Si Ungu yang Menyehatkan

Anda mungkin tak asing dengan ubi ungu. Ubi jalar yang kulitnya berwarna ungu tua dan begitu juga di bagian dalamnya. Ungu dan sangat menggoda untuk dimakan. Ternyata  ubi ungu ini memiliki manfaat yang  tidak biasa, tentu anda akan rugi jika tidak mengkonsumsinya. Meskipun makanan ini tampaknya makanan kampungan, tapi manfaatnya tidak diragukan lagi. Berikut saya sharing disini beberapa kandungan dan khasiat dari ubi ungu.
Pigmen ungu pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan karena dapat menyerap polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan sel-sel darah. Ubi jalar ungu juga mengandung serat tinggi alami, prebiotik, kadar Glycemic Index rendah, dan oligosakarida.
Ubi jalar ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Ini juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam kentang manis, termasuk vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar termasuk besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).
kandungan lainnya adalah kandungan protein, serat lemak, minyak mentah. kandungan antosianin jumlahnya bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g untuk 600 mg/100 g berat basah. Dan kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.
Purple anthocyanin ubi jalar ini memiliki fungsi fisiologis seperti antioksidan, antikanker, antibakteri perlindungan, terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. Ubi ungu bisa menjadi anti-kanker karena di dalamnya terdapat zat aktif yang disebut selenium dan yodium dan dua puluh kali lebih tinggi dibandingkan jenis ubi jalar lainnya. Ubi jalar ungu memiliki antioksidan dan aktivitas antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi daripada beberapa varietas “blueberry”, tapi juga baik untuk mendorong kelancaran sirkulasi darah.
Nah, bagi Anda yang tinggal di kota terkena rentan terhadap polusi udara, stres, makanan siap saji, junkfood, Ubi ini sangat cocok dijadikan sebagai kudapan anda. Mungkin anda dapat menghidangkannya dalam bentuk yang lebih menarik, seperti divariasikan dengan beberapa resep masakan dan kue. Ini adalah pilihan yang sehat untuk tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.