10 Small Ways to Cut Big Risks

Memperoleh tubuh sehat luar dan dalam tidaklah mudah jika kita tidak menerapkannya secara teratur dan disiplin. Berikut Sharing di Sini akan berbagi mengenai 10 cara mudah untuk mendapatkan tubuh sehat luar dan dalam.

JANTUNG SEHAT

# Gunakan Tangga. Penelitian di Universitas Belfast, Queens, menyarankan perempuan yang terbiasa duduk terus-menerus untuk sesekali naik turun tangga selama dua menit, dengan total lima belas menit per hari. Setelah delapan minggu, kesehatan jantung mereka meningkat sebesar 17% dan kolesterol jahat mereka turun sebanyak 8%.

# Ketahui angka anda. Kurang dari 1/3 kaum hawa tahu tingkat kolesterol mereka, meski sejauh ini penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama pada perempuan. Periksakanlah kadar kolesterol dan tekanan darah anda secara rutin. Dokter anda dapat menaksir risiko yang anda miliki dengan mempertimbangkan faktor lainnya seperti gaya hidup dan sejarah keluarga.

OTAK SEHAT

# Jaga kesehatan jantung. “ Apa yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak” ujar Srah Day, ketua peneliti kesehatan masyarakat di Alzheimer’s Society. Bentuk kedua yang paling umum dari demensia, selain Alzheimer, adalah demensia vaskuler. Ini disebabkan oleh masalah aliran darah ke otak, melalui rangkaian stroke ringan atau satu stroke berat. Itulah mengapa gaya hidup dan kesehatan pembuluh darah anda sangat penting.Diet sehat, tidak merokok, olahraga dan kesadaran akan kolesterol dan tekanan darah sangat penting untuk mencegah demensia.

#Membina hubungan social. Mungkin anda perlu bermain Sudoku pada malam tertentu bersama teman-teman. “Bukti paling nyata dalam pencegahan demensia adalah melalui interaksi social”, tutur Sarah Day. Penelitian terhadap 1.200 orang selama lebih dari tiga tahun membuktikan behwa mereka yang jaringan sosialnya terbatas beresiko 60% lebih tinggi untuk mengidap Alzheimer atau demensia.

MENCEGAH KANKER

# Jadilah semi vegetarian. Artinya, kurangi konsumsi daging dalam seminggu. Beberapa tahun yang lalau, Cancer Research UK telah mendanai penelitian terbesar di dunia tentang kanker dan gaya hidup, kunci penemuannya yaitu banyak serat dalam bentuk kacang-kacangan dapat mengurangi risiko penyakit pada usus, perut dan kanker esophagus. Sedangkan danging erah atau daging olahan dapat meningkatkan risiko tersebut.

# Hindari alcohol. Alkohol merupakan penyebab utama dari tujuh tipe kanker, menurut hasil penelitian EPIC. “Lebih dari satu gelas alcohol dalam semalam, dapat meningkatkan risiko kanker.” Ujar dr. Harvie. Ini juga memengaruhi liver dan organ vital lainnya, serta kandungan kolesterol. Mengonsumsi 2.000 kalori sebulan dari alcohol setara dengan memakan 48 roti isi daging dalam setahun.

TULANG KUAT

# Berkonsultasi dengan dokter. Satu dari dua perempuan berpotensi mengidap osteoporosisi, tapi anda dapat mengurangi risiko tersebut. Setelah menopause, risiko pengeroposan tulang anda akan meningkat drastic karena kadar estrogen yang berkurang. Sejarah keluarga merupakan kuncinya. Jika orangtua anda mengalami patah tulang panggul, atau ibu anda bertambah kurus seiring dengan bertambahnya usia, berkonsultasilah dengan dokter. Faktor risiko lain untuk osteoporosis termasuk gaya hidup yang terlalu santai, merokok, sejarah anoreksia, menopause dini dan mengonsumsi obat steroid kortisol dalam jangka panjang. Jika anda punya satu dari gejala-gejala ini, dokter anda bisa menyarankan DEXA scan untuk memperkirakan kepadatan tulang anda.

# Peregangan dan keseimbangan. Latihan mengangkat beban secara rutin adalah kuncinya, sedangkan jalan cepat, jogging, menari atau mengangkat beban ringan, merupakan pelengkap. Yoga dalam seminggu dapat membantu anda mengurangi risiko cedera ketika jatuh. Jadi, anda relative lebih terjaga dari patah tulang di kemudian hari.

PENGLIHATAN SEHAT

# Lakukan pemeriksaan. Usia adalah faktor risiko utama dalam menurunnya kemampuan indera penglihatan, meski masalah in dapat dicegah melalui rangkaian hidup sehat dan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan mata sangat penting karena ada beberapa masalah yang sebenarnya bisa dicegah tapi tidak selalu berhubungan dengan berkurangnya penglihatan atau gejala lainnya. Deangan kata lain, awalnya anda tidak sadar sama sekali bahwa ada yang salah dengan penglihatan. Anjuran jika anda berusia 59 tahun untuk menjalani tes sekali dalam dua tahun , serta setahun sekali jika sudah mencapai 60 tahun, atau jika anda memiliki sejarah keluarga yang mengalami glukoma, cobalah untuk melakukan pemeriksaan mata. Jika anda bekerja di depan komputer, perusahaan biasanya membiayai pemeriksaan mata.

# Beri asupan untuk mata. Hanya sedikit orang yang sadar bahwa kesehatan mata erat kaitannya dengan diet. Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan satu porsi ikan berminyak seperti ikan herring, makarel atau sarden dalam seminggu, dapat menggurangi 50% risiko turunnya kesehatan yang diakibatkan bertambahnya usia. Makanan lain yang menyehatkan mata dan dapat anda tambahkan dalam menu diet anda antara lain bayam, kale, apricot kering, kiwi, jeruk dan lada.

Jadi mulailah sedini mungkin untuk berdisplin menjaga tubuh sehat luar dan dalam.

 

Sumber : Healthy Magazine, edit by NE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.