Menghindari Kosmetik Kadaluwarsa

Akhir – akhir ini kita sering mendengar berita mengenai peralatan kosmetik (make-up) yang mengandung zat kimia berbahaya yaitu merkuri. Selain itu ada juga yang tak kalah berbahayanya yaitu pemakaian kosmetik yang sudah kedaluwarsa. Tentu saja, kosmetik seperti ini akan membahayakan kulit Anda jika masih tetap memakainya. Berikut saya sharing di sini  tips menghindari kosmetik yang sudah kedaluwarsa:

1. Eye Shadow

eye shadow dapat berbentuk padat maupun bubuk yang hampir sama dengan pemerah pipi. Masa penggunaan benda ini adalah 2 tahun. Anda harus mengingat kapan terakhir membelinya dan harus menutup kembali rapat-rapat benda ini sehabis menggunakannya. Jika pemakaiannya lebih dari 2 tahun sebaiknya, eye shadow ini dibuang saja dan ganti dengan yang baru.

2. Eye Liner

Eye liner ada dua jenis yaitu berbentuk pensil dan cair seperti maskara. Jika Anda lebih sering menggunakan eye liner pensil, justru lebih baik karena jenis ini mampu bertahan lebih lama, yaitu kira-kira sampai 1 tahun. Sedangkan eye liner cair hanya mampu bertahan selama 3 bulan. Jika dalam kurun waktu tersebut Anda mengalami gatal-gatal atau iritasi segeralah hentikan pemakaian dan gantilah eye liner Anda dengan yang baru.

3. Maskara

Jangan pakai maskara yang sudah menggumpal dan mengering di bagian pinggir tabungnya. Itu tandanya maskara Anda sudah melewati batas waktu pemakaian yang seharusnya hanya mencapai waktu 3 bulan. Untuk menjaga maskara Anda tetap awet, kurangilah kebiasaan memasukkan dan mengeluarkan kuas pemulasnya ke dalam tabung maskaranya. Itulah yang membuat maskara cepat kering.

4. Lipstik

Lipstik lebih tahan lama dibanding maskara. Benda untuk memulas bibir Anda jadi merona ini bisa tahan sampai 2 tahun penggunaan. Asalkan Anda segera menutupnya lagi begitu selesai pemakaian. Jangan biarkan tutup lipstik Anda hilang entah kemana. Hal ini akan membiarkan bakteri menempel dan berkembang biak pada lipstik yang sehari-hari Anda gunakan itu.

5. Foundation

Foundation atau alas bedak juga memiliki 2 jenis, yaitu cair dan padat. Lagi-lagi, alat kosmetik dalam bentuk cair tidak bertahan lama dibandingkan dengan yang berbentuk padat. Hal ini dikarenakan mudahnya bakteri yang terbang terbawa udara berkembang biak di dalam cairan kosmetik tersebut. Alas bedak cair maksimal digunakan hanya dalam waktu 1 tahun. Sedangkan alas bedak yang padat dapat bertahan hingga 2 tahun. Daripada mengambil resiko kerusakan pada kulit wajah Anda, sebaiknya segeralah ganti foundation Anda dengan yang baru jika sudah melewati batas waktu pemakaian maksimal.

6. Bedak

Bedak ada 2 macam, yaitu berbentuk tabur/bubuk dan bentuk padat. Baik bedak tabur maupun bedak padat usianya jauh lebih awet daripada kosmetik lain yang berbentuk cair. Jika usia bedak sudah lama, lebih dari 2 tahun dan dalam kondisi sudah pernah dipakai/kemasan pernah terbuka, biasanya teksturnya akan berubah, bedak bubuk/tabur akan mudah menggumpal. Saat anda pakai, teksurnya tidak menempel di kulit  atau bahkan dapat menimbulkan gatal, iritasi kulit.

Jadi, secara umum, Kosmetik yang berbentuk cair memiliki masa penggunaan yang lebih singkat disbanding kosmetik padat/bubuk. Anda harus memperhatikan tanggal pembelian benda tersebut. Jangan memakai kosemetik cair lebih dari waktu yang sudah ditentukan karena bisa saja kosmetik Anda sudah berada dalam masa kedaluwarsa.

Nah, sekarang  Anda bisa lebih memperhatikan kosmetik yang sedang dipakai, mengingat, menandai waktu tanggal pertama kali Anda memakainya. Semoga informasinya bermanfaat. Sehingga Anda tetap cantik memakai kosmetik dan kulit Anda tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.