Hindari Polusi Udara di Dalam Rumah

Siapa bilang polusi udara hanya bisa terjadi di jalan raya saja. Di dalam rumah pun, polusi udara dapat timbul. Berikut ini penyebabnya.

  • Asap Rokok

Partikel dan asap yang keluar dari rokok adalah campuran komplek yang terdiri atas ribuan bahan kimia, termasuk karsinogenik (menyebabkan kaner). Bahkan, asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan yang membuat iritasi mata dan pernapasan.

  • Asap knalpot kendaraan

Asap kendaraan masuk ke dalam rumah sering terjadi saat pemilik tanpa sadar menyalakan mesin mobilnya yang sedang parkir di carport. Salah satu gas berbahaya yang dihasilkan oleh asap knalpot adalah karbon monoksida (CO). Di dalam darah, hemoglobin akan mengikat CO lebih cepat daripada O2. Akibatnya darah dalam tubuh kita akan kekurangan O2 dan lama-lama dapat merusak organ tubuh terutama organ pernapasan.

  • Asap dari dapur

Asap yang dihasilkan oleh proses memasak juga dapat menyebabkan udara dalam ruangan tercemar. Bahan ini dapat membahayakan  kesehatan jika asap kompor tidak cukup bersirkulasi melalui ventilasi.

  • Bahan Kimia

Beberapa produk rumah tangga seperti pewangi ruangan, kamar mandi, dan telepon umumnya menggunakan berbagai macam bahan kimia. Tak jarang kita mencium bau pewangi tersebut yang begitu menusuk hidung hingga membuat kepala menjadi pening.

Yang tidak kalah berbahaya adalah bahan kimia yang terdapat pada racun serangga, baik yang dibakar, disemprot maupun elektrik. Beberapa racun yang masih dipakai adalah propoxur dan transfluthrin.

Tanaman yang jarang dikeluarkan dari ruangan juga tidak baik karena pada malam hari tanaman mengeluarkan karbondioksida dan mengonsumsi oksigen.

sumber : life style magazine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.