Kontes SEO Alfamart

kontes seo alfamart logo minimarket promo member terbaik indonesia

kontes seo alfamart logo minimarket promo member terbaik indonesiaOMG! Hari ini terkejut mengetahui istriku mengikuti lomba / kontes SEO (search engine optimization) yang diadakan oleh minimarket Alfamart.

Bagaimana nggak terkejut, istriku termasuk wife house mommy (ibu rumah tangga, maksudnya) yang cukup sibuk mengurusi 2 anak balita, namun dia menyempatkan mengisi waktu luang di tengah kesibukannya untuk membuat artikel tentang minimarket Alfamart.

Alamat website kontes SEO minimarket Alfamart bisa dilihat di sini. Ternyata hadiahnya cukup menggiurkan. Ada 4 juara yang akan diperebutkan oleh sekitar 687 orang peserta (jumlah peserta sampai hari ini). Total hadiah sebesar Rp 25.500.000 juta ditambah hadiah voucher senilai Rp 1.750.000 disediakan oleh pihak minimarket Alfamart untuk kontes SEO ini, dengan rincian seperti di bawah ini:

  1. Juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 10.000.000 + voucher Rp 1.000.000
  2. Juara II akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 5.000.000 + voucher Rp 500.000
  3. Juara III akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 3.000.000 + voucher Rp 250.000
  4. Best Content Category akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 7.500.000

Idih, bikin ngiler ya hadiahnya. Pantas istri semangat sekali ikut kontes SEO ini.

Namun ternyata istri beraksi, suami kena getahnya juga. Selesai dengan tulisan artikelnya, istri langsung mendekatiku dengan manja sambil memijat punggung yang pegal ini sembari berbisik, “Papa, tolong bantuin biar artikel Mama masuk halaman pertama Google, dong…”

Alamak. Kirain dapet pijatan punggung gratis, nggak tahunya disuruh barter, hehe.

Sebenarnya pengetahuanku tentang dunia SEO masih minim. Setahuku biar artikel bisa masuk ke halaman pertama Google, artikel harus dibuat populer di internet, salah satunya dengan mempromosikannya di sosial media. Semakin banyak pengunjung atau visitor yang datang mengunjungi website artikel tersebut, maka semakin terlihat lah eksistensi atau kepopuleran artikel tersebut di mata Google. Apalagi kalo banyak pengunjung yang membuat link balik artikel di website mereka.

Tentu saja hal itu tidak terlepas dari faktor-faktor lain, seperti on-page SEO dan off-page SEO.

Apa itu on-page dan off-page SEO? Lha meneketehe, aku juga nyomot kata itu dari artikel SEO di internet. Kalau tidak salah sih, berhubungan dengan optimasi kata kunci di dalam website dan di luar website yang bersangkutan. Misalnya, untuk on-page SEO bisa dilakukan dengan optimasi tag h1, h2 di judul artikel, penggunaan huruf tebal dan huruf miring pada kata kunci, dan meta tags. Sedangkan off-page bisa mencakup semua promosi di facebook, twitter, dsb.

Sepertinya mudah ya? Tapi prakteknya gampang-gampang susah. Karena permainan SEO berarti berkompetisi dengan ratusan pemilik website lain yang menggunakan kata kunci yang sama.

Yah, di luar semua itu, yang terpenting bukan hadiahnya, namun proses dan usaha yang dilakukan untuk menjadi pemenang kontes SEO minimarket Alfamart. Mungkin yang tadinya saya dan istri sibuk dengan dunianya sendiri, sekarang jadi lebih mesra bekerja sama bermain blog dan internet. Sampai-sampai istriku selalu menyuguhkan teh hangat dan cemilan tiap kali aku sedang mengutak-atik SEO untuk artikelnya. Ketika menulis artikel ini pun,  aku sedang menikmati pisang goreng dan tahu bakso buatan istri tercinta.

Nyam.. nyam.. Terima kasih, Alfamart!

One thought on “Kontes SEO Alfamart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.