Tips Agar Tulang Sehat dan Kuat

Memiliki tulang yang kuat dan sehat merupakan investasi yang penting di masa tua. Tulang keropos dan badan bungkuk, adalah akibat dari tidak dijaganya kesehatan tulang sejak masa muda. Kesehatan tulang sangat penting dijaga karena tulang merupakan penopang tubuh manusia. Tanpa tulang yang kuat, tubuh kita tidak dapat berdiri dengan tegak, untuk beraktifitas pun menjadi terhambat. Berikut saya sharing di sini Tips Agar Tulang Sehat dan Kuat, berdasar paparan Professor Dawn Glasgow, seorang ahli kesehatan dan penuaan di Glasgow Caledonian University.

1. Mengonsumsi makanan bervitamin D dan kalsium

Makanan yang mengandung vitamin D contohnya adalah cereal, yogurt, telur, susu, keju beserta makanan yang mengandung turunannya. Sumber lain vitamin D dan kalsium adalah sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sawi hijau. Kacang-kacangan juga tinggi mineral seperti kacang merah dan kedelai.  Untuk produk laut yang kaya vit D dan kalsium adalah ikan tongkol, ikan sarden, ikan teri dan ikan salmon. Jika Anda memenuhi gizi vitamin D dan kalsium, maka tulang akan kuat. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh Anda tidak akan mampu menyerap kalsium dengan baik sehingga memiliki tulang yang lemah.

2. Berjemur di pagi hari

Selain dari makanan, vitamin D juga bisa Anda dapatkan dari berjemur di bawah terik matahari pada pagi hari. Hanya dengan 10 menit berjemur, maka Anda sudah mengurangi risiko patah tulang hingga 30 persen. Untuk itu, berjemurlah pada pagi hari mulai dari jam 7-9 pagi. Dengan berjemur, sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X.

3. Olahraga

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bila Anda tidak berolahraga, maka cenderung lebih sulit untuk mendapatkan tulang yang lebih besar, padat dan kuat. Cara meningkatkan kekuatan tulang adalah dengan latihan beban, terutama untuk merenggangkan otot dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari juga akan menjaga kekuatan tulang kaki Anda.

4. Hindari  merokok dan alkohol

Orang yang merokok cenderung memiliki tulang yang rapuh. Sementara, orang yang meminum alkohol lebih dari tujuh minuman dalam seminggu dapat mencegah tulang menyerap nutrisi dari makanan Anda. Dengan begitu, tulang Anda akan menjadi tidak sehat.

5. Hindari stres

Tingkat stres yang tinggi akan membuat tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini yang menyebabkan hilangnya masa tulang. Jika hal ini terus menerus terjadi,  lama-kelamaan tulang Anda akan mengalami osteoporosis.

**

Nah, untuk itu jaga kesehatan tulang Anda mulai hari ini, agar tulang tidak keropos dan osteoporosis. Menjaga tulang sejak masa muda, hasilnya akan kita nikmati di masa tua. Tulang tetap sehat dan kuat.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.