Bijak Menggunakan Kosmetik

Rak di kamar mandi atau meja rias anda penuh kosmetik. Sebagian sudah terbuka sejak lama dan bisa menjadi sarang bakteri sehingga berisiko menimbulkan masalah, bahkan infeksi, di kulit wajah anda. Jadi, jangan segan mengganti produk make-up secara berkala, berikut sedikit informasi dari Sharing di Sini mengenai produk kosmetik.

>> Masa Pemakaian

Produk-produk make-up sebaiknya digunakan paling lama tiga bulan setelah kemasannya dibuka, lebih dari itu buang saja. Setelah dibuka, kemungkinan bakteri menempel di dalam produk dan bahan pengawet tak lagi bekerja. Produk rias mata atau foundation cair yang sudah dibuka selama satu tahun atau lebih, bisa menyebabkan kulit merah-merah, berjerawat, atau iritasi. Ingat, banyak produk kosmetik yang dijual tanpa mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Tetapi jika produk kosemetik anda tercantum tanggal kadaluarsanya, ikuti masa pemakaian produk tersebut sebelum masa tanggal kadaluarsanya berakhir.

>> Aroma atau Tekstur Berubah

Jika produk make-up anda berubah aromanya atau teksturnya, langsung saja dibuang. Aroma bisa anda cek saat membuka produk. Jika tercium wangi yang berbeda, pertanda sudah tidak layak pakai. Selain itu, perhatikan tekstur produk make-up anda. Jika lipstick berkeringat, berjamur, atau terasa pahit, berarti good bye! Begitu pula foundation cair, jika kandungan minyak dan bedak cairnya tampak berpisah atau mongering, itu juga saatnya untuk diganti.

>> Hindari Tukar Menukar

Jika anda bosan, boleh saja bertukar tas tangan dengan teman anda. Tapi, jangan biasakan tukar menukar produk make-up. Contohnya lipstick, karena berpotensi menularkan virus. Jadi, yang satu ini anggap saja barang pribadi, tak perlu pinjam atau dipinjamkan.

>> Kebersihan Peralatan

Selain make-up yang dipakai sehari-hari, jangan lupa kebersihan peralatannya. Contohnya, spon untuk mengaplikasikan bedak, kuas untuk bibir atau eye-shadow, kuas besar untuk blush on, sikat kecil untuk alis mata, dan sebagainya. Semua peralatan itu berpotensi menyimpan bakteri. Jadi, jagalah kebersihannya. Biasakan untuk dicuci, dikeringkan atau ganti yang baru.

Sumber : Woman Magazine, edit by NE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.