Berkendara Nyaman dengan Kaca Mobil Bersih

Air hujan, debu, dan zat kimia dari gas buang bermotor yang menempel di kaca mobil mungkin tak menjadi soal selagi anda masih melihat jalanan dengan baik. Namun, jika didiamkan, kondisi ini bisa menjadi bumerang.

Pasalnya, kotoran tersebut lama – kelamaan akan mengkristal dan membuat kaca menjadi buram. Masalah akan makin terasa ketika berkendara pada malam hari. Butiran kotoran di jendela terasa kian mengganggu saat terkena cahaya lampu mobil dari arah berlawanan.

Mengandalkan wiper dan air bukanlah solusi akhir untuk membersihkan kaca. Perawatan yang tepat dibutuhkan agar kaca tetap terjaga dengan baik. Yang utama adalah tidak membersihkan kaca di bawah sinar matahari langsung. Titik air atau zat pembersih yang terkena sinar matahari langsung justru dapat merusak keindahan kaca. Jika tak ada garasi untuk berlindung, siasati dengan membersihkan kaca pada pagi hari, sebelum pukul 08.00, atau sore hari, setelah pukul 16.00 – 17.00, ketika matahari tak terlampau terik.

Sebelum mengelapnya dengan cairan pembersih, siramlah kaca terlebih dulu dengan air untuk menyikirkan debu dan kotoran yang kotor. Dikhawatirkan, apabila langsung dilap, kotoran tersebut dapat menggores kaca saat digosok. Lap yang digunakan untuk menggosok pun tidak boleh sembarang. Sebaiknya gunakan kain yang lembut atau khusus untuk kaca. Tuang atau semport cairan pembersih pada kain lap terlebih dahulu, baru digosokkan pada permukaan kaca. Selanjutnya, gosokkan kaca perlahan dengan gerakan memutar lalu diusap dengan kain yang baru hingga benar-benar kering.

Dewasa ini ada banyak produk cairan pembersih kaca mobil yang bisa ditemui. Akan tetapi, tidak semua cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu, tak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya dan memperhatikan petunjuk penggunaan dengan seksama. Hal ini yan perlu diperhatikan adalah memeriksa kondisi karet wiper. Karet wiper yang getas, selain tak mampu membersihkan kaca dengan maksimal, juga dapat menggores permukaan kaca sehingga kain membuat kaca buram. Isi pula selalu tabung wiper dengan cairan khusus untuk membersihkan kaca agar kebersihannya tetap terjaga.

Sumber : Berbagai Sumber, edit by TE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.