Mengenal SIM Card Nano di iPhone 5

iPhone 5 yang akan tersedia di Indonesia sekitar akhir Oktober ini dikabarkan akan menggunakan SIM Card Nano atau Nano SIM. Sebelum Apple menggunakan Nano SIM untuk pertama kalinya, vendor raksasa Amerika ini telah menerapkan Micro SIM di iPhone 4 produknya.

Jadi apa perbedaan SIM Card, Micro SIM dan Nano SIM? Perbedaan yang dapat dilihat secara mendasar adalah ketebalan setiap kartu SIM. SIM Card generasi pertama adalah kartu telepon selular biasa yang secara luas digunakan, mempunyai  ukuran paling besar, sedangkan Micro SIM adalah kartu dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk mengganti SIM Card ke Micro SIM, pengguna dapat memotong kartu SIM yang digunakan.

Tapi hal yang sama tidak dapat dilakukan bila pengguna ingin mengubah Micro SIM ke Nano SIM. Dilansir NDTV di Trenologi.com, Nano SIM 15% lebih tipis dari kartu SIM biasa. Nano-SIM berukuran 12,3 mm x 8,8 mm x 0,67 mm sehingga mustahil dapat memodifikasi Micro SIM menjadi Nano SIM.

Tetapi meskipun demikian Nano SIM tidak hanya dapat digunakan di iPhone 5, ada adapter yang tersedia untuk membuat Nano SIM kompatibel yang dapat digunakan dalam ponsel yang menggunakan normal SIM card atau Micro SIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.