Tanaman Hias Pemurni Udara (Bagian 2)

Peran tanaman membantu membersihkan udara. NASA melakukan penelitian terhadap berbagai tanaman hias dan efektivitas mereka dalam menyaring bahan kimia berbahaya dari udara. Banyak tanaman yang sangat efektif menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara. Bukan hanya itu saja tanaman tersebut bisa mengatur kelembaban udara. Tanaman jauh lebih murah daripada mesin pemurni udara serta bersifat alami. Melengkapi tanaman hias pemurni udara bagian 1, Berikut Sharing di Sini Bagian ke-2 Tanaman hias di dalam rumah yang mampu menyaring polusi udara dan meningkatkan kualitas udara, dirangkum berdasarkan  studi NASA “Eco-friendly houseplants”.

11. Aloevera / Lidahbuaya

Tanaman ini  mudah tumbuh, mampu mengikat  benzena, yang disebabkan efek samping dari bahan kimia seperti pembersih, cat dan banyak lagi. Aloevera  adalah pilihan cerdas untuk jendela dapur menjadi cerah karena kemampuannya yang dapat meredam polusi rumah tangga. Manfaat lain dari  tanaman lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka dan luka bakar.

12. Spider plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman laba-laba mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, yakni pelarut yang digunakan dalam industri kulit, karet dan pencetakan.

13. Gerber daisy (Gerbera jamesonii)

Tunaman hias berbunga seperti bunga matahari ini sangat cantik dan macam warna bunganya sangat banyak. Tidak hanya cantik bunganya, bunga dan tanaman ini sangat efektif menghilangkan racun trichloroethylene.  Juga bermanfaat ebagai penyaring benzena yang diakibatkan tinta. Tempatkan satu bunga gerber daisy  ke ruang cuci Anda atau kamar tidur  yang cukup banyak cahaya.

14. Lidah mertua (Laurentii, Sansevieria trifasciata)

Tanaman ini merupakan salah satu yang terbaik untuk menyaring formaldehida, yang umum dalam produk pembersih, kertas toilet, jaringan dan produk perawatan pribadi.

15. Golden  pothos (Scindapsus Aures)

Tanaman ini mampu menyerap formaldehyde, merupakan tanaman merambat yang tumbuh cepat dan  menciptakan rumah hijau, sangat cantik jika ditempatkan dalam pot gantung. Garasi Anda biasanya adalah sumber formaldehida karena pembuangan asap knalpot mobil/motor. Tanaman ini tetap tumbuh bahkan ketika disimpan dalam ruang yang cenderung gelap/ tidak mendapatkan sinar matahari.

16. Chrysanthemum (Chrysantheium morifolium)

Tanaman hias ini selain berbunga cantik, memeprindah ruang kantor, rumah dan ruang tamu, tanaman bunga krisan membantu menyaring benzena, yang umumnya ditemukan di lem, cat, plastik dan deterjen. Tanaman ini menyukai cahaya terang, untuk membantu tunasnya membuka, Anda harus menemukan tempat di dekat jendela yang terbuka dengan sinar matahari langsung.

17. Red-edged dracaena (Dracaena marginata)

Tanaman ini mampu menghilangkan xilena, trichloroethylene dan formaldehida, yang dapat diperkenalkan ke udara dalam ruangan melalui lak, pernis dan bensin.

18. Weeping fig (Ficus benjamina)

Weeping fig / Beringin adalah Tanaman ini  dapat membantu menyaring polutan yang biasanya menyertai karpet dan furnitur seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene. Merawat ficus sedikit rumit, tetapi jika Anda rajin menyiram  dan kondisi cahaya yang tepat, mereka akan bertahan lama. Beringin juga dapat ditanam di pot, sehingga bentuknya menjadi bonsai.

19. Azalea (Rhododendron simsii)

Azalea sSangat indah bunganya berwarna merah jambu. Tanaman bunga ini mampu memerangi formaldehida dari sumber seperti kayu lapis atau insulasi busa. Tanaman ini biasa hidup di hawa dingin. Merupakan pilihan yang cocok untuk meningkatkan suhu udara dalam ruangan, di ruang bawah tanah Anda.

20. Chinese evergreen (Aglaonema crispum ‘Deborah’)

Tanaman ini membantu menyaring berbagai polutan udara. Aglonema sangat mudah perawatannya.  Bahkan dengan cahaya rendah, kadang mampu menghasilkan bunga dan buah yang berwarna merah.

21. Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium)

Bentuk daunnya menyerupai daun sirih, namun bukan. Ada yang mempunyai corak warna kuningan di bagian serat daunnya atau berwarna hijau kekuningan.  Ada yang menyerupai jari-jari atau seperti kuping gajah. Bisa ditempatkan dipot bermedia  air, maupun dipot  gantung.  Tanaman merambat ini bukanlah pilihan yang baik jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan, karena beracun bila dimakan. Namun fungsinya sangat baik dalam menghapus semua jenis VOC (volatile organic compounds). Philodendrons sangat baik memerangi formaldehida dari sumber-sumber seperti partikel kecil. [e_SdS]

source:

7 thoughts on “Tanaman Hias Pemurni Udara (Bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.