Air Kelapa; Mitos dan Khasiatnya

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Air kelapa muda atau orang jawa sering menyebutnya “degan”, mitosnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester ketiga maka akan membersihkan kulit bayi yang dilahirkannya, kulit bayi akan putih, rambut lebat dan mata yang bening. Apakah hal itu benar? …

Berikut saya sharing disini khasiat dari air kelapa. Tidak sedikit orang yang percaya bahwa wanita hamil banyak minum air kelapa dapat membuat bayi lahir dengan kulit bersih. Air kelapa sangat baik untuk wanita hamil karena mengandung elektrolit dan kalium. Tapi itu tidak berarti minum air kelapa dapat membuat bayi lahir dengan kulit bersih. Air kelapa dapat membuat bayi bersih itu hanya mitos. Namun terlepas dari mitos yang salah, tentunya bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, karena banyak air kelapa mengandung potasium, elektrolit dan vitamin.
Semakin tua usia kehamilan, janin akan mengalami proses pembersihan membran kulit fernik lemak/ lemak yang menutupi tubuh janin menurun. Jika ia lahir lebih dari 36 minggu, maka kulit bayi akan lahir bersih. Namun jika lahir kurang bulan, biasanya fernik masih melekat pada kulit bayi /  ada lemak di kulit. Air kelapa muda dikenal sebagai sumber terkaya elektrolit, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk orang yang menderita penyakit apapun. Air kelapa juga mengandung klorida, kalium, magnesium, gula, natrium dan protein tinggi.
Apalagi air kelapa muda kelapa sudah terkenal sebagai minuman isotonik sehat. Juga minum air kelapa steril, hal tersebut karena air kelapa selalu dilindungi oleh cangkang yang keras. Meskipun tidak bisa menyaingi nutrisi dalam susu, namun air kelapa memiliki kelebihan gizi yaitu minyak yang rendah lemak dan kolesterol. Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan karena membantu meningkatkan kecepatan pencernaan. Minuman yang mengandung elektrolit, klorida, kalium, magnesium, riboflavin, natrium dan tinggi kalsium juga berguna dehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
Potasium ditemukan dalam air kelapa dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Air kelapa juga dapat mempercepat naiknya trombosit untuk pasien dengan DBD dan mengurangi demam. Sifat-sifat utama air kelapa adalah diuretik alami dan alami steril. Air kelapa dapat luruh atau diuretik dan membersihkan kandung kemih. Air kelapa muda mengandung asam laurat, asam yang dapat membantu melawan penyakit. Asam laurat dalam air kelapa berisi sama dengan yang ditemukan dalam ASI dan memiliki anti jamur, antibakteri dan memiliki karakteristik antivirus, sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia dan bakteri klamidia dan heliokobater.

Lalu mengapa air kelapa mempunyai rasa manis? oleh Prof DR. Made Astawan, MS, secara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, dan 0,46 persen mineral. Jenis gula yang terkandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Namun disarankan oleh para ahli, jagnan terlalu berlebihan minum air kelapa, karena minum air kelapa yang berlebihan malah dapat menyebabkan anda diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.