Saya yakin kebanyakan pakai Unilever, saya juga… 😉
    Itu bukan merk asli Indonesia keleeuuus….
    Eropa punya tuh….
    ^_^

    Nggak berhasil berbisnis MLM ya berarti nggak cocok aja.
    Itu biasa….
    Sama biasanya dengan buka rumah makan dan nggak laku, atau buka toko dan nggak ada yang beli.

    Saya juga OLshop Yg menjual produk MLM.
    Kalau produknya memang bagus, why not??
    Saya nggak bohongin siapa2, saya jual sendiri produk saya, kadang saya cari reseller juga.

    Saya juga punya posisi lumayan di MLM yg pakai tupo, tapi nggak pernah saya maksa downline saya untuk tupo. Mau tupo ya monggo…., nggak mau ya udah…
    Kalau kalian ketemu upline yang kejar2 kalian untuk tupo ya Anda belum beruntung 😉

    Setidaknya saya bekerja menjual sesuatu.
    Saya merasa hasil saya jauh lebih halal daripada ikutan inves arisan berantai yan setelah setor duit, ongkang2, lalu terima hasil berlipat-lipat ^_^

    1. shampo = mustika ratu
      pasta gigi = orang tua (formula)
      sabun = sabun sereh lokal, sabun hijau
      pelembab = viva, mustika ratu, sari ayu

      sekarang juga sudah ada produk curah merk Motto karya anak bangsa.

      bisnis milik luar negri krn modal yg lbh tinggi memang menggurita. Andai saja ada pelajaran “Cinta produk INdonesia” di sekolah atau kuliah.

      sayangnya, dunia sekarang memang dikuasai kapitalis.

      ah sudahlah.

      1. Apakah kalau jual produk import lantas pasti tidak nasionalis?

        Saya pakai produk karena saya SUKA mbak.
        Apakah saya lantas dianggap tidak cinta produk Indonesia hanya karena saya nggak suka pakai sabun sereh, ngak pakai viva dan mustika ratu?

        Saya berjualan produk import memang.
        Dari hasil berjualan, saya pakai buat jajan getuk, wajik, bika ambon (hobi bangeeet), tempe (sekeluarga lahap nih..).
        Sebagian bonus saya pakai untuk membeli baju saya dari bahan lurik, songket dan tenun flores.
        Tas batik waaaah, saya suka bangeeet….
        Saya punya langganan juga pengrajin tas dompet sepatu di Manding, Yogya.

        Saya rasa saya tetap cinta kok dengan produk Indonesia.
        Bahkan karena hasil saya berjualan produk import ini saya jadi bisa lebih punya koleksi batik.

        1. apa saya kurang nasionalis?
          ya meneketehek mbak beta, ngapain tanya? beli getuk, tempe? la rumahmu ndeso, adanya itu. coba dekat kfc pasti kamu beli itu.
          saya rasa saya cinta produk indonesia kok. la kok bisa lebih suka produk import?
          usaha batik? bagus lagi sekalian kosmetik ganti yang indo asli.ga perlu bela mati2an produkmu itu, mereka ga tahu kamu kok.

  29. hehe… ceritanya menarik, memang sih tiap orang critanya bisa berbeda-beda,karena menurut saya sukses itu banyak jalannya juga 😉
    tergantung keyakinan dan kenyaman kita menjalaninya, sukses memang membutuhkan proses yg tidak mudah ya gan 🙂

  30. Aku join MCI awalnya krn aku memerlukan sesuatu yg bs nyembuhin jerawatku.. pure krn minat dg barangnya.. tp seiring waktu ternyata banyak teman n sodara yg minat dg Nano Spray yg kupakai.. kufikir kalo produknya bs memberi manfaat kepada pemakainya kenapa aku ga ikut jualan aja.. akhirnya kuputuskan ikut jualan dg cara mempromosikan alat dan menshare pengalamanku selama memakai.. alhamdulillah atas izin ALLAH.. fokus jualan selama 1thn aku mendpt sangat banyak keuntungan.. selain bonus harian yg ditrf 3x sehari oleh perusahaan atas penjualan qt,jalan2 grtis keluar negeri dg total tiket yg kudapat 21tiket termasuk tiket utk umroh buat ibunda dan mama mertuaku.. n bangga telah menjadi bag dari keluarga besar MCI yg berhasil mensejahterakan puluhan ribu member2nya.. dan akhirnya berhasil membuat 1% penduduk Indonesia mempunyai kehidupan yg jauh lebih baik..
    MCI juga berhasil membawa kurang lebih 10.000 membernya jln2 keLN dlm waktu 1thn terakhir..
    MCI bisnis simpel.. tanpa topu tanpa memberatkan para membernya.. qt bekerja dg rasa senang.. tanpa ada paksaan…
    berbicara tentang Halal haram sistem MLM saya kira ga smua sistem MLM Haram.. krn harus dilihat berapa banyak manfaat dan mudharat yg ditimbulkan oleh adanya sistem tsb… bisa menjadi haram kalau lbh banyak mudharat yg ditimbulkan oleh MLM tsb..

  31. artikelnya sangat menarik, mengambil kisah nyata sudut pandang mb tini yang gagal melakoni suatu bisnis.
    kalok dilansir dari beberapa sumber MLM sendiri merupakan bisnis yang paling menguntungkan. saya bukan orang marketing atau bisnisman yang tau pasti bisnis MLM.
    agar jangan sampai salah kaprah tentang bisnis MLM mungkin temen-temen di atas sedianya mau membaca atau setidaknya mencari informasi MLM di sumber-sumber yang benar. Misal dari buku-buku managemen bisnis. Kalau mau :D.
    saya sendiri juga pernah gabung dengan bisnis MLM ini, mungkin sama dengan mb Tini. tapi ya dulu itu saya anggap cuma seneng-seneng karna saya juga masih di fase pembentukan jati diri. MLM memang butuh fokus kalau mau fokus dan saya jujur tidak bisa karna saya lebih milih fokus kuliah karna passion saya memang kuliah dan kebetulan saya kuliah di univ cukup bagus di DIY. saya gak terlalu ngoyo cari uang… ya karna kalok dipikir buat mahasiswa sy gak terlalu butuh uang yg bejibun-jibun.
    toh rejeki orang beda-beda dan sy milih bukan dengan MLM untuk mencari rejeki. dasarnya memang gak cocok dan sy lebih suka ilmu dikuliahan saya yg saya pake untuk menentukan masa depan.
    buat mb tini uang bukan segalanya mb. toh wanita gak diharuskan cari uang kok. mending nyenengin suami aja mb sama mendidik anak supaya menjadi orang besar.
    bangga kalok punya anak pintar dan bisa jalan-jalan ke luar negri karna pintar… 😀

  32. Halo.
    kenalkan saya Lavinia, mantan leader 9%.
    bonus sy 500 ribuan. tiap bulan harus belanja 600 ribuan.
    dagangan saya laku.
    kalau dilihat gitu aja seakan2 untung, pdhl saya buntung.
    duit belanja 600rb dari jatah bulanan suami di rekening.
    rekening saya 10 juta dan habis utk tupo bbrp bulan saja.
    dagangan laku sekitar 300ribuan itu aja bayarnya pd di belakang.
    (mana ada yg mau beli lipstik mahal kl ga diiming2i bayar di belakang?)
    konsumen sering kecewa ma produk, mahal kok jelek.
    tabungan terkuras, bonus 500rb habis buat bayar internet & nombokin orderan.
    Orderan yg ga laku buat bonus downline yg tupo (emang downline mau tupo kalo ga dikasih rangsangan bonus?)

    Setelah perenungan yg panjang, sambil lihat orang2 di MLM ini yg tiap hari upload foto narsis cantik & nyindir2 kerjaan orang, saya putuskan stop.

    Bisnis ini membawa kita pd pengaruh hedonisme, pemuja harta, kecantikan duniawi yg luar biasa.

    Bagaimana jika orang yg sudah kita sindir besok menagih pahala kita di akhirat?
    atau bagaimana bila downline2 kita tyt kerja keras & kita ga tau, nanti juga menagih pahala kita?

    Tolong pikir lagi. Jadi kaya memang kewajiban, tp masih banyak cara yg bisa dijalani, bukan dengan bisnis pemuja dunia spt ini.

    Percayalah, surga itu lbh indah drpd Dubai, London, dll.
    Umroh bisa kita capai dgn cara yg lain, bukan dgn bisnis ini.

    Sekian.

    1. saya jg skrg ga akan ikut yg gini2an lagi, walaupun ga pake sistem tupo jg ga akan

      kenapa?
      saya lebih melihat sisi cara berpikir teman2 yg sudah lama berkarir disana, lama2 mereka jd tercuci otak, teriming2 dgn bonus liburan ke luar negeri, dapat rumah, mobil…jadi terlena dgn yg namanya keindahan dunia, kecantikan, suka narsis sana sini…
      jadi melupakan sesuatu yg lebih penting lagi kenapa kita hidup disini
      saya mah takut aja klo lagi enak2 liburan tau2 dipanggil sama Sang Pencipta dan ditanya kamu dimatikan dalam keadaan apa 🙁

    2. mungkin anda jarang merekrut orang jadi anda cape sendiri, kalau anda merekrut orang anda akan sukses barebg2 pasti seperti saya
      surga memang lebih indah tapi kita juga perlu usaha agar didunia indah dan disurga lebih indah,
      bukan kah allah melihat dari usaha kita,,

      untuk menuju surga yang indah juga kita perlu usaha kan

  33. Haloo ibu2 mbak2 tante2..aku masih mahasiswa dan konsultan oriflame baru 3% . aq ga merasa tertipu tuh ikut join oriflame ini.. Soalnya kalau kita cerdas pasti bakalan dapet keuntungan kalau mau untung yha cari orderan bukannya order pribadi terus.. Tiap bulan aku tupo dan ga setiap bulan aku beli buat keperluan aku sendiri kadang malah poin nya sampai luber2.. Kalo uplineku sih ga selalu ngejer2 buat tupo , ga tupo ga masalah orang ini bisnis kita dan yang ngejalanin juga kita.. Walaupun gak tupo teteplah dapet untung lumayan buat jajan sehari2 apalagi kalau tupo bakalan dapet gratisan yang keren.. Jadi kalo ada yang ngerasa ketipu sama oriflame brarti yang salah bukan oriflamenya tapi pribadinya masing2… Mana ada sih bisnis yang cuman ongkang2 tanpa usaha bisa dapet uang banyak.. Setauku kalo MLM yang ngejual produk sama jasa itu bukan penipu.. Yang merasa ketipu brarti ga bisa usaha dan mau enaknya aja.. Terima kasih
    Semoga aku segera naik level !! Aminnn…

  34. Thanks tuk semua yg membuat “diskusi” ini, karena pada akhirnya saya dapat memberi keputusan untuk langkah apa yg harus sy ambil. Penilaian (evaluasi) saya mudah sekali, yaitu dari apa yg anda tulis dan bagaimana anda menyikapinya. 🙂

  35. Berbisnis itu butuh ketekunan karena setiap bisnis adalah unik. Pemikiran di tulisan ini adalah pemikiran yang umumnya ada di kita, bahwa MLM merugikan bagi yang baru masuk, barangnya mahal, akhirnya numpuk barang yang tidak terpakai.
    Kalau menurut saya,bu Tini pada artikel di atas adalah orang yang belum paham benar bagaimana melakukan bisnis di MLM tempat brliau bergabung. Harusnya ketika kita di-follow up calon upline, tanyakan detil seperti apa cara kerjanya, bagaimana Success Plan nya, seperti apa sih ketentuan yang berlaku. Setiap MLM punya sistem sendiri.
    Dan ketika dirasa tidak nyaman menjalankan, jangan lantas mentah-mentah berkata bahwa bisnis MLM adalah bisnis penipu. Coba dulu lihat, persentase yang sudah sukses, berapa lama mereka bergqbung, dan apa sih yang mereka lakukan. Apakah bisa sukses tnpa kerja? Kerja seperti apa? Merekrut jelas bekerja, mengatahkan downline belanja juga jelas bekerja.
    Dan perlu diingat, setiap bisnis, mupun MLM atau bukan, harus menjunjung kode etik bisnis. Jadi, mari kita berbisnis.
    Stay positive! 😉

  36. Gabung saya aja. MLM + asuransi unitlink. Resmi dan diawasi OJK. (Otoritas jasa keuangan).
    Cara kerja:
    – byr premi bulanan 350rb, seperti asuransi biasa. Sebagian utk biaya asuransi dan akuisisi, sebagian menjadi tabungan unitlink dgn pertumbuhan up to 20% setahun. Masa byr 5 thn. Dapat cover manfaat sampai usia 65

    -sistem 3 kaki

    – dari rekrut per polis dapat komisi +- 50000 sebulan di thn pertama, 25000 thn kedua, 12000 thn ketiga (bukan nilai fix).

    – dari pertumbuhan jaringan ada 4 macam bonus yang diambil dari 32% omzet nasional. Semuanya bulanan.

    Perush resmi bergerak di bidang perbankan.
    Itu cara kerja sepintas ya agan2.
    Kalau berminat hubunngi saya di 085727081808, pin 26c4c9b6.
    Ntr saya ajarkan semua yg saya tau soal cara jalannya sampai mandiri.

    Tq.

    -YoYo, 31thn-

  37. join punya saya aja. MLM + asuransi unitlink. Perusahaan resmi dan diawasi ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Cara kerja singkat:

    – seperti asuransi biasa, ada pembayaran bulanan berupa premi 350.000 per bulan yg sebagian digunakan utk biaya asuransi dan akuisisi, dan sebagian lagi menjadi tabungan berupa unitlink dengan pertumbuhan UP TO 20% per tahun. Masa bayar 5 tahun. Dana tabungan unitlink tentu saja dapat dicairkan kembali beserta bunganya.

    – sebagai member dapat merekrut member lain, utk setiap member yg bergabung dapat komisi 50.000 per bulan di thn pertama, 25.000 di thn kedua, 12.000 di thn ketiga. (bonus langsung bulanan)

    – jika member anda yg merekrut, ada 3 macam bonus jaringan yaitu bonus posisi, bonus level, bonus r0yalti yg diambil dari 32% omzet nasional dan dibagi rata utk tiap posisi sejenis.

    Kesimpulan : cover manfaat dapat, lnvestasi dapat, income lebih dapat lagi

    Minat add 26c4c9b6. saya ajari cara jalannya

    TQ

  38. Wahh, kasihan ya jeng Tini…banyak yang menyalahkan ngga teliti lah, ngga banyak tanya lah…padahal kenyataannya:

    1. Orang Indonesia rata-rata ngga kritis, banyak yang mudah ikut2an.
    2. Hampir semua perekrut menawarkan janji2 surga dan manis di awal sehingga calon member kurang waspada tentang resiko.
    3. Perekrut kurang jujur dari awal kalau kerja mlm itu bisa menguras waktu jika ingin menghasilkan jumlah signifikan.

    Jadi, buat teman2 yang sudah aktif di mlm tolong utk selalu jujur dan informatif agar kasus Jeng Tini tidak terulang lagi. Jalankan bisnis dengan baik agar barokah.

    Buat mlm ‘haters’ hehehe…mau menentang sampai berbusa2 pun mlm akan selalu ada dan ‘menghantui’ kita semua. Percuma juga marah2, pelaku bisnis mlm sepertinya selalu punya jawaban.
    Kalau tidak suka mlm berwirausahalah, kalau sudah punya pekerjaan tekunilah pekerjaan anda krn kalau semua berbisnis siapa dong yang jadi karyawan?

  39. Selamat siang ibu ibu (^_^)

    perkenalkan sy mini (jogja)
    oyaaa apakah sudah pada pernah mendengar produk moment?

    sy mau menawarkan kalo ada yg minat untuk join Moment..

    bisnis ini terhitung masih baru..jadi ambil ksempatannya…

    dptkan bonus harian dr moment..

    Produk moment aman, herbal, tanpa efek samping, halal, BPOM…

    disini tidak ada target, tidak ada tutup poin kaya MLM lain…

    jadinya enjoiiii…. 😀

    barangkali ada yang minat untuk join bisa hubungi saya :

    Miny (Jogja)
    Moment ID 8129279
    PIN BB 2901356E
    WA 087838561229

  40. saya dlu smpt ikut smpe level 3% dan udah py downline bberapa.Mreka awalnya tergiur juga dengan bonus. Upline ku memang tiap bulan selalu memotivasi biar bs naik level. padahal jualan gak selalu laris. Untungnya dia bukan tipe yg terlalu menuntut/suka nyindir. Tapi emang jeleknya iming2 bonus yg ditawarkan cenderung menggiurkan dan malah bikin kita jadi agak memaksa diri sendiri dan orang lain untuk beli produknya biar bisa tutup poin. Akhirnya tak terasa nguras kocek sendiri, jadi lebih konsumtif..mbujuk2 org juga buat beli, padahal gk butuh, jadi beli ini itu. Banyak pula yg ngrasa produknya mngecewakan, kadang udah lama bgt antri ambil barang/nunggu barang dtg dari upline eh ad yg salah/kurang. Emang rasanya waktu dan perjuangan yg dihabiskan gk sebanding sama bonus yg didapat. Sekarang join lagi krn diajakin temen tapi udah gak mau ngoyo rekrut member,kasian kalo emang gak jiwa bisnis cuma tergiur bonusnya ntar mreka malah rugi sendiri. Sekarang cuma jualan kalo ad yg mau beli, itupun jg agak susah karena ada potongan untuk minimum order. Intinya join MLM kalo terlalu ngejar bonus jatuhnya emang mengajak orang jadi konsumtif, byk jual mimpi manis, bs jadi *menipu* orang dg produknya (krn byk yg kecewa).. Makanya harus hati2 sm orang MLM karena ada bbrp oknum yg jadi menghalalkan segala cara buat ngejar target. Intinya menurutku sah2 aja ikut MLM, krn ttp ada positifnya, dan alangkah baiknya untuk ujur ke pembeli/calon downline, jelasin gk cuma bagusnya, tp jeleknya juga. Jadi pembeli dan downline gak merasa tertipu.

  41. Ak ikut ori***me sih, tp nggak ngoyo. Awalnya ikut karna tergiur iming2 temen yg ud dpet bonus bulanan 1.500.000.. Stelah jd member, baru deh tau aslinya gimana.. Hehe.. Walopun sepertinya dpet bonus 1.500.000, tp dy banyak kluar uang juga untuk tupo dan tupo-in downlinenya hehe.. Akhirnya ak putuskan untuk jd member aja tp ga ngejar target untuk rekrut downline.. Karna ada beberapa brang yg cocok kupake.. Oh iya, yg ak kurang suka sih, temenku ini kadang kadang omongnya kebesaran, ga sesuai realita gitu.. Misalnya, dy kmrin ikut aemdir ori***me di bandung, pdhl tiket itu dy dapat dr uplinenya yg ga bs berangkat.. Trus dy juga keluar modal untuk tiket peaawat yg cukup mahal, plus tiket suami dan anaknya.. Tp di fb dy ngomong seolah2 itu liburan gratis dr ori***me dan disponsori oleh ori***me plus bs bawa anak dan suami jalan2 pula… Hadehhh.. Pdhl duit pribadi yg dy kluarkan untuk ikut semdir itu banyak banget.. Hehee..lucu ya

  42. maaf numpang promo..
    khusus untuk 500 member pertama akan mendapatkan pulsa all operator 50rb selama 10 bulan alias daftar lsng balik modal (no tupo,no jual,no belanja bulanan),buruan mumpung masih baru baru 90an member.minat chat me 53825a2a or wa/sms 081225460862 bisa lihat di http://www.pulsaini.com
    Trims

  43. Sebaiknya memang lebih bijak dalam mengelolah keuangan apa lagi yang penghasilanya berdasarkan suami saja.. saya pun seperti itu awal nya tertarik dengan bisnis yang ditawarkan teman saya yang sudah dapat penghasilan 4jt lebih dalam 1 bulan. Namun, saya mulai berfikir dengan penghasilan suami saja smua hanya bisa dalam kategori cukup jika ditambah biaya wqjib beli kosmetik rasa nya amat disayangkan.. lebih baik saya menabung untuk dana pendidikan anak saya.. saya mulai menabung perhari 25rb.. Puji Tuhan saat anak saya beranjak memasuki dunia pendidikan saya tidak perlu khawatir lagi..

    Cukup menabung 25 rb saja saya bisa mendapatkan berbagai keuntungan..
    bisa mendapatkan perlindungan jiwa, perlindungan sakit kritis untuk anak saya dan juga inveatasi 15%..

    Saya melakukan analysis selama 5 tahun kebelakan berapa nilai investasi yang bisa didapatkan.. 103 % nilai investasinya.. cukup angka yang lumayan cuma dengan menabung 25rb setiap hari..

    kalau ada yang mau tanya2 bisa hubungi saya Thatha (08561139699)

  44. Saya sangat heran…??

    Ada peluang semudah di Athena Star Indonesia…

    Sudah bertanya ini itu , eee…akhirannya “Ok saya pelajari dulu”
    maunya apa yang dipelajari?? nggak capek apa belajar melulu..??
    SD 6thn , SMP 3thn , SMU 3thn apalagi yg sampai kuliah…..
    ‪#‎Tepuk‬ jidatt 7x

    – Modal sak iprit ..prit..prit…
    – MPlan sangat simpel… pel ..pel..pel …
    – Payoutnya guedhe biangettt…….
    >> Sponsor 21%
    >> Pasangan 21%
    >> dan reward 1jt – 1,5M

    – bisa 100% via online sambil fb-an atau “Senam Jempol” bb-an

    Ada tuch ibu2 di sebelah yang modalnya juta2-an aja, pada semangat ekstrim luar biasa….

    Udaaaahhhh….

    Buruan segera daftar Free Register….
    http://athena-star.net/TREND2015
    Id sponsor : AS334008

    1 HU = 98.000,-
    3 HU = 294.000,-
    7 HU = 686.000,-

    Go 1jt perhari…………………….

  45. Saya br kurang dr seminggu gabung MLM Oriflame & berniat walk out. Alasannya, saya pribadi krg cocok dgn sistem yg mengharuskan untuk Tupo tiap bulannya dgn iming” reward lipstick sampai trolley bag, which is menurut saya kurang sepadan. Kalo di dunia bisnis memang target itu wajib ada, tapi target Tupo di Oriflame ini saya krg sreg. Di luar Oriflame saya punya bisnis percetakan, memperkejakan bbrp karyawan, memang skala nya masih blm besar sekali tapi Alhamdulilah saya enjoy & sdh berjalan bertahun”. Yaa saya anggap saya tdk cocok gabung Oriflame. Dalam hati, saya tdk Akan mau memaksa teman saya sendiri untuk membeli produk Oriflame agar saya bisa Tupo, rata” mereka memang tdk cocok dgn produk kosmetik itu, kebanyakan krn allergic. Saya sendiri jg tidak mau memaksa diri sendiri utk Pindah kosmetik atau jd malah konsumsi Oriflame Demi Tupo. Harga sih masih bisa kebeli, tp produknya menurut saya tdk bagus” bgt sampe saya hrs switch to Oriflame. Buat saya sama aja pemborosan, sama sekali tidak Smart shopping.
    Akhirnya saya pikir, mending waktunya saya pakai utk lebih menguatkan bisnis percetakan saya sendiri, ngobrol sama karyawan, selesai kerja bisa hang out sama keluarga, olahraga, dll
    Okay ibu” saya cmn sharing aja, semoga tdk ada yg tersinggung 🙂

  46. Ijin sharing juga… saya pribadi akui sebenarnya mlm ini (sama dgn mlm jenh tini) untung2an kita dapet upline. Saya sudah 3x gabung mlm dimaksud, yg pertama dan kedua upline saya yaaa sperti upline jeng tini. Nasib sy juga mirip jeng tini, tabungan 4 juta hsil jual perhiasan bablas…baliknya berupa bonus bonus barang. Buat dijual lagi susahnya minta ampun, semua pada minta diskon besar krn pada dasarnya mrk tau saya baik.

    Orang ngutang sampe 3 bulan tak kejar2 begitu bayar malah ngutang utk bulan berikutnya. Ngenes sih… susah payah dapat 2 downline eh merekanya juga saya yang bantu tupo. Nawarin sana sini yang ada malah kebanyakan udah jadi member, manalagi pada minta bayar seharga member, produk produk favorit sering kosong pula. Oaaalaaaahh… akhirnya sy nyerah.

    Join yg ketiga kalinya, sy udah kerja jd pns, sy dpt upline super. Memang rejekinya kali ya, sama upline yang ini saya sering tupo, bonus2 produk juga banyak. Tapi ga menampik kalo masyarakat udah pada tau soal harga member, ga ngasi harga member disangkanya pelit. Saya akui produk2 mlm ni ga smwa bagus, yg favorit ato diskon sering kosong. Upline saya ni mmg garis tangannya bagus, tanpa dia koar2 orang nyari dia. Tapi yaaa…saya emg ga bs kyak dia, pencitraan di socmed jalan jalan ke dubailah kemanalah…muji2 mlm ni, pamer mobil cicilannya dari hasil bonus mlm ini.

    Rejeki udah ada yang ngatur. Saya pribadi ga puas dengan mlm ini, alasannya simple, produknya mahal. Ya memang sih namanya jg produk luar negeri kualitas tinggi, hehehhee tapi itulah sekedar curhat saya. Masih 50-50 , pas orderan bnyak dan bisa tupo tapi stok kosong, disitu sering saya merasa sedih. Oh yaa…sy rekomen bgt sm bodycream dan parfum mlm ini terutama pas diskon, selain tu…

    Btw, terkait cuci otak… trgantung karakter orang ya, sy jg sbg sesama member kdg geli liat status lebay2 ato trlalu pamer harta di sosmed. Memang tujuan buat promosi tapi kalo berlebihan, orang bisa takut liat kita jalan bawa katalog. Yang ada bukan nambah temen malah bikin temen ngejauh. Cmiw yaaa…hanya curhat anak bawang

  47. Kalo sy perhatikan, teman2 yg ikut di oriflame ini banyak yg terindoktrinasi dg gaya oriflame. Semua pd bikin status yg sifatnya pamer di facebook. Pamer transferan duit utk menunjukkan bukti bahwa bisnis oriflame ini nyata. Pdhl biasanya bisnis yg baik itu umumnya tdk banyak pamer, lgsg terlihat hasil. Kalo pamer2 seperti ini kesannya nggak banget.

    Semua jg bikin status motivasi: jangan menyerah, pantang menyerah. Seolah2 bisnis oriflame ini sangat susahhh. Pdhl gembar-gembornya bisnis ini mudah, bisa dimana aja dll. Yg terjadi: ternyata bisnis ini benar2 susah, penuh trik dan akal bulus utk mendapatkan downline dan membina downline.

    Semua status2 di facebook sbnrnya bikin yg lihat merasa kasihan, paling ga sy lihatnya begitu. Kok kesannya susah banget mau dapetin penghasilan layak yg katanya sangat mudah itu.

    Ya mgkn ini yg sy lihat. Bila ada yg sukses, menurut sy itu sangat sedikit dan harus sangat tebal muka dan rela mengorbankan prinsip2.

  48. Saya juga pernah coba joint oriflame, hanya sebulan doang aktifnya. Tujuannya ingin mempelajari seluk beluk bisnis ini dan melihat celah gimana sih bisa sukses melalui bisnis ini serta mencoba berfikir dari sudut pandang bisnis devepolment nya.

    Akhirnya saya berkesimpulan:

    1. Bisnis ini tujuannya bukan supaya member bisa jualan, tetapi supaya member memakai sendiri produknya. Buktinya, member lebih ditekankan mencari downline ketimbang menjual secara eceran. targetnya bukan penjualan, tetapi mempengaruhi orang supaya terpaksa pakai produknya dengan kemasan bisnis. Semakin banyak member, semakin bagus bisnisnya. Seorang member yang paling kere sekalipun akan berusaha membeli produk tsb, walau cuma sebuah lipstik. Bayangkan jika ada 1.000.000 member dan masing belanja sekurangnya 500.000 per bulan. Mereka sdh dapat omset sebesar RP 500.000.000.000. Jadi, jangan terkecoh. Anda bukan sedang dibantu berbisnis, tetapi sedang dipaksa memakai produknya. Dalam skala kecil saja, kita upline yang sudah punya downline 100 orang misalnya. Jika masing2 downline tsb belanja sendiri saja senilai 500.000, bisa dipastikan kita bisa tutup point, naik peringkat dan dapat bonus. Mudah saja kan?

    Tapi pertanyaan selanjutnya, kembalikan ke hati nurani kita. Lihat member yang blm punya dowline lagi. Layak ga sih ngeluarin kocek 500.000/bln utk belanja produk oriflame dg alasan kualitas. Contoh tadi ada yang bilang sabun 2.000 jadi 20.000. Apakah kita tidak sedang dipecundangi kapitalis. Apakah belanja tsb karena benar-benar puas dengan produknya atau terpaksa? yuk tanya hati nurani masing-masing.

    Kalau jawabannya ngga worth-it, jangan paksa orang lain untuk menggunakan produk tsb demi keuntungan pribadi. Disini letak haramnya. Di bisnis ini, pengguna produk lebih banyak (lebih dari 70%) karena terpaksa ketimbang sukarela.

    2. Ngga ada bonus kalau ngga kerja.. hmm.. terdengar fair yah. Nah kalao ujung2nya mesti kerja keras juga, kenapa MLM? Punya Modal Rp 3.000.000 dipake buat beli jilbab Z*ya atau Ra**ani, trus ngider dan diecer ke ibu2 Arisan komplek, temen sekantor, temen sekolah anak, pengajian dll, bisa dpt bonus langsung 30%. Syukur-syukur laku semua udah dapet untung Rp 1.000.000, plus pahala pula. Yang belanja juga happy, yang jual juga happy. Ngga pake tutup point2an.. ga pake dimusuhi temen, ga pake lebay dan narsis.. ujung2nya cuma berhasil diangka 9% dan dapat bonus Rp 500.000. Banyak yang dicuci otaknya. Ibu-ibu cantik, necis, suami berkecukupan tiba-tiba girang jejingkrakan begitu ada transferan Rp 500.000 ke rekeningnya.. oowww hebat udah dapet bonus, demikian puji upline nya. Si ibu lupa kalau tukang setrika pakaian dirumah aja yang kerjanya tiap hari cuma 2 jam bisa dapet kalo segitu doang mah.. beda di status aja, yang satu judulnya “pembokat” yang satu lagi judulnya “konsultan kecantikan”.

    3. Modal cuma Rp 40.000. hmm masak sih. Cuma modal katalog gitu. belanja sendiri ga dianggap modal ya. Tips saya kalau benar-benar berniat sukses dan menekuni bisnis ini adalah justru di modal. Benarni keluar modal, Insya Allah bisa maju. Apa saja itu:
    – Beli semua sample produknya
    – Beli katalog yang banyak
    – Siapkan budget transportasi
    – Kursus kecantikan untuk make up
    – Siapkan waktu dan tenaga

    Overall setidaknya butuh modal awal s.d Rp 10.000.000,-

    Dengan modal tersebut, tekuni promosi via seminar-seminar kecantikan di kampus, perkantoran, arisan, pengajian, dll. Lakukan rutin minimal 3x dalam seminggu. Target sekali seminar bisa merekrut min 2 member dan menjual produk s.d Rp 1.000.000,-. Pasti akan cepat dapat CRV.. percaya deh. Ini baru kerja namanya. Ga pake dimusuhi temen.

    Tapi saya sih ngga minat ngejalanin bisnis ini karena saya ga sreg sama produknya. Balik ke point 1 lagi. Member yang berhasil kita recruit pada akhirnya akan terpaksa belanja produk tersebut. Kalau saya aja ga suka, kenapa harus maksa orang lain suka demi keuntungan pribadi. Nggak deh.. Idealis aja sih.

    Demikian, salam sukses..

    DY

  49. kalo mau bisnis mlm pastikan kita menggunakan produknya, tidak perlu rekrut member,tak ditarget dan cari yang murni berjualan, usaha boleh tapi jangan memaksakan

  50. Had uh koq mlh ribut disini ya…
    Begini pendapat org berbeda2 mengenai mlm seharusx sebelum gabung pelajari dulu sistemx…gak asal join aja apalagi bisnis yg diharuskan jualan. Tolonglah sailing menghargai kl comment..bisnis kan beda2 ada yg mom jualan produk, Bosnia invest, Bisnis membantu yg atas2, Bosnia forex. Ya jangan disalahin bisnisx, ya orangx aja yg ha ho..uda tau gak punya sosialita masih mau gabung…orang berusaha cari duit utk kebutuhan hidupx seberapapun dia dapatkan kl penuh dengan rasa syukur alangkah nikmatx.. jadi jgn saling memghina..

  51. Semua MLM pada dasarnya sama yakni menguntungkan upline, jual produk dengan harga yang tidak masuk akal dan belum tentu kualitasnya lebih baik dari produk yg biasa ada di pasaran

  52. Yang pengen penghasilan perbulan mari gabung di MLM kita, selain bonus ada reward nya juga lhoo.
    Diantaranya Scoopy, mobil, jalan2 ke luar Negeri, dll.
    Mau ikut dengan saya tahun ini ke Vietnam??? GRATIS!!!!
    Moreinfo :
    081326522533
    Pin :7D94467D
    Line : fitrylubiss

  53. hay semua,,,
    oriflame…
    pasti tau dong bisnis yang menjamin untuk sukses dengan modal yang sangat murah…
    bisnis ini berdiri sejak 1968 dan sudah ada di 63 negara di seluruh dunia wah..udah hebat banget yh, jadi ga perlu ragu buat menjalankan bisnis oriflame ini gaperlu stock2 dan ngeluarin modal2 yang gedee banget ehh ntar ujungnya malah gaada yang beli, rugii dong!!
    mending bisnis oriflame belanja kalau ada yang mesen jada kemungkinan kecil untuk rugi.
    tupoo…
    tupo itu tutup poin yang kalo dioriflame sih usaha kita selama satu bulan yah dibayarnya sebesar usaha kita selama sebulan tersebut nah hebat yh bisnis oriflame sudah terncang sebaik mungkin loh usaha dibayar dan yang gausaha yahh ga akan merasakan enaknya bisnis oriflame.
    itulah bisnis oriflame yang sistem bonusnya jelas dan halal 100%

  54. Halo semua perkenalkan nama saya fajar dri sby, aku sih gk tahu ya apa itu MLM, banyak tawaran sana sini yg ngajakin aku, smpe akhirnya aku dipertemukan allah sama sebuah perusahaan multi nasional yg bergerak di bidang kesehatan, ya mgkn bisa dikatakan MLM lah ya, tepatnya januari 2015 saya akhirnya tertarik utk join di bisnis ini. Namanya pertama kali ya pasti jdi org bodoh bgt dunk, apalagi tiap bulan ada tupo hadehh gimana ya caranya. Karena tekat dan gk mau main main, akhirnya aku memutuskan utk fokus di bisnis ini smpe akhirnya di bulan mei 2015 tepatnya bulan lalu (skrg saya tulis ini bulan juni 2015), saya bisa upgrade ke level dimana emang saya hrus masuk pada level ini. Saya upgrade level ini sbut aja ini sbg member MS (mobile stokiest), saya upgrade tanpa pake modal sepeserpun dgn cara mengumpulkan smua pembeli lgsg upgrade, allah emg luar biasa memberikan aku 2,1 juta hnya dlm wktu kurang dri 3 jam. Setelah aku upgrade, aku pelajari bener2 apa yg membuat bisnis ini beda dgn MLM yg lain, knp hrus tupo, knp hrus rekrut member? Smpe akhirnya allah lagi memberikan saya ilmu pikiran yg positif dan mengetahui resepnya dan bisnis ini bener2 luar biasa.
    –bagaimana cara kita tupo supaya tidak keluar uang belanja bulanan? Aku share aja, di bisnis ini tupo hnya butuh 200pv saja smntara utk tupo uang yg hrus dikeluarkan sebesar 750 ribu/bulan.wouww bnyak ya?? Iya, tp kalo kita smgat,cerdas,dan percaya bahwa allah itu ada, hal itu akan mudah, gm caranya? Kita sisihkan hasil penjualan modal awal tadi dan tidak usah dipakai utk keperluan lain hnya utk modal tupo tiap bulan jdi modal 2,1 juta saya untung 800 ribu, 750 ribunya saya puter terus menerus. Dan dahsyatnya lagi omzet kita di perusahaan terhitung naik dan kita dpt bonus smpe 4% dri omzet kita,. Jadi modal 750 ribu tdi bisa omzet 7,5 juta dan dpt 4%.bisa bayangkan kan?? Hehehe itulah trik yg bisa aku bagikan utk tupo..

    –itu mash 1 bonus blm bonus lainnya. Bisnis apa sih ini? Ya, HWI (health wealth international) itulah bisnis yg saya tekuni hingga saat ini, dan saya tdk pernah sdikitpun menyesal bahkan rasa bersyukur yg luar biasa yg saya panjatan kepada allah swt….walaupun bonus bulanan saya saat ini msh 500 ribuan, saya yakin akan bergerak naik hingga 1 th kedepan krn HWI memberikan sgalanya utk saya…

    Jika anda mau tahu lbh bnyak lagi tntang HWI ini hub saaya di 085649904581 pin bb 330E226F

    Barangnya mudah bgt dijual, gk prlu untung bnyak, kejar bonusnya, apapun itu bisnisnya jika kamu malas dan gk mau kerja keras dan berkorban serta blajar dri gagal smpe kapanpun km tidak akan prnah jdi org yg sukses dlm bersyukur atas nikmat -NYA. Skian dri saya jgn prnah takut utk kehabisan downline krn keturunan kita tiap tahun bertambah, allah maha penyayang, allah maha adil.

    Cintailah produk indonesia HWI GO INTERNATIONAL TOGETHER WE GROW terima kasih.

  55. Bisnis apapun sebenarnya pada umumnya bagus bagus yg menjalankannya.. saya saat ini ber
    gerak d dunia asuransi… modal cerita, mau belajar dan punya hati
    Buat bantu orang secara finansial.
    Bagi ibu-ibu yang pengen sharing tentang asuransi … kontak saya di 081381758150…trims

  56. Baca Status dari Awal sampai Akhir Ada yang menghujat, ada yang mendapat manfaat. Pada intinya, 55 juta pengguna internet aktif di indonesia adalah pasar potensial dalam mengembangkan MLM. Para pengguna juga menginginkan bisnis sampingan yang menghasilkan. Semoga anda lebih bijak jika ingin berbisnis MLM, Simak baik2 sistemnya. Konsentrasi Jual Produk atau rekrut member? Kalo konsentrasi jual produk, jadilah pedagang yang baik agar dagangan anda laku. Kalo Konsentrasi rekrut member, Tinggalin aja deh, itu mah cuman jualan mimpi.
    >>>>BTW, silahkan Mampir n like Fans page saya ya : https://www.facebook.com/SolusiWanitaMuslim

  57. Logika aja…..

    Perusahaan yg bener itu ya yang bikin perusahaan bener, yang jualan beneran, bukan nawarin via mlm

    Kalo ada yang nanya kenapa suplemen moment didaftarkan sebagai makanan dan bukan suplemen… Tanyalah ke upline dan calon upline masing2. karena sejauh ini saya bertanya, tidak ada yang bisa jawab.

    Kasian ya..uda byr mehong mehongg…ehh gtau nya diakui sbagai mknan

    Produk Moment bukan Obat tapi bikin sehat
    Produk Moment bukan Kosmetik tapi bikin kulitmu cantik luar dalam. Moment bkn obat tp bs menyembuhkan sgla penyakit

    Kebayang ga si lo??? Obat yg jelas jelas obat blom tentu bs nyembuhin penyakit…

  58. Mlm hanyalah salah satu cara untuk memutar modal kecil mjd berlipat-lipat yg plg ampuh dan diakui. Sama saja dgn bisnis pd umumnya dimana selalu hy 1% member yg berhasil, 99% akan gagal. Kalau anda mau berhasil di MLM, pelajari pola sukses MLM, sekali anda tahu itu: mlm apa saja anda jalani anda selalu di trek 1% yg berhasil. selama anda hanya pake logika anda sendiri, sedari awal anda sudah menempatkan diri di kelompok gagal 99%. MLM sangat tidak bersahabat dgn LOGIKA karena logika itu kontraproduktif dgn konsep MLM yg butuh keseragaman. Anda boleh percaya boleh tidak tetapi puluhan MLM yg anda jalani sudah membuktikan itu, bukan? Skrg ini jaman MLM Online, tanpa doktrin, tanpa pertemuan, dsb. semua bebas pake logika sendiri, tetapi brp persen yg sukses di semua MLM Online yg ada? ONLY 0.5%. Silahkan cek saja brp top income? brp penerima reward? Ironisnya, duit dari 99.5% yg gagal itulah yg bikin 0.5% itu sukses besar he he. knp? karena segelintir itu tau POLA SUKSES MLM (90% non logis, 10% logika promosi). Silahkan googling utk cari tahu rahasia ini, tanya langsung ke para Top Income: apa sih resep suksesnya? koq tiap MLM mrk selalu leading di dpn? pdhal caranya idem-idem aja-sama-sama promosi,tp koq hslnya beda ya? Itulah efek Pola Sukses MLM.

  59. MLM selalu begitu…

    Dikira modal sedikit padahal banyak

    Dikira waktunya cuma part time padahal full time

    Dikira Mudah Untung padahal Buntung

  60. Setuju banget dan tulisan yang sangat menarik. Rata-rata memang MLM itu sprti itu, kalau kita gagal bilangnya kita gak ikutin sistem (kerja rodi). Contoh MLM kosmetik itu memang real, 600rb untuk tutup point, susah menjual tinggal pake sendiri sampai eneg.

    Lebih hebohnya lagi, kalau ada complain jarang bgt dihandle ngmngnya gampang “BARANG YANG UDAH SAMPAI GAK BISA DITUKAR ATAU DIREFUND KECUALI WARNANYA BEDA” jelas2 lipstik warna MERAH CABE jadi PINK.

    Intinya MLM dengan predikat “BISNIS SENDIRI” itu bullshit, padahal actualnya situ direct marketing dari sebuah perusahaan. Kalau bisnis sendiri, situ yang nentuin sistemnya, barang yang dijual, harganya. Bahkan namanya waralaba pun sistemnya gak kyk remote control.

  61. Ibu ibu jangan khawatir….gabung aja di bisnis nu skin. Marketing plannya jelas, ada cashback n komisi bulananya. Hub saya di 085270744567/085296311790

  62. Wah cerita yang menarik 😀
    Oh ya, dari cerita yang saya baca “Korban MLM” Saya tertarik mengadopsi cerita tsb. dalam bentuk Film pendek…
    Bolehkah, Mbak Ken Dedes, cerpennya saya adaptasi ke bentuk Film ?? 🙂

  63. Cerita yg bagus n lucu hahhha.

    Biasanya yg plg berhasil dlm jenis bisnis mlm gt adalah 1-10 manusia pertamanya. Kemudian 10-15 d bawah mrk mungkinlahh berhasil. Selebihnya? Tehaha…tahapa hapa..ntah apa apa… Ntah ape ape ntah opo opo….

  64. kwkwkw lucu baca blog ini klo gak bisa kejar target. bisnis mana pun akan bangkrut. klo gk bisa tupo itu salah kamu, sistem emg kayak gitu. bayangin aj kmu joint ampe berjuta2 klo gak bisa kejer target masih di suru jualan kok bahkan lebih mahal produknya gak semua org perlu. klo kosmetik semuaa org perlu siapa yg gak mau cantik.
    pleaseee dehh perusahaan gak salah jgn nyalahin perusahaan. klo gak ada penjualan bkalan bangkurt tu perusahaan. mending oriflame joint nya murah bahkan ampe gratis.hadiah banyak.keuntungan per produk. bkn dri rekrut.harganya mahal wajar aj produk luar skrg aj rupiah ampe 14rb/dolar.klo mau yg murah di emperan aj.
    hahaha yok mau tau gabung aj di oriflame .hub 08989169051 invite pin 56be9e3

  65. saya no comment deh masalah MLM. tapi buat ibu-ibu atau saudara2 yang ingin mendapatkan penghasilan lebih, tanpa harus cari down line, ga perlu jualan, bisa dikerjakan dirumah dan ga perlu waktu banyak, banyak promonya, dan pasti di bayar. saya coba sarankan untuk bergabung dengan kami.saya adalah buktinya sendiri, untuk informasi lebih jelasnya klik aja link berikut (ada testimoni dan bukti penarikan “bukan rekayasa”):
    http://www.sentrainvestama.com/?r=wahyujaya

  66. 95% of people fail at everything they do… MLM, like any business takes work. In a netwrok marketing company you market to your network. If you have no one in your sphere of influence who likes you and respects you enough to be your customer or work with you, it is extra hard. I’ve made a lot of money at it over the years and I work hard. It’s like anything else. I like it because of the time flexibility, the low start up cost, the international potential, the residual income, etc.

  67. kalo di Labakun Inshaallah bisa lebih baik, karena bukan MLM, Investmen, Arisan Berantai. tetapi disini sistem bagi hasil kepada semua Mitra. dan konsepnya komunitas yang dikemas dalam bentuk Komunitas Bisnis Media dan Advertising. terdapat fasilitas untuk usaha mandiri, minimal bisa mendapat ilmu tambahan mengenai wirausaha di Forum Waralaba.
    Silahkan kunjungi http://www.labakun.com
    kontak sy di erwit.m@gmail.com

  68. Boleh ya sumbang pendapat,yg namanya multi level marketing. Ada kata marketing didalamnya.yg artinya pemasaran.jadi dlm pemasaran itu selalu ada target penjualan.nah dlm MLM,target penjualan terkecilnya adalah tutup poin tersebut.nah kenapa ikut bisnis multi level marketing kalau memang tidak dipasarkan barangnya?

  69. tanpa biaya registrasi sepeserpun produknya semua orang pasti butuh (PULSA) minat ?
    call me Wassap 087883250918

  70. Sebenernya tidak semua MLM kejam dan harus rekrut harus tupo spt itu. FM Group salah satunya, saya dl paling males menjalankan MLM. tp FM group beda. barangnya kualitas dunia, harganya terjangkau. kudu tutup poin 100? 200? 300? NOPE!! target kita sendiri yang bikin. ga 100 poin ga masalah. bahkan cm 18.36? engga dimarahin upline lah. kita disini bener2 bisnis mandiri. produknya apa sih? produk utama kita PARFUM. PARFUM FM diproduksi di satu pabrik dengan parfum branded dunia macam gucci, bvlgari, hugo boss, kenzo dll.harganya start 198.000. bayangin parfum kelas dunia terjangkaunya bukan main.

    akh kalian kudu sukses bareng kita!

    salam,
    133033609
    081249777609

  71. Bisnis makanan aja. Bisnis cireng salju mang bonju. Murah mudah dan menguntungkan..jualan produk yg berkualitas..bkn MLM ya..

  72. Karena websitenya adalah sharing disini.com
    ,maka perkenankan saya memberi pandangan saya..

    Pertama,MLM adalah bisnis..,
    artinya sebelum anda masuk sebuah MLM maka anda harus melihat profil perusahaan,produk yang di jual apa…

    jika menurut anda meyakinkan dan harga produknya sesuai dengan kualitas produk secara objektif..(artinya objektif: benar-benar jujur)

    contoh kebayakan sistem MLM ,harga pasaran sebuah kosmetik 20.000. tapi di MLM harganya 200.000,padahal komposisinya sama..

    maka itu ga worthed,artinya ini cuma fokus untuk kedok nguras uang orang..

    sederhananya:perusahaan untung,produknya laku,para pemain MLM untung karna ada 180.000 per produk yg bisa di bagi-bagikan,

    konsumen dirugikan karna kualitasnya jauh dari harga.

    Jatuh-jatuhnya jadi serakah,akhirnya bohongin orang banyak biar bisa join dengan iming-iming mobil mewah,rumah dan lain sebagainya..

    Ingat MLM adalah bisnis…jika ingin sukses di bisnis,maka harus kerja keras.
    Jadi,bullshit kata-kata passive income,jika anda tidak berjuang merintis di awal,,tapi satu catatan penting “JANGAN BERBOHONG”, hanya karna keserakahan banyak yang bohong tentang income atau bonus yg sudah di dapatkan..

    inilah salah satu penyakit pelaku MLM, berbohong untuk mengiming-imingi calon lain agar join…

    Ini yang buat rusak persahabatan,kekeluargaan,pergaulan dll.

    Ingat,hidup bukan hanya mengenai uang saja,tapi sebagai manusia,hati nurani kita harus kita jaga…

    Presentasikan secara jujur,jika pun calon tidak join,Tuhan akan memberi jalan bagi hambanya yang tetap sadar bahwa rezeki datang dari Pemberi rezeki yang mencintai orang yang berjuang dengan nurani,dan akan melipat gandakan dengan kebahagiaan,keluarga,kesehatan,kedamaian dan banyak lagi.

    Kita akan sukses dengan cara yang berkelas.

    Kedua,MLM adalah bisnis.artinya
    Menjalankan bisnis agar sukses maka kita harus PROFESIONAL.

    Jangan seperti pelaku MLM lain,seperti amatiran yang mata,hati,pikirannya ditutupi oleh bonus-bonus sehingga berperilaku rendahan agar orang lain join dibawahnya..

    Menawarkan secara sembarangan,mendesak-desak,merendahkan pekerjaan orang lain,sikap menyombongkan diri,padahal sama-sama masih punya kreditan motor.

    See…jadilah PROFESIONAL,hargai diri anda,hargai bisnis anda,serap ilmu berbisnis yang terbaik sebanyak-banyaknya(dalam hal ini bisnis MLM) selanjutnya bekerja keras dan smart dan dibarengi hati nurani yang tulus,untuk sukses di jalur kejujuran.

    Tuhan mencintai anda.

    -Julius 🙂

  73. Aku uda cobain dr berbagai macam produk mlm …. pernah putus asa sih iya … tp alhamdulilah skr dapet mlm yg pas dihati ..

    Salam sukses

    5A7F0125

  74. Hahaha… oriflame emang bikin bangkrut tiap bulan harus tutup poin minimal 700 ribu…kualitas produknya juga jelek tidak sebanding dengan harganya yg selangit…masih bagus kualitas kosmetik merek lokal… sistem MLM cuma nguntungin para leader…. downline cuma bisa gigit jari

    1. Saya coba-coba pakai shampoo oriflame. Beli harganya 40 rb lebih klo ga salah. Ceritanya bantu ponakan biar bisa tupo. Tp aduh itu shampoo malah bikin rambut kering dan kaku kayak ijuk. Terus malah jadi ketombean. Mending beli shampoo cle** di warung. Murah cuma 17 rb utk ukuran yg sama

  75. mereka lebih memasarkan sistim penjualan ktimbang produk itu sendiri 🙁 weleeh.. klo produk itu emang bgus,, yo pasti tnpa koar2 pun konsumen pd dtang sendri meskipun harganya mehoong.. 😀 lha ini produk sm harga ngga sebanding,, hadddeeeh

    1. Setelah baca komentar yang ngomongin kualitas produk MLM Bu Tini ini yang katanya jelak, gak berkualitas, gak sebanding sama harga, aku jadi pingin komentar juga. 😀

      Kalau ngomongin produk memang cocok-cocokan ya. Kebetulan aku termasuk yg cocok pakai produk MLM Bu Tini ini. Khususnya produk-produk untuk perawatannya. Soalnya kalau mau beli sabun harga 20ribunya juga sayang, jadi khusus perawatan aja. 😀

      Keputihan parah yg aku alami bisa sembuh karna pake produk intimate care-nya, dan gak kambuh lagi walaupun udah gak pakai produknya lagi. Padahal sebelumnya pakai produk serupa beda merk tapi tetep aja gak sembuh. Dari sini aku percaya sama kualitasnya. Kenapa gak ke dokter aja? Jujur aja, paling anti sama dokter dan obat-obatan.

      Setelah itu aku coba produk perawatan lain untuk wajah berjerawat. Aku pasti berjerawat kalau mau datang bulan nih. Karna tangan suka gatel pengen pencet, jadilah selalu membekas. Bekasnya jadi banyak dan bikin wajah gak indah dipandang suami. Setelah pakai produknya, pelan-pelan bisa bersih tuh bekas jerawat.

      Duit yang dikeluarin buat beli krim jerawat juga lebih sedikit daripada harus perawatan rutin ke klinik kecantikan. Kebetulan ada temen yg kerja di klinik kecantikan kasih tau daftar harga perawatan di tempatnya. Sayang bgt kalau habis banyak buat perawatan. Jadilah aku rawat sendiri aja di rumah pakai produk itu. Apalagi krimnya awet, 2-3bulan lamanya baru habis. Lebih hemat.

      Terus Ibuku juga cocok pakai produk MLM ini. Kalau masalahnya ibu-ibu itu biasanya ada flek hitam di wajahnya entah karna penggunaan KB atau apa gitu. Faktanya kulit wajah Ibuku lebih bersih dari Ibu-Ibu lain yg punya masalah serupa.

      Lain lagi sama tanteku, yang cocok banget sama lipstiknya. Beda sama lipstik lain. Katanya gak kering. Enak aja dipakainya. Dan banyak lagi orang-orang yang sudah jadi langganan karena faktor “cocok”.

      Jadi member biar bisa dapat harga lebih murah untuk produk-produk yang aku butuhkan. Sekaligus bisa dapat untung kalau ada yang minat beli juga.

      Tupo? gak maksain. Yang penting kalau butuh untuk pakai sendiri bisa dapat harga lebih murah, kalau ada yang pengen beli ya dapet untung ^_^ Tapi ya kadang belanjanya bisa lebih dari target bulanannya. Karna gak rekrut, ya gak dapat bonus tambahan. Haha.

      Ini cuma cerita yaa. Gak jualan apalagi ngajak join 😀 Cuma sharing aja tentang kualitas produknya menurut pengalamanku. Setiap orang punya kecocokannya sendiri2 🙂

      Salam,

      -Clara

  76. Saya jual lulur pencerah alami dari bahan2 organik dan diproses dg cara alami jg, produknya al : lulur ibu bisa untuk wajah dan badan tidak perlu digosok, lulur selir dg berbagai macam variant al : untuk pencerah selangangan, ketiak,lulur selir susu,lulur selir greentea,dan rempah hitam…kalau mau ambil banyak untuk jual kembali kami siap kirim ke seluruh indonesia kr manfaat dan khasiatnya insya Alloh bakal nyesel punya bisnis tambahan ini…YANG MINAT bisa add fb saya Desiyana Susanti,IG @lulurpencerahalami_desiy atau hp. 0812 2838 6222 pin. 52350210

  77. Sharing buat kawan2…

    Kelebihan Paytren Ustadz Yusuf Mansur dibandingkan MLM lainnya :

    1. Treni adalah jaringan pengguna PayTren, bukan sekedar jaringan penjual pulsa atau pengusaha PPOB. banyak hal yang nantinya akan ditawarkan Treni pada kita dalam pelaksanaan UYM Project.

    2. PayTren menawarkan harga sedikit lebih murah dibawah konter, dan ada cashback dari semua transaksi kita sendiri dan cashback dari transaksi seluruh komunitas jaringan kita.

    3. Di PayTren kita tidak diminta untuk menjual apapun, kita hanya diminta untuk memindahkan pengeluaran rutin bulanan kita dari konter/loket pembayaran/bank dll ke PayTren.

    4. Menawarkan PayTren ke orang lain akan lebih mudah daripada menawarkan produk MLM lain, karena kita tidak meminta orang lain untuk rutin setiap bulan membeli produk kita.
    Tidak ada penambahan pengeluaran rutin, justru dengan PayTren kita mengurangi pengeluaran rutin bulanan kita. Satu kali bayar seumur hidup, bisa diwariskan pula.

    Berbeda dg MLM lain yang kalau kita tidak belanja dengan jumlah minimal tertentu (tutup poin), kita tidak akan dapat bonus dan level kita langsung turun, bahkan downline kita dianggap hangus.

    5. Perbedaan PayTren dengan MLM lain, di Paytren tidak perlu tutup poin/belanja bulanan, poin reward tidak direset ke nol jika sudah diambil, tapi poinnya diteruskan.

    Peluang bisnis Paytren di : http://www.treniuym.com/agency

  78. Jual cincin dan perhiasan perak buatan tangan bos ,, bisa request model ,, asli kerajinan anak bangsa, ga pake tupo, ga pake, ga pake mikir rekrut member dan ga pake upline-donline ,, silahkan add 25AAA697 atau 081931716339 ,, dan stop bullying ,, suka lakuin ga suka tinggalin, ojo dumeh ,, maturnuwun ,,

  79. Saya ikut bisnis MyAzaria,, bisnis OL permember bonusnya 1 juta.. cetar dah, yuk join di MyAzaria, No MLM, No Topu, No Tipu, No Money Game..
    Saya sudah rasakan hasilnya..

    Orang SUKSES bukan karena lebih beruntung, tapi perjuanganya lebih keras dari Orang lain. Orang GAGAL bukan lebih sial, tetapi perjuanganya tidak sekeras usaha orang lain. HATI-HATI…. JANGAN DAFTAR AZARIA SEKARANG !! Azaria bisnis hebat.. =)) Nikmatnya dpt transfer 1juta berkali2x. Modal sekali , Profit berkali2x… Di azaria , yang gak pake ribet, nggak banyak syarat. Full Komisi utk member… Menunda join azaria = Menunda dpt uang 1 juta berkali2 = Menunda sukses anda.. Saran saya… JANGAN DAFTAR AZARIA SEKARANG !!! Daftar tahun depan aja=D…!!! Biarkan orang lain sukses lebih dulu dari anda.. Anda tidak butuh uang 1 juta berkali2x khan ?!! Ingat !!! JANGAN DAFTAR Sekarang !!! KECUALI kalo anda masih membutuhkan uang 1juta berkali2x. Nah anda boleh daftar dan hubungi saya
    Bbm: 2a73cb4c
    Line: agustinaar
    Ig: agustina_rian
    Wa: 082169937092
    segera..!!! mau tau rahasianya bs dpt 1 juta berkali-kali ?:) “TERPAKSA KAYA BERKAT AZARIA”
    team kami 100% support&ramah.

  80. Lucu juga Kalau baca Komen komen disini. Saya ga gabung mlm apa-apa tapi dipikir pikiritu salah Satu pilihan bisnis juga Kan? tinggal tentukan mau gabung dimana? Keadaan economic sekarang kayaknya berbisnis mlm ini bisa bantu keuangan keluarga. Kalau lihat cerita bu tini kayaknya itu salah upline yg ngga bener Bukan perusahaannya. Kalau semua mlm itu menipu atau haram ga mungkin masih sustain Sampai sekarang. Saya Dulu anti sama mlm. Ya sama kayak kebanyakan comment disini. Tapi saya Dan Suami kerja kayaknya bellum cukup utk bisa kasih kehidupan layak utk anak2 Dan mlm salah Satu opsi usaha sampingan tinggal cari aja yg bener. Sederhana aja kok mlm yg bener Cuba memotong jalur distribusi,Melatih members mandirI utk memasarkan Dan mendistribusikan apa Salahnya? Untuk yg terlalu negative Terhadap sesuatu hati hati lo..rejeki dari tuhan dititipkan Dengan Berbagai Macam cara mau itu kerja kantoran,Buka Kantin,mlm,Buka Salon,Jangan terlalu menjudgesesuatu, sama aja kayak menjudge Satu agama terrorist padahal ajarannya tidak sepertinya itu.

  81. Luar biasa……sya sangat setuju dngan EVITA

    Sharingnya ilmiah,fakta dan tidak tendensius

    Untuk Evita…..lanjutkan !

  82. Yth Agustina

    My azaria itu mlm, mengapa anda tidk jujur dngan mengatakan My azaria bukan MLM???????????????????

    Apa yang salah dengan MLM dibenak anda sehingga anda berbohong??????

    Pk Heru dari Surabaya adalah pengusaha MLM,ada beberapa MLM yg beliau miliki salah satunya my azaria

    Semoga sharing ini bermanfaat…..amien

  83. MLM diindonesia sdh teracuni oleh oknum2 yang tidak bertanggung jawab, sehingga membuat sebagian masyarakat sedikit trauma, tapi disinilah letak positif kita bahwa ada lho MLM yang jujur dan bertanggung jawab contohnya Paytren, dan ini jawaban jitu ketika ada yang nanya ttg MLM paytren, alhamdulilah mindset ttg MLM sedikit berubah : Paytren ini memang MLM.
    Cara pemasarannya Multi Level Marketing. Tapi sebagian orang “khawatir” saat ditawarkan ikut Tren-i/PayTren..
    Kenapa?
    Karena banyak yang mikir kalau dia ikut MLM artinya WAJIB mencari member, dikejar-kejar target pengembangan jaringan, dll.
    Itu TIDAK BENAR.
    Tidak ada yang memaksa bahwa anda harus memasarkan Paytren jika anda telah bergabung disini.
    PayTren ini bukan bisnis “CARI MEMBER”. Tapi mengubah pengeluaran rutin mitranya menjadi pendapatan rutin..
    Simpelnya, tanpa berdagang dengan orang lain, anda telah berdagang dengan diri sendiri…!
    Contoh :
    Dalam sebulan anda bisa menghabiskan berapa JUTA buat bayar listrik, pulsa ,air PDAM, indovision, dan telpon rumah, sedekah, tiket perjalanan, belanja online, dll.
    TIAP BULAN anda rutin bayar itu semua , ada yang lewat kantor POS, ada yang lewat PLN, ada pula yang lewat BANK. Untuk pergi ke tempat pembayaran itu KITA BUTUH waktu, tenaga, ongkos , dan tentunya biaya admin.
    Naaah.. dengan menggunakan paytren, ANDA TIDAK PERLU keluarin keringat (kepanasan), keluar ongkos, dan antri.
    Sudahpun begitu, bayarnya lebih murah Anda dapat CASHBACK pula dari setiap transaksi anda sendiri.
    Anda cukup pake HP bisa lho, asal bisa buat sms Hehehe.. Hemat gak pakai ribet, langsung beres semuanya..
    Apalagi yang sudah punya BB-Android-Iphone, saat ini sudah ada aplikasi paytren. Yang keyboardnya tidak perlu dipencet-pencet, tapi cukup dengan satu sentuhan saja..
    Naaah… Sampailah kita dibagian ini…!
    MLM dikatakan haram apabila tidak terdapat 3 akad didalamnya.apa itu? Hanya PAYTREN yg mempraktikannya.. dan PAYTREN telah bekerjasama dengan badan yg membrantas moneygame di Indonesia.. tidak cuma itu di paytren kita akan selalu mendapatkan ilmu yg positif.. diajarkan untuk banyak mengeluarkan biaya.. biayanya bukan untuk tupo-tupoan lho yaaa…. tapi setidaknya kita diajarkan untuk bersedekah sebanyak-banyaknya.. indahnya Sedekah bersama PAYTREN.. Daftar hub WA : 081280490786 / SMS : 081290143125 / atau klik website paytreni.com/dita (Rekomended)

  84. Pengalaman buruk….beli parfum lewat mlm (ceritanya lg promo)harganya mahal tapi kualitas ga sesuai dg harga barang…padahal dg harga yg sama bisa beli parfum bermerek di toko dg kualitas yg jauh lebih bagus.

    Klo yg sy amati, produk yg dijual oleh mlm selalu lebih mahal dibandingkan dengan kualitas barangnya. Ini wajar sj karena sistem mlm yg hrs memberikan bonus untuk upline2 nya.

  85. Yang namanya bisnis MLM di beberapa negara sudah dilarang karena seringkali menimbulkan permasalahan yang nyerempet-nyerempet penipuan. Dari pada ikutan bisnis MLM lebih baik jualan online kayak saya jual jaket kulit asli Garut. He he he.. sorry bray ini bukan promo..

  86. Saya sudah beberapa kali ikut MLM, tapi kebanyakan mengharuskan tutup poin. Yg sudah jelas jika kita beli barang berlebihan dan tidak laku akan mubazir.
    Alhamdulillah saya dipertemukan dgn dengan MLM yg syariah, baik produk dan sistem bisnisnya. Kelebihan MLM yg saya jalani sekarang :
    1. Produk rill
    2. Terdaftar BPOM
    3. Terdaftar halal produknya
    4. Sistem bisnisnya syariah dan di audit secara ketat & berkala oleh MUI
    5. Jaringan bisnis sudah ada di beberapa benua yaitu, asia, afrika, australia, eropa, dan amerika
    6. Satu-satunya MLM yg masuk pasar Jeddah
    7. Produknya banyak membantu menyehatkan yg sakit, aman, bebas kimia.
    8. Harga sesuai dgn kualitas(perbandingan komposisi, kualitas dgn produk lain)
    9. Gedung 25 lantai milik sediri
    10. Dewan direktur salah satunya muslim

  87. MLM itu tidak seburuk yang orang-orang kira. Tips bila anda ingin ikut mlm perhatikan :

    1. Apakah anda butuh produk nya ?

    Karena sesungguhnya bila tidak butuh produk itu mungkin anda merasa jenuh karena harus menjualnya kepada orang yang belum tentu orang mau. Sedangkan bila anda butuh produknya daripada beli produk sejenis dan khasiat sama anda tidak dapat apa2, mending mlm. Toh kita butuh produknya.

    2. Prospek orang bukan jualan.

    Carilah orang yang sama dengan anda yang butuh produknya. Kebutuhan yang sama akan mempercepat anda untuk mencari atau mengembangkan jaringan. Sekali lagi anda bukan jualan tetapi mengembangkan jaringan. Jangan memaksa orang untuk masuk tetapi jelaskan manfaat dari produknya. Secara otomatis bila orang tersebut bersedia memakai produknya maka anda sudah menjalankan bisnisnya.

    Dua hal ini aja bila anda benar-benar perhatikan, maka anda tidak akan melihat bisnis mlm itu buruk.

    Bagi saya daripada saya beli produk merk yang katanya inilah itulah tetapi perusahaan itu tidak pernah mengerti konsumennya atau bahkan tidak perduli komentar konsumennya, mending saya cari mlm dengan produk yang saya butuhkan. Siapa tau ada orang-orang disekitar saya yang sama-sama membutuhkan produk itu. Itulah butuh sharing khasiat produknya.

    Basicnya sih seperti itu. Hanya saja orang-orang menganggap bisnis mlm itu tempat mencari duit cepat dan gampang. Kalau anda tidak memakai produknya dan tidak bercerita khasiatnya, bagaimana anda bisa bercerita ?

    Terima kasih

    1. mlm aku ga kaya mlm lain,,, makanya gabung yu di 4jovem modal cuma Rp.165 rb cash back Rp.546 rb,,, banyak bonus dan rewardnya lagi… MLM ini bergaransi loh…terus ga ada tuh di 4jovem yg namanya TUPO alias TUTUP POINT,,, hayu ga usah bingung2 lagi pilih MLM… yu capcus,,,,
      INFO:BB–>59E0D51B
      WA–>085316727762

  88. Saya mau tanya untuk yg ikutan MLM :
    1. Kenapa Produk MLM tidak di jual di pasar/supermarket?
    Apakah karena barang yang dijual di pasar/supermarket bergantung pada permintaan pasar? (butuh baru dibeli) kalo MLM udah ada targetnya, lah wong ngejar target biar dapet bonus (klo tidak anda ya downline anda 😀 )

    2. Misalnya harga bedak yg dijual MLM Rp. 50.000,- kalo para anggota MLM dapet bonus dari jual bedak itu (pastinya) berapa sih nilai bedak itu setelah dipotong untuk bonus anda, upline anda, unpline nya lagi, up upline nya lagi dst ( + ditambah biaya impornya kalo produk luar )

    Yuk.. sama” cerdas untuk Indonesia

  89. Sekedar uneg2 aja deh. Saya bulan februari 2016 join oriflame. Murni pengen join gara2 pengen dpt diskon member plus iming2 bonus nya, saya sama sekali TIDAK tertarik bisnisnya. Tapi kalo jadi member kan lumayan, bisa dipake sendiri,bisa dijual ke orang lain,gitu mindset saya. Upline saya kebetulan temen kuliah yg barusan gabung juga. Jadi maklum kalo waktu itu dia blm terlalu menguasai alur ‘bisnis’ nya. Saya daftar member cuma 20rb,tapi gak dijelasin kalo pengen dpt hadiah bonus wp1 harus belanja dulu 100bp alias 700rb-an di bulan pertama sampai ketiga. Dan untuk dapetin bonus itu harus ditebus dgn belanja dulu 200rb di bulan berikutnya. Ok-lah 3 bulan pertama msh bisa,dibantu upline saya buat tupo,dan kebetulan ada beberapa order dari teman dan keluarga. Tapi yg bikin sebel, saya yg awalnya gak tertarik sama bisnisnya merasa dipaksa ikut bisnisnya gara2 upline saya itu tiba2 naruh downline dibawah saya. Jadi saya di push suruh jualan,sebar katalog,sponsorin downline. Ya saya males lah, orang niat awal saya emang gak ikutan bisnisnya. Lagian orderan luar saya juga 1-2 aja tiap bulan,itupun gak mesti produk yg mahal atau belinya cm dikit,jd gak cukup buat tupo apalagi sponsorin downline. Saya skrg ada di level 6%, dan semuanya bukan usaha saya sendiri melainkan sponsor dr upline,jualan downline yg emang meluber, dan kocek pribadi saya buat tupo. Saya yakin sukses itu gak mesti ikut MLM. Kalo emang ada yg sukses dr MLM, ya emang rejeki orang itu. Saya sendiri sama sekali gak ada passion di bidang MLM

  90. Saya pribadi. Sangat tidak tertarik dg bisnis MLM mau syariah atau konv.
    Jadi yg sukses krn MLM jgn bangga. Ujung2 nya ria n pamer terlalu ngejar dunia.
    Saya salah satu konsultan dr. Perusahaan MLM lumayan terkenal di indo dan sudah ada sejak saya masih SMA sampai sekrg masih bertahan.
    Dan saya tau detail sistem yg mereka pakai.
    Harga produk yg mahal n ga masuk akal. Padahal harga aslinya mah setara uang jajan anak saya. Tapi dijual lebih dari 100%
    Harga kopi instan 750 perak di jual 20rb. Hitung keuntungan brp. Itu diambil dr harha termurah yg rakyat jelata n kuli bisa beli.
    Perusahaan MLM lebih baik bayarin bonus tupo kalian dr pada bayar gaji karywan belum thr dll. Brp biaya yg dikeluarkan. Belum biaya promosi dll. dgn sistem mlm mereka untung n tambah kaya. Gaperlu bayar marketing coy.. cuma kasih bonus sekian2 mah ga masalah lah untung perushaan masih banyak.
    Lebih baik usha sendiri. Dgn modal sesuai kantong. Asal ada niat dan kemauan kerja keras insya allah sukses. Toh Rasulullah mengajarkan untuk berniaga. Maka berniagalah dg jujur.
    Contoh. Pengalaman pribadi
    Saya hobi dg dunia bisnis alias jualan. Walau setatus masih jadi staf kantor.
    Saya punya pake produk klinik. Clien saya akhir saya cocok. Temen2 pada tanya. Kok sekarang cantikan. Biasanya kusut pake apa. Aku bilang pk ini lho. Akhirnya teman minat. Disini peluang saya. Akhir nya keluarin kocek pribadi 200rb modal dapat untung diputer lagi. Dr temen ketemen jualan sampe tetangga sampai sekrng udah seluruh nusantara. Alhamdulillah ga pake rekruitmen ga ada downline. Murni jualan. tapi saya punya reseller aktif lumayan lho. Kerja santai tidur enak. Ga maksa maksa orang beli. Ga perlu iming2 bonus.
    Intinya berusaha dan berusaha dn mencintai pekerjaan. Jika kalian ga punya jiwa bisnis ya mending tunggu gaji bulanan saja.
    Ga usah ngoyo. Rejeki Allah yg atur.
    Ini pendapat saya lho.
    Jika teman2 atau sista ada yg tertarik dg bisnis saya. Silakan hubungi saya.
    Alangkah senang nya bisa silahturahmi. Banyaj teman banyak saudara.
    Saya tidak nawarin MLM atau jualan ya
    Hanya ingin berbagi ilmu saja. Sapa tau bermanfaat
    Silakan chat wa. 0818987038

  91. tulisannya menarik… tpi sebelum ikut mlm baca dulu dengan teliti… pahami lingkungan sekitar dan liat harga barang nya wajar apa ga? laku apa ga dikalangan ibu ibu pas pasan.. kaloibu ibu kantoran ya pada sibuk… saya cm baca baca doang modal ga punya dih.. heheheheh ketemu situs yang bagus aq coba ikut. modal 100000 aja untuk sekali seumur hidup.tidak ada tupo tupoan .. ga jualan.. sebab menurut saya mending untung sedikit tpi kerjanya santai… hehee contact aq ya 087888711449 atau langdung aja di caramudahmencaripeluang.blogspot.com

  92. Mending bisnis MSI (pt MULTY SUKSES INTERNASIONAL)aja dear
    Tdk ada Tupo
    Member seumur hidup
    Kualitas nya Bagus
    Asli indonesia
    Bonus Tdk akan Hangus
    Bobus D bayar harian,
    Belum lg Bonir reward Dari perusahaan.
    Minat bbm 54d46986

  93. Hai, mbak mbak semua dan bunda bunda yang terhormat. Pada dasarnya semua orang punya pendapat yg berbeda yah. Karena kan isi kepala tiap orang berbeda dan tidak bisa dipaksakan.
    Kalau melihat dari salah satu komen MLM yg diperdebatkan diatas adalah Oriflame. Ada yg bilang ini, itu dsb. Apakah semua yg berkomentar itu sudah pernah membaca semua sistem dan kode etik yg dipunyai Oriflame? Apakah sudah pernah membacanya satu persatu? Kalau BELUM PERNAH/ BUKAN MEMBER ORIFLAME ya sebaiknya dipikir pikir dulu ya sebelum mengemukakan pendapatnya.
    Di Oriflame seorang konsultan tidak pernah dianjurkan tutup poin dgn cara membeli barang kemudian baru dijual, trus kalau tidak laku akhirnya numpuk dirumah. Tidak boleh ya seharusnya ketika ada pemesanan, baru konsultan memesan ke Oriflame, itu br namanya JUALAN ,jadi tidak diperkenankan nyetok barang di rumah. Itu kode etik Oriflame yah. Ada member Oriflame yg berkomentar begini, begitu,dsb .Apakah dibuku panduan sudah dibaca semua? Kalau belum dibaca lagi yah biar paham apa itu KODE ETIK DI ORIFLAME DAN BAGAIMANA SISTEM BAGI BONUSNYA.
    Kalau upline hanya nagih Tupo saja tiap akhir bulan, seharusnya downline dgn tegas minta untuk diajari bagaimana tugasnya sebagai seorang sponsor/upline untuk membina downline bukan hanya cara menjual produk, tp merekrut juga membina dsb, kita sbg downline jg harus tegas, kalau tetep nggak mau tahu juga mending nggak usah lanjut aja drpda berpartner dgn upline yg tidak menjalankan tanggung jawabnya,sekali lagi semua kan pilihan, la daripada dikemudian hari nnti ada penyesalan.
    Semua tuh ada ya di KODE ETIK ORIFLAME, KODE ETIK itu peraturan yg harus dipatuhi ya,ketika seorang mendaftar mjd member Oriflame seharusnya orang itu membaca sampai akhir halaman buku dan mematuhi semua peraturan yg ditulis krn kita sudah setuju untuk mjd member Oriflame. Kalau sbg konsultan hrs gimana,sponsor/upline bagaimana, bahkan tertulis jg utk director harus membina,melakukan training dsb,semua itu sudah ditulis ya kalau sudah dibuat tapi tetap dilanggar berarti orangnya ya bukan sistemnya.
    Mungkin saran saya lebih baik ketika memutuskan utk bergabung baca dan pahami dulu buku panduan consultan sampai akhir halaman buku, kalau ada yg kurang paham tanyakan upline/customercare oriflame agar semuanya jelas dan tidak hanya pengen gabung krn tergiur iming2nya upline saja. Sebagai downline kita juga harus bisa cerdas membaca dan memahami penuh sistem bisnisnya supaya tidak ada kekecewaan dikemudian hari. Saran saya baca dulu, pahami betul sistem bisnisnya. Kalau yakin ya lanjut, kalau enggak ya tinggalkan.
    Semua itu kan pilihan.
    Mohon maaf apabila ada kata yg kurang berkenan . Terimakasih.

  94. Daftar BEBASBAYAR aja, aplikasinya GRATIS!! untuk aktifkan account cuma harus deposit 10rb aja dan itupun jadi deposit yg langsung bisa ditransaksikan, bisa dapat CASHBACK hingga Rp2,400/transaksi, MAKIN BANYAK TRANSAKSI MAKIN BANYAK CASHBACK yang didapat!! dan bisa dapat KOMISI yang fair, yaitu komisi didapat apabila downline melakukan transaksi.

    Jenis pembayarannya terlengkap, pulsa, listrik, bpjs, asuransi jiwa, tv kabel, pdam, cicilan kartu kredit/motor/mobil, speedy, dll..

    Harga pulsanya LEBIH MURAH, jadi dipakai sendiri LEBIH HEMAT, dijual LEBIH UNTUNG !!

    Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

    daftar disini

    Atau bisa juga dengan install aplikasi “bebasbayar”di smartphone dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630

  95. Assalamu’alaikum..
    Daftar BEBAS BAYAR yuk, aplikasinya GRATIS!! untuk aktifkan account cuma harus deposit 10rb aja dan itupun jadi deposit yg langsung bisa ditransaksikan, bisa dapat CASHBACK hingga Rp2,400/transaksi, MAKIN BANYAK TRANSAKSI MAKIN BANYAK CASHBACK yang didapat!!

    Jenis pembayarannya terlengkap, pulsa, listrik, bpjs, asuransi, tv kabel, pdam, cicilan kartu kredit/motor/mobil, speedy, dll.. PENGELUARAN RUTIN KAMU JADI PENDAPATAN RUTIN JUGA!!! YEESSS

    Harga pulsanya LEBIH MURAH, jadi dipakai sendiri LEBIH HEMAT, dijual LEBIH UNTUNG !!

    Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

    http://www.bebasbayar.com/?b=d9cdf967

    Atau bisa juga dengan install aplikasi “bebasbayar” di smartphone dan daftar dengan ID_SPONSOR : 12448630
    Klik link dibawah ini :
    http://www.bebasbayar.com/play-store/?b=d9cdf967

  96. Waduh…saya juga ikut MLM bu… Tapi sumpah bu 3bulan saya bisa berpenghasilan jutaan bu…kasian ya bu. Gini aja bu. Hub wa saya ntar saya kasih jlan buat jalankan bisnis modal kecil keuntungan jutaan perbulan… Yuk bu wa saya ya 082250737374. Insyallah saya amanah bu…

  97. HAHAHAAAAA… 😂😂😂

    KOMENTARNYA KEBANYAKAN PD NGIKLAN MLM…
    TAU NGGA SIH KALO TULISAN INI MENGANDUNG PESAN UTK MENJAUHI MLM…?

    EH KOMENTARNYA BUKAN BERARGUMEN MALAH PADA NGIKLAN…

    INTELEK DIKIT NAPA…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.