Tipe Kepribadian Menentukan Jenis Pekerjaan

Tak semua jenis pekerjaan bisa dipilih semua orang. Sebab, ada orang yang tidak cocok untuk jenis pekerjaan tertentu. Salah satu faktor untuk mengukur apakah seseorang cocok dengan suatu bidang pekerjaan adalah kepribadian.

Tiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Ada orang yang sabar, ada pula yang cepat marah. Ada yang teliti, tapi ada juga yang kurang cermat. Ada orang yang agresif, tapi ada pula yang lamban. Ada yang menyukai petualangan, tapi ada pula yang memilih lebih banyak berdiam diri di ruangan. Berdasarkan tipe orientasi kepribadian, ada beberapa jenis pekerjaan yang cocok buat mereka. Tipe kepribadian tersebut bisa pula hasil kombinasi sejumlah tipe tunggal.

Berdasarkan sejumlah literatur psikologi Sharing di Sini akan menjabarkan sedikit dari tipe kepribadian yang bisa menjadi salah satu faktor penentu jenis pekerjaan seseorang. Tipe kepribadian murni antara lain :

# Tipe Realistik, Sifat dan perilaku orang bertipe ini agresif. Pekerjaan yang cocok antara lain mekanik, operator mesin, tenaga pengepakan dan staf produksi.

# Tipe Sosial, Orang bertipe ini memiliki kemampuan sosial tinggi dengan orang sekitarnya. Pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah public relations, customer service, guru atau pekerja sosial.

# Tipe Investigatif, Tipe orang seperti ini lebih banyak berpikir daripada bertindak. Ia lebih suka mencari jalan keluar atas masalah yang dihadapi daripada harus pekerja mengunakan fisik. Tipe ini cocok bekerja sebagai peneliti dan programer.

# Tipe Konvensional, Pada tipe ini, orangnya selalu patuh kepada peraturan. Pekerjaan yang cocok antara lain akuntan, administrasi , staff dan sekretaris.

# Tipe Usaha, Orang yang mempunyai kemampuan verbal yang andal, pandai berkomunikasi, memengaruhi , merayu dan meyakinkan orang. Pekerjaan yang cocok untuk orang dengan tipe ini antara lain wiraswasta dan staff marketing.

# Tipe Kreatif, Orang bertipe ini senang mengekspresikan diri secra artistik atau seni seperti bernyanyi, melukis, menulis, atau akting. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah copy writer, penulis, pemain teater, bintang film atau sinetron, pelukis, desainer dan penyanyi.

Selain tipe kepribadian murni atau tunggal, bisa ditemui orang bertipe kepribadian kombinasi dari sejumlah tipe murni tersebut, di antaranya :

  • Realistik Investigatif

Orang dengan ciri-ciri gabungan dari dua tipe yakni relaistik dan investigatif. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah pegawai investigasi, ahli pertanian dan surveyor.

  • Investigatif Kreatif

Orang dengan ciri-ciri gabungan investigatif dan kretaif. Pekerjaan yang cocok adalah ahli kecantikan, desainer interior dan asisten museum.

  • Artistik Sosial

Pekerjaan yang cocok untuk tipe gabungan ini adalah guru musik, guru taman kanak-kanak dan terapis seni.

  • Usaha Konvensional

Pekerjaan yang sesuai untuk tipe kombinasi ini antara lain manager real estate, agen asuransi, atau administrasi penjualan

  • Sosial Usaha

Pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah manager hotel, interviewer dan direktur pelayanan masyarakat.

Sumber : Woman Magazine, edit by NE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.