Merawat Sepeda Motor Matik

Sepeda motor matik kini sedang naik daun. Beragam produsen sepeda motor berlomba-lomba merilis model terbaru dengan desain stylish dan sejumlah fitur mumpuni. Awal kemunculannya sendiri banyak dipicu dari meningkatnya kebutuhan perempuan yang ingin mengendarai sepeda motor dengan mudah.

Lantas seiring perjalanan waktu, para pengguna sepeda motor matik semakin bertambah, baik kaum perempuan maupun laki-laki yang memprioritaskan kemudahan dan kenyamanan berkendara. Nah, agar tunggangan anda ini bisa berumur panjang, berikut saya sharing disini beberapa tipsnya.

Yang pertama, sebelum bepergian, sebaiknya panaskan sepeda motor anda kurang lebih 1-5 menit seblum kendaraan anda  jalankan.

Yang kedua, saat berkendara, anda tidak perlu mengubah kecepatan sepeda motor dari yang cepat langsung mendadak mengerem dan sebaliknya terlampau sering. Kondisi ekstrem itu bisa memperpendek usia mesin.

Yang ketiga, perhatikan kondisi tangki bensin. Jangan sering membiarkan kondisi bensin dalam keadaan kosong. Oleh karena itu, isilah bensin secara berkala dan tidak perlu menunggu hingga jarum penunjuk berada di huruf E.

Yang keempat,  gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap pemakaian 5000 km. Sementara itu, penggantian oli mesin dilakukan setiap 1000 km.

Yang kelima, Kondisi busi dan aki juga perlu dicek dengan teratur. Dua perangkat itu amat penting bagi sepeda motor matik, sebagai penyuplai tenaga saat melaju di jalan. Jika sudah rusak, anda dapat menggantinya dengan yang orisinal.

Ke enam, jangan lupa untuk rutin memperhatikan kondisi vent belt dan roller. Bila sudah tidak layak, segeralah ganti dengan yang baru dan orisinal.

Ke tujuh, ruang transmisi pun perlu mendapat perhatian seksama, karena di bagian ini terdapat banyak komponen transmisi otomatis yang rentan terhadap kotoran. Untuk itu, anda dapat melakukan pembersihan secara berkala setiap 4000 km sekali.

Ke delapan, gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10000 km, karena kebanyakan sepeda motor matik memakai single shockbreaker.

 

3 thoughts on “Merawat Sepeda Motor Matik

  1. D H

    Mohon bantuannya untuk memilih jenis motor yg harus dibeli untuk anak perempuan umur 18 thn yg akan dipakai untuk kuliah jarak jauh.

    terima kasih
    ( kasih tahu harganya juga ya )

    regina winarah

    1. untuk anak perempuan lebih baik dibelikan motor matic. nggak perlu susah-susah pindah gigi. tinggal rem dan gas saja. perawatan juga mudah. harganya sekitar 14 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.