Jitu Memilih Ban Sepeda Motor di Saat Musim Hujan

Musim hujan mulai datang. Segala aspek kendaraan harus disiapkan agar tetap aman dan nyaman melintasi jalanan yang basah. Tidak hanya rem dan mesin yang harus dijaga, pemilihan ban juga harus tepat terutama pada sepeda motor, agar keselamatan anda terjamin.

Dalam keadaan hujan, karet ban yang tidak sesuai malah tidak mampu memecah genangan air, hasilnya bisa saja terjadi slip. Hal ini sering dilupakan oleh pengendara sepeda motor, Daripada membeli ban baru, mereka lebih suka untuk berjalan pelan di lintasan basah. Tentu saja juga bisa berakibat fatal terhadap jiwa anda. Berikut in adalah beberapa tips Sharing di Sini seputar ban untuk sepeda motor.

  • Pertama, perhatikan tekanan angin pada ban. Hal ini penting untuk menghindari sepeda motor oleng yang berisiko mengakibatkan kecelakaan. Usahakan untuk konsisten terhadap ukuran tekanan angin sesuai standar yang ditetapkan pabrikan. Bila tekanan terlalu banyak, titik tumpu ban hanya berada di tengah-tengah telapak ban. Sebaliknya, apabila tekanan angin ban sepeda motor anda kurang, permukaan telapak ban akan lebih banyak. Ban akan cepat aus dan berpotensi mengalami pecah ban.
  • Kedua, cobalah untuk memilih komponen ban yang lunak. Ban dengan karakter karet yang lumak memiliki daya cengkeram yang cukup kuat ketika sepeda motor anda melintasi jalanan basah dan licin. Apabila anda memilih untuk memakai ban bekas, perhatikan ukiran atau batikan di telapak ban masih dalam kondisi bagus atau tidak gundul.
  • Ketiga, coba perhatikan pola ukiran ban tersebut. Dalam kondisi hujan, cobalah untu menggunakan pola ukiran yang searah. Hal in dikarenakan pola ukiran tersebut berfungsi sebagai jalur di mana air bisa mengalir sekaligus memecah genangan air. Perhatikan juga tingkat kedalaman ukirannya. Anda bisa memperkirakannya. Apabila anda ragu cobalah untu bertanya kepada penjual.
  • Keempat, jangan menggunakan ban dengan ukuran yang lebih kecil yang dianjurkan. Lebar telapak juga sangat berpengaruh pada daya cengkeram dan pijakan ban terhadap permukaan jalanan. Ukuran yang tepat bisa membuat sepeda motor anda lebih stabil terutama saat hujan.

Sumber : Otomotive News edit by TS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.