Akibat Kurang Tidur

Durasi waktu tidur yang cukup adalah salah satu syarat utama untuk memelihara kebugaran tubuh. Kualitas tidur pun sangat mempengaruhi kesehatan badan. Karena pada saat tidur, kita memberi kesempatan pada tubuh dan pikiran beristirahat maksimal untuk mengisi energi baru. Berikut saya sharing di sini efek apabila kita kurang tidur.

Ketika jam tidur kurang, tubuh umumnya mengalami keletihan, kurangnya daya konsentrasi, hingga mengakibatkan emosi tidak stabil. Secara garis besar, tidur mempengaruhi produktivitas, keseimbangan emosi, vitalitas tubuh, kesehatan jiwa, hingga berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas dianggap berkorelasi erat dengan kebiasaan kurang tidur.

Ketika hal ini tak terhindari, akibat pekerjaan ataupun hal lainnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Di antaranya adalah memperbanyak minum air putih. Usahakan agar tubuh anda mendapatkan oksigen yang cukup untuk membantu mengatasi rasa letih maupun membantu meningkatkan daya konsentrasi anda.

Meski kurang tidur, tubuh tetap perlu diolah agar tetap bugar. Tak ada salahnya berjalan kaki santai selama beberapa saat untuk merangsang lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Di samping itu, anda pun perlu menghirup udara segar untuk membuat tubuh terbangun.

Kebugaran tubuh juga bisa dijaga dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, seperti pisang yang mengandung banyak kalsium dan bisa menyuplai energi. Di sisi lain, tak ada salahnya mengistirahatkan mata dengan tidur setidaknya 20 menit di siang hari. Hal ini pun telah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat italia, yang dikenal dengan siesta, yaitu tidur siang untuk mengembalikan energi, yang berakibat positif pada efektivitas kerja.

Sebaiknya kurangi kebiasaan tidur larut malam (begadang), mengingat efek jangka panjangnya yang bisa mengganggu kesehatan dan kualitas hidup anda. Selain itu, tidur larut malam juga mempengaruhi penampilan wajah anda yang terlihat tidak segar. Sehingga menimbulkan kantung di bawah mata, yang pada akhirnya memicu penuaan dini pada penampilan wajah anda.

Nah, jika sudah tau akibatnya, masih mau meremehkan pentingnya tidur? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.