Fakta tentang Garam

Garam sangat dibutuhkan manusia. Garam membuat rasa asin dan selalu digunakan untuk memasak. Memasak tanpa menggunakan garam membuat makanan terasa hambar. Garam dibutuhkan oleh manusia untuk kesehatan. Karena begitu banyak manfaat garam bagi kehidupan manusia saya sharing di sini tujuh fakta menarik tentang garam yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Pada abad pertengahan, garam sangat mahal, sering disebut “emas putih”. Di Jerman ada trotoar garam yang digunakan sebagai rute transportasi antara Baltic Coast ke kota-kota pedalaman di Luneberg.

2. Sampai abad ke-20, garam digunakan di Abyssinia (sekarang disebut Ethiopia) sebagai alat pembayaran atau mata uang.

3. Garam hitam diproduksi di India, dibuat dengan mencampur garam dengan biji Harad. Bila campuran tersebut diuapkan akan meninggalkan gumpalan hitam garam.

4. Garam di awal tahun 1800 harganya 4 kali lebih mahal daripada daging sapi.

5. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat mematikan. Perbandingannya adalah sebagai berikut: 1 gram garam per kilogram berat badan. Misalnya, jika Anda mempunyai berat badan 70 kg, dibutuhkan 70 gram garam untuk membunuh Anda. Anehnya, kaum bangsawan di Cina bisa menggunakan garam sebagai bagian dari ritual bunuh diri.

6. Tahukah Anda bahwa garam sangat penting bagi tubuh. Jika pasokan garam terlalu sedikit dalam tubuh, dapat menyebabkan hiponatremia yang fatal.

7. Salar de Uyuni, Bolivia, adalah gurun garam terbesar di dunia dengan luas 4000 mil persegi. Jika ada lapisan tipis air di atasnya, akan tampak seperti cermin garam di gurun besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.