Pengusir Sakit Kepala Alami

Sakit kepala memang sangat tidak enak rasanya, menderita dan mengganggu aktivitas kita. Sebagian besar orang mungkin lebih mengandalkan mengandalkan minum obat untuk meredakan sakit kepala. Dan biasanya obat sakit kepala bersifat analgetik yang menekan susunan saraf pusat (otak). Namun, tahukah anda bahwa beberapa makanan tertentu memiliki kemampuan untuk mencegah bahkan mengobati sakit kepala. Beberapa zat yang dikandungnya akan sangat membantu menghilangkan rasa sakit kepala. Berikut Sharing di Sini Makanan Pengusir Sakit Kepala:

  1. Kacang Almond
    Kacang almond memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa magnesium, yang banyak terdapat di kacang almond, bisa meredakan sakit kepala.  Magnesium tersebut memiliki fungsi membuat pembuluh darah tidak tegang, sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan efektif. Bagi orang yang sering mengalami migrain, mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium mungkin akan membantu. Magnesium banyak ditemukan pada advokad, nasi coklat dan almond.
  2. Buah Semangka
    Menurut seorang ahli nutrisi dari California bernama Stella Metsovas, pemicu terbesar sakit kepala adalah dehidrasi. Jadi, jika cuaca terasa panas dan Anda merasa pusing, pemicunya bisa jadi karena tubuh kekurangan cairan. Cobalah untuk segera mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan yang kaya akan air dan mineral salah satunya adalah buah semangka. Karena kandungan air dan mineral dalam buah semangka cukup tinggi sehingga mampu mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.
  3. Yogurt
    Sakit kepala dapat dipicu karena kurangnya kalsium dalam tubuh. Otak sangat bergantung pada keseimbangan gizi yang salah satunya adalah kalsium, untuk dapat berfungsi secara efektif efisien. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda bisa menuhinya dengan mengkonsumsi susu dan yogurt.
  4. Roti Gandum
    Bagi Anda yang sedang diet rendah karbohidrat, waspadalah. kurangnya asupan karbohidrat, bisa membuat Anda mengalami sakit kepala.  Jika Anda mengikuti diet rendah karbohidrat, penyimpanan glikogen akan terkuras. Glikogen merupakan sumber energi pada otak, jadi saat persediaannya berkurang akan menimbulkan rasa nyeri di kepala. Meskipun anda sedang diet karbohidrat anda tetap harus mengkonsumsinya. Kebutuhan karbohidrat harus dipenuhi, anda bisa  saja mengkonsumsi karbohidrat sehat seperti roti gandum atau nasi merah, yang lebih kaya serat.
  5. Perbanyak Minum Air Putih
    Saat kita merasakan sakit kepala perbanyaklah minum air putih. Minumlah secara perlahan disesuaikan dengan daya muat   tubuh kita dan sedikit namun lebih sering. Jangan lakukan banyak gerakan yang menggoncang-goncang (seperti kerja berat, latihan berat/olah raga yang terlalu berat) sampai sakit kepala hilang. Jika anda menginginkan, tidurlah sejenak, karena saat tidurlah membuat otot dan mengembalikan saraf kita yang tegang menjadi pulih dan rileks kembali. Selamat mencoba ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.