7 Fitur Baru di Windows 8

Windows 8 mengusung fitur-fitur baru yang tidak terdapat pada versi Windows sebelumnya sejak dirilisnya Windows XP pada tahun 2001 silam, terutama dengan User Interface Metro yang dioptimasi untuk generasi layar sentuh dan komputer tablet.

Namun apakah fitur-fitur Windows 8 cukup menjadi alasan untuk para konsumen melakukan upgrade dari versi Windows sebelumnya? Berikut ini beberapa alasan yang membuat kita layak mempertimbangkan Windows 8 diinstall di komputer kita.

1.Metro User Interface

Antarmuka pengguna bernama Metro diusung ke Windows 8 yang dioptimasi untuk generasi layar sentuh dan komputer tablet. Pada Metro UI kita akan menemukan Windows Store yang memungkinkan kita menginstall berbagai aplikasi baik gratis maupun berbayar seperti kita menggunakan smartphone.

2. Windows To Go

Fitur ini hanya ada di Windows 8 Enterprise yang memungkinkan admin untuk membuat Windows 8 bootable di media USB thumbdrive atau USB HDD. Dengan Windows To Go, kita akan mempunyai sistem operasi portable yang dapat digunakan di komputer lain dengan mudah tanpa harus menginstall dari awal.

3. Client Hyper-V

Windows 8 menandai hadirnya virtualisasi di komputer client (sebelumnya hanya ada di versi server) dengan Windows Client Hyper-V. Client Hyper-V lebih canggih daripada Microsoft Virtual PC dan membuat solusi mudah dan efektif untuk para profesional IT untuk mencoba mesin virtual di Windows 8. Dengan virtualisasi, kita dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi di komputer yang sama.

4. Picture Password

Windows 8 memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengingat password dan meningkatkan keamanan dalam waktu yang sama. Fitur ini bernama Picture Password. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih sebuah gambar / foto dan memasang touch gesture untuk mengakses sistem. Misalnya, pengguna dapat memilih foto istrinya, dan memasang gestur sentuhan berupa garis senyum di foto tersebut. Sehingga jika pengguna lupa  password, tinggal memilih foto dan melakukan gestur sentuhan sesuai yang sudah dipasang di foto tersebut.

5. Waktu Booting Lebih Cepat

Waktu boot (booting time) adalah salah satu yang sering menjadi komplain para pengguna Windows. Namun di Windows 8 hal ini sudah diperbaiki. Di grafik berikut terlihat perbandingan waktu booting Windows 7 dan Windows 8 pada beberapa komputer yang dites.

6. Batere Tahan Lebih Lama

Tim developer Windows telah bekerja untuk meningkatkan manajemen konsumsi daya pada laptop dan komputer tablet, dan Windows 8 mempunyai teknologi manajemen daya yang lebih canggih dari versi sebelumnya yang membuat batere laptop dan komputer tablet menjadi lebih tahan lama.

7. Reset dan Refresh

Windows 8 memperkenalkan dua fitur baru yaitu, “Refresh my PC” dan “Reset my PC”. Fitur yang pertama akan membuat komputer Windows 8 dikembalikan seperti sedia kala seperti pada waktu install pertama namun tetap mempertahankan setting dan data yang ada. Sedangkan fitur yang kedua akan membuat komputer Windows 8 dikembalikan bersih seperti pada waktu install pertama termasuk dihapus setting dan data penggunanya. Fitur ini cocok digunakan jika komputer kita terjangkit malware atau spyware dan kita ingin membersihkan Windows tanpa menginstall ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.