Kegunaan Pemeriksaan DNA

Pemeriksaan DNA bukan Cuma untuk mengungkap garis keturunan saja, tetapi juga bisa mengungkap tabir kejahatan. Plus tentunya segudang manfaat lainnya.

Setiap orang mempunyai susunan DNA (Deoxyribo Nucleid Acid) yang spesifik dan unik. DNA adalah materi genetic yang membawa informasi yang dapat diturunkan. Setiap orang memiliki susunan DNA berbeda. Kemungkinan seseorang mempunyai DNA yang sama, yaitu 1 banding 2 milyar alias hampir mustahil.

Pemeriksaan DNA dilakukan karena berbagai alasan seperti masalah pribadi, hokum, forensic dan sebagainya. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengidentifikasi DNA antara lain :

1. Mengetahui status anak dalam keluarga

Bila ayah memiliki kecurigaan pada status anaknya, ia dapat meminta dilakukan tes DNA terhadap si anak. Bila ia memang bukan anak kandungnya, ayah tersebut berhak mengajukan ralat namanya ke pengadilan atas status anak tersebut pada akta kelahirannya, sehingga ia tidak memiliki hak dan kewajiban terhadap anak tersebut yang bukan anak kandungnya. Pemeriksaan DNA anak bahkan dapat dilakukan semenjak ia dalam kandungan. Yang dijadikan sampel adalah jaringan tali pusat (Chorionic Villi Sample)

2. Urusan Imigrasi dan Kewarganegaraan

Orang Indonesia yang menikah dengan warga Negara asing dan berniat memboyong anak mereka pindah ke luar negeri harus memperlengkapi diri dengan hasil tes DNA yang membuktikan bahwa benar anak tersebut merupakan anak biologis mereka. Tujuannya untuk menghindari praktik perdagangan anak atau masuknya anak dengan cara illegal.

3. Solusi kasus bayi tertukar

Kasus bayi tertukar kebanyakan disebabkan kelalaian atau kecerobohan para penyedia jasa kesehatan. Misalnya, bayi yang baru lahir di rumah bersalin/rumah sakit tidak langsung diberi penanda identitas, bisa juga penanda ini mudah lepas, tintanya mudah terhapus dan lain-lain. Kecurigaan orangtua dibuktikan dengan tes DNA untuk memastikan identitas bayi yang sebenarnya.

4. Mengidentifikasi korban bencana/perang

Bencana alam dalam skala besar ataupun perang hebat dapat menyebabkan keluarga tercerai berai. Yang paling berat, anak-anak terpisah dari orang-orang yang mencari kesempatan dengan melakukan trafficking, membawa anak-anak keluar daerah bencana/perang untuk kemudian diperdagangkan. Nah, untuk mempertemukan kembali korban dengan orangtuanya, atau mengidentifikasi korban meninggal sebelum dikuburkan, dan mencegah perdagangan anak, diperlukan bukti genetic

5. Mengidentifikasi korban maupun pelaku suatu tindak kejahatan

Anak-anak yang diculik, dbunuh, atau dipisahkan secara paksa dari orangtuanya dapat dilacak identitasnya dengan tes DNA untuk dicarikan orangtua biologisnya. Pada kasus-kasus pembunuhan dan pemerkosaan apalagi yang tampak buntu, pemeriksaan DNA dapat memudahkan mengidentifikasi korban dan tersangka.

6. Mencari Silsilah keluarga

Misalnya untuk mencari kebenaran mengenai siapa keturunan orang tertentu. Hal ini dimungkinkan karena ada bagian pola DNA yang diturunkan ayah kepada anak, cucu, cicit dan seterusnya yang berjenis kelamin laki-laki.

7. Untuk Identitas Diri

Memiliki identitas DNA sudah menjadi kesadaran sebagian orang. DNA ID dimiliki terutama untuk memudahkan pencarian dan identifikasi sekiranya mereka mengalami kecelakaan.

8. Identitas untuk hewan langka

DNA ID juga dapat diberlakukan bagi hewan langka seperti ikan arwana siper red, yang tidak boleh diperjualbelikan ataupun dimiliki tanpa surat-surat resmi. DNA ID dalam bentuk chip bisa ditanam di bagian kepala hewan. Dengan begitu keaslian sertifikat kepemilikan hewan langka dapat dibuktikan melalui pencocokan dengan DNA ID-nya.

sumber : healthy magazine

One thought on “Kegunaan Pemeriksaan DNA

  1. Brapa biaya tes dna yg paling murah dan di rumah sakit mana ya mba ? Utk tes dna dgn tujuan agar tdk bertanggung jawab apapun jika terbukti anak bukan anak kandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.