Di Balik Kerennya Kacamata Hitam Murahan, Amankah untuk Mata?

Belakangan ini penggunaan kaca mata hitam sedang populer di Indonesia khususnya di kalangan remaja. Tujuannya bukan untuk menghindari panas terik matahari, namun untuk menunjang gaya/penampilan agar terlihat ganteng, cantik, trendy dan keren. Hal ini memicu produksi kacamata hitam murahan (harga murah dan terjangkau). Namun produsen pun tidak mau kalah pintar, dengan harga yang sangat terjangkau ini, mereka membuat kacamata hitam dengan bahan baku yang murah pula. Biasanya bukan menggunakan lensa kaca (glasses), akan tetapi dengan menggunakan plastik yang diolah sedemikian rupa, sehingga menyerupai kaca. Produsen tidak memikirkan akibat yang akan diterima oleh konsumen pemakai “kacamata hitam” ini, mereka sama- sama diuntungkan karena produk kacamata hitam terjangkau ini terus diminati.

Namun tahukah anda, dibalik semua kelebihan harga yang sangat terjangkau itu, kaca mata hitam murahan mempunyai bahaya bagi kesehatan mata kita. Sebuah riset yang dilakukan sebuah lembaga perlindungan konsumen di Inggris menemukan pemakaian kaca mata hitam yang harganya murah ternyata dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan pada mata. Masalah yang sering muncul yakni, astigmatisme dan sakit kepala. Hal ini disebabkan kebanyakan kaca mata hitam murah tersebut tidak mengikuti standar kesehatan tes labolatorium untuk sebuah kaca mata hitam penghalau sinar matahari. Berdasarkan hasil pengecekan, beberapa kaca mata hitam ini bisa mengakibatkan efek cahaya lentur dan dapat menyebabkan penglihatan ganda yang bisa memicu sakit kepala pada beberapa penggunanya. “Meskipun masalah ini tidak akan menyebabkan kerusakan penglihatan jangka panjang, namun akan tetap timbul rasa tidak nyaman, karena kaca mata tersebut tidak memenuhi standar untuk dipakai,” kata Joanna Pearl ahli kesehatan Inggris. Pearl menyarankan bagi orang yang ingin membeli kaca mata hitam penghalang sinar matahari untuk memperhatikan standar kesehatan yang sudah ditetapkan oleh badan kesehatan masing-masing daerah. Agar terhindari dari masalah penglihatan yang mengancam mata.

Sedangkan untuk Anda yang sering berkendara, dengan adanya kacamata, selain mampu memberikan kenyamanan saat berkendara terutama di siang hari agar tidak silau/terhindar dari kecelakaan lalu lintas, pantulan yang menyilaukan tersebut dapat merusak retina mata.

Anda masih ingin mencoba mengenakan kaca mata hitam murahan?

Jadi jika ingin membeli sunglass,selain memilih model yang tepat, pilihlah jenis lensa yang sudah dilapisi dengan UVA dan UVB serta meminimalisasi 60-90% cahaya yang masuk tergantung dari kebutuhan. Bagi Anda yang akan berlibur ke pantai, pilihlah yang berwarna cukup gelap. Tapi tentu tidak bagi Anda yang hanya mengenakan sunglass sebagai kosmetik untuk kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya belilah kaca mata hitam yang benar-benar menjamin kesehatan mata Anda. Walau harganya sedikit mahal yang terpenting adalah mata Anda tetap sehat. Namun perlu diketahui, harga mahal tidak menjamin suatu barang tersebut itu asli. Periksalah dan pastikan bahwa kacamata yang anda beli benar – benar UV Filter. Atau alternative lain, apabila ada tidak ingin mengeluarkan banyak uang dan takut berspekulasi dengan kualitas kacamata hitam anda, lebih baik gunakan payung atau topi agar terlindung dari sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.