Madu, Obat Batuk Alami untuk Anak – anak

Sudah sejak jaman dahulu madu dikenal sebagai obat alami yang berkhasiat untuk segala jenis penyakit. Bahkan berdasarkan hasil penelitian terkini, Madu mampu meredakan batuk pada anak-anak.

Batuk pada anak-anak seringkali mengganggu di malam hari.  Hal ini tentu membuat buah hati Anda tidak dapat tidur, Orangtua pun dibuat kesal karena terganggu dan kurang tidur.  Namun jangan khawatir, jika Anda mengalami hal ini, terapilah buah hati Anda dengan madu. Satu sendok makan madu (atau 2 sendok teh) yang diberikan kepada anak-anak sebelum tidur akan membantu meredakan batuk yang dialaminya. Terapi madu ini dapat digunakan sampai batuknya benar-benar sembuh.

Dari hasil penelitian terapi madu, pada awal penyembuhan anak-anak yang diberi madu, frekuensi batuknya menjadi jauh lebih berkurang , tidak sering, menjadi tidak parah,  dan tidur pun nyenyak. Kemudian pada hari selanjutnya hilang dengan sendirinya.

“Batuk merupakan salah satu alasan mengapa anak-anak sering pergi ke dokter. Namun terapi untuk mengatasi gejala batuk dan pilek seringkali menimbulkan masalah seperti tidak begitu efektif atau bahkan tidak efektif sama sekali dan terkadang terapinya berpotensi memunculkan efek samping. Berbeda dengan yang selama ini kami berikan yaitu obat-obatan kimia yang ada efek sampingnya, madu ini terbukti benar-benar aman,” Demikian papar Dr. Ian Paul, seorang dokter anak dari Pennsylvania State University di Hershey  yang dilansir dari reutershealth, Senin (6/8/2012).

Dr.Paul menambahkan, “Madu bisa membantu meredakan batuk pada anak-anak karena madu sangat kaya akan antioksidan yang bisa memberi semacam perlawanan terhadap infeksi apapun yang menyebabkan gejala batuk dan pilek, namun meski demikian Sebaiknya orangtua TIDAK memberikan madu pada bayi di bawah usia satu tahun, karena belum sesuai dengan system metabolisme dan pencernaannya.”
Berdasarkan sebuah jurnal Pediatrics, Dr. Herman Avner Cohen dari Tel Aviv University menuturkan “Kualitas tidur orangtua pun akan menjadi lebih baik setelah anak-anaknya diberi madu. Jenis madu yang berbeda bisa jadi mengandung antioksidan, vitamin C dan flavonoid  yang berbeda juga. Namun yang perlu diperhatikan, bahwa semakin gelap warna madunya maka kandungan antioksidannya akan semakin banyak.”

***

Nah, Semoga informasinya bermanfaat bagi Anda yang putera-puterinya sedang sakit batuk pilek. Jika gejala batuk pilek sudah mulai melanda, tidak ada salahnya Anda berikan madu sebelum tidur pada  putera-puteri Anda. Sebelum batuk pileknya menjadi jauh lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.