Tips Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gejala kesulitan untuk bisa tidur baik siang maupun malam hari. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab di antaranya: masalah kesehatan (mengidap penyakit paru-paru, sesak napas), Faktor mengkonsumsi obat-obatan, perubahan hormon (menjelang menstruasi, menapouse), perubahan jadwal kerja, melintasi zona waktu jet lag, konsumsi kafein yang berlebih, perokok berat, setres dan gelisah. Insomnia tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari para penderitanya.

Untuk mengatasinya berikut saya sharing disini tips mencegah dan mengatasi insomnia:

Rajin olahraga

Apabila kita sering melakukan olahraga secara teratur, maka otomatis badan kita menjadi sehat dan bugar sehingga jauh dari berbagai macam penyakit, dan tidak mudah stress. Menurut penelitian, olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi masalah orang yang susah tidur.

Makan dan minum secukupnya

Sebelum tidur Makan terlalu banyak atau terlalu kenyang membuat perut tidak nyaman, minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan kita sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tidak mau masalah seperti ini mengganggu pada saat kita asik tidur pulas, lebih baik makan paling tidak 3 jam sebelum tidur.

Lingkungan yang nyaman

Tidur dengan lingkungan yang nyaman membuat kita nyaman pula untuk tidur. Sebaiknya saat tidur matikan lampu, jauhkan barang-barang yang mengeluarkan suara seperti handphone dan bila tidak diperlukan bisa matikan peralatan-peralatan yang dapat menganggu pada saat tidur.

Mengatur pola makan dan minum

Seperti yang dikatakan pada cara nomor dua, makan secukupnya dapat diimbangi dengan makan makanan ringan yang mengandung karbohidrat atau alternatif lain seperti meminum segelas susu hangat menjelang tidur. Sebelum jam tidur, sangat tidak disarankan untuk meminum minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terus terjaga seperti kopi, teh, dan minuman mengandung alkohol.

Mandi atau berendam dengan air hangat

Mandi atau berendam dengan air hangat kurang lebih selama 30 menit hingga satu jam sebelum tidur akan menimbulkan efek sedasi yang membuat kita mengantuk. Dan tentu berendam air hangat dapat mengurangi ketegangan tubuh sehabis melakukan aktivitas seharian.

Relaksasi

Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin seperti mendengarkan lagu, melakukan meditasi atau yoga, atau pergi ke tempat spa dapat membantu tubuh menjadi rileks sehingga dapat memudahkan kita untuk tidur

Tidur Teratur

Usahakan tidur dan bangun tidur secara teratur setiap harinya, Jangan tidur terlalu larut malam, hal ini terkadang juga memicu insomnia. Tidur pun harus cukup. Apabila anda kurang tidur, dampaknya juga tidak baik, badan loyo serta kepala pusing, jika kepala pusing tidur pun menjadi tidak enak

Menjalani Pola HIdup Sehat

tidak merokok, tidak begadang, tidak memakai narkoba, tidak mengkonsumsi alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.