Eksistensi Kerbau Vs Traktor

Alkisah di sebuah ladang pertanian di dusun Jawa. Pak juragan tanah sawah mulai makmur dan membekali para petaninya dengan mesin traktor. Lalu di kandangnya, kerbau milik pak juragan tani itu saling rerasan dengan teman-temannya.

“Ini den juragan maksudnya apa ya, kok kita mulai di pensiunkan. Kalian pada lihat kan, tadi ada beberapa mesin traktor yang baru di beli sama den Juragan. Itu berarti, mulai besok, bisa jadi kita sudah tidak berhak menginjak-injak tanah sawah yang harus digemburkan.”

“Iya, den juragan mulai ndak percaya sama kekuatan kita. Kita sudah dianggap kuno, lambat, dan membosankan. Padahal kan seharusnya enakkan pakai kita ya, pren. Pak tani cukup duduk manis di atas pelana, saat kita bekerja menginjak-injak tanah sawah. Kalau pakai traktor, pak tani repot, jalan dan mendorong mesinnya.”

“Lha terus kita – kita ini mau disuruh ngapain dong, kalau mereka sudah pakai traktor semua..?”

“Lha kan enak pren, kita makin dimanja. Tiap hari kerjaannya hanya tidur-tiduran, jalan-jalan ke kebun rumput sekalian makan sampe puas, terus dimandikan di sungai, disikat pakai sabun.”

“Dimandiin pake sabun, gundulmu itu, emangnye kite Luna Maya mandi pake sabun. Pake sabun  ndak enak,.. malahan si jalak ndak mau nuthuli punggung kita lagi. Mereka pade kecewa, punggung kita jadi pahit dan bersih ga ada si kutu.”

“Iya nih, kita malah jadi ngga produktif. Lalu ujung – ujungnya kalau kita sudah gemuk kita disembelih. Wadudududuu…”

“Padahal pakai traktor bukannya lebih mahal ya, pren. Pak petani kudu ngeluarin duit lagi buat beli BBM nya.”

“Iya tuh, ndak tau dehh,, jadi bagaimana dong nasib kita. Ini masalah eksistensi kita sebagai kerbau, pren. Sebagai pembajak sawah yang eksis sejak jaman dahulu kala neneknya mbah buyut kita, lha masak nanti anak-anak cucu cicit manusia sudah tidak mengenal eksistensi kita sebagai kerbau si pembajak sawah?? Nanti kita eksis sebagai apa dong. Dasar manusia payah. Maunya yang praktis – praktis aja. Kita kan jadi kecewa. Merasa tidak produktif, dipensiunkan begitu saja.. ”

“yahh, satu – satu nya kabar baik kita, kalau harga BBM mulai naik pren, nanti pasti mereka akan butuh tenaga kita-kita lagi.”

“Aduhhh semoga BBM naik – semoga BBM naik – semoga BBM naik..”

“Ealahhh pren, belum jadi naik lhohh… kita ngapain coba.. masih ngelangut aje, tidur-tiduran, kumpul – kumpul sesama kebo, dikasih makan sampe gendut, dimandiin pake sabun, ujung – ujungnya disembelih dong… ampunnn deh bisa musnah nih eksistensi habitat kita.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.