Jenis Sakit Kepala dan Mengatasinya

Sakit kepala ada beragam jenisnya dan tentu saja cara mengatasinya pun berbeda.  Jangan sampai Anda salah mengenali sehingga menjadi bertambah parah. Yang perlu diperhatikan, Anda harus mengenali sakit kepala sebelum memberikan penanganan yang tepat. Mengetahui jenis sakit kepala yang sedang dialami dapat membantu menemukan obat yang tepat. Jika Anda belum tahu beberapa jenis sakit kepala, berikut  saya Sharing di Sini Berbagai jenis  sakit kepala yang pada umumnya mengganggu.

1. Migrain  

Migrain disebut juga sakit kepala sebelah. Migrain biasa disebabkan oleh stres, masalah hormonal, makanan, dan cuaca.  Gejala yang timbul biasanya peka terhadap cahaya, bau serta suara yang diikuti dengan mual, muntah dan berbagai gejala lainnya. Dua puluh persen penderita pada umumnya memiliki gangguan visual yang mendahului rasa sakit. Obat sakit kepala khusus migrain yang dijual di pasaran bisa digunakan untuk ini. Yang dapat Anda lakukan agar migraine tidak datang adalah mengubah gaya hidup dan menghindari stres.

 2. Sakit kepala cluster

Walaupun sakitnya ada di belakang mata, ini termasuk dalam kategori sakit kepala. Sakit yang sangat menyiksa dan muncul sesaat setelah penderita tertidur ini biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja, namun pada beberapa orang dapat bertahan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Penderita sakit kepala ini pada umumnya adalah laki-laki dan sangat jarang terjadi, namun cenderung terjadi setiap hari pada waktu yang sama. Dokter menduga hal ini dipengaruhi oleh bagian otak yang bernama hipotalamus yang berfungsi untuk mengatur waktu. Sakit ini biasanya dipicu oleh alkohol serta rokok. Jika sakit muncul bisa diatasi dengan Triptans sedangkan untuk mencegah dapat menggunakan obat Rx serta melatonin.

3. Sakit kepala sinus

Sakit kepala ini sering kali disangka orang sebagai sakit kepala sebelah atau migrain. Sakit kepala yang satu ini tergolong sangat tidak biasa. JIka Anda memiliki sakit kepala diikuti dengan lendir yang keluar dari hidung juga rasa sakit di area mata dan hidung serta dibarengi dengan demam, kemungkinan Anda sedang  terkena sakit kepala sinus. Sakit kepala ini disebabkan oleh infeksi akut di daerah sinus. Perawatan bisa dilakukan dengan OTC penghilang rasa sakit serta obat-obatan sinus.

4. Sakit kepala karena tegang

Sakit kepala ini adalah yang paling sering dialami oleh semua orang. Hampir 90 persen orang pernah mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh ketegangan yang ada di otot belakang leher serta otot kepala. Kepala merasakan tekanan disekitar kepala khususnya dahi dan tidak ada gejala lain yang menyertai sakit kepala yang satu ini. Sakit yang ditimbulkan dari yang ringan sampai yang sedang. Untuk mengobati sakit kepala ini, kamu bisa menggunakan penghilang rasa sakit OTC seperti ibuprofen dan naproxen .

Sakit kepala dapat terjadi akibat dari kelelahan, ketegangan, stress, irirtasi terhadap suatu rangsangan seperti monitor tv/computer, cahaya, ketinggian, ponsel,  kurang istirahat, maupun disebabkan oleh faktor lain seperti serangan bakteri/virus. Yang perlu Anda lakukan untuk pencegahannya adalah dengan budaya hidup sehat, menjaga kebersihan, gizi makanan, olahraga, dan jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan relaksasi tubuh Anda, tidur siang sejenak atau meditasi. JIka anda sering mengalami sakit kepala tanpa sebab yang pasti dan berlangsung lama, segera berkonsultasilah pada dokter.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.