Bila Panggilan Kerja Tak Kunjung Datang

Menunggu pekerjaan itu ibarat menunggu jodoh. Orang jawa sering mengatakan “pekerjaan itu jodoh jodohan atau rejeki rejeki nan”, artinya jika jodoh tidak akan kemana, pasti akan mendapatkannya. Perjuangan menunggu panggilan pekerjaan memang terasa berat. Ada yang sudah menyebarkan surat lamaran ke berbagai perusahaan, tetapi tidak ada satu pun yang merspons. Ada pula yang telah melalui tahap wawancara berulang kali, tetapi pekerjaan belum juga diraih.

Kecemasan dalam setiap penantian memang acap kali menimbulkan pertanyaan, “Mengapa saya belum mendapat panggilan?”

Agar tidak larut dalam penantian yang sia-sia, anda perlu mengevaluasi diri dengan memperhatikan hal-hal berikut yang akan disampaikan Sharing Di Sini.

Memperbaiki berkas

Telaah kembali surat lamaran beserta lampiran yang disebar, apakah sudah efisien dan mampu merepresentatif kapabilitas anda. Untuk industri kreatif, tak jarang lebih tertarik dengan tampilah daftar riwayat hidup (curriculum vitae/CV) yang kreatif dan unik dengan konten yang jelas. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tips dan triks membuat CV yang ideal.

Memperluas pengetahuan

Para fresh graduate sering kali merasa tidak percaya diri saat menghadapi wawancara dan bersaing dengan pelamar lain yang lebih berpengalaman. Namun, hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan kemampuan kognitif. Perdalam kembali informasi mengenai profil dan reputasi perusahaan, serta gambaran umum dari posisi yang dilamar. Pengetahuan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah mengenai informasi terkini yang sedang berkembang. Manfaatkanlah teknologi agar semakin mudah memperoleh informasi. Kuasai pula isu-isu yang berkaitan dengan industri atau posisi yang dilamar untuk mengasah kemampuan analisis anda.

Mengontrol ucapan

Sebagian perusahaan antipati terhadap pelamar yang mengatakan hal buruk tentang tempat kerja atau atasan sebelumnya. Jika memang mengalami ketidaknyamanan, utarakanlah secara diplomatis tanpa harus memaparkan keburukan.

Menjaga perilaku di dunia maya

Seiring maraknya penggunaan jejaring sosial, jagalah perilaku saat beraktivitas di internet. Sebuah situs karier belum lama memaparkan bahwa 29 persen karyawan personalia mempertimbangkan kualitas pelamar berdasarkan representasi dalam jejaring sosial. Hindari tampilan foto-foto tidak beretika, konten yang mengumbar kata-kata kasar dan merendahkan martabat orang lain. Setelah mengevaluasi diri, semoga penantian anda tidaklah sia-sia.

Berusaha memperluas relasi dan informasi

Perluas relasi/teman/kenalan Anda, dengan banyak berteman, maka akan semakin banyak juga informasi yang akan Anda dapatkan dari mereka, yang secara tidak langsung, mereka turut membantu Anda dalam memperoleh rejeki/pekerjaan. Jaga hubungan baik dengan semua relasi Anda, jangan sampai relasi menjadi buruk, hanya karena ada kesalahpahaman atau kita kurang menjaga komunikasi.

Semoga bermanfaat

Sumber : Berbagai Sumber, edit by NE

6 thoughts on “Bila Panggilan Kerja Tak Kunjung Datang

  1. Saya sudah hampir 4 minggu menunggu panggilan interview tahap ke 2 di sebuah perusahaan waralaba, apa kira2 saya masih punya harapan untuk di terima?

    1. Pastinya dong.
      Perbanyak berdoa memohon kepadaNya dan berbuat kebaikan, insyaAllah Tuhan akan memberkahi rejeki yang tidak terduga-duga.
      JIka tidak diterima, tetap berusaha, tetap semangat dan perbanyak berbuat baik serta berdoa. Pasti, hukum alam akan meresponsnya dengan membalas kebaikan Anda.

      Semangat Ya!!

  2. Menunggu panggilan kerja itu semacam memberi motivasi kuat bagi kita, untuk melatih kesabaran di segi apapun…disini pelamar cenderung galau menunggu beberapa minggu atau bahkan berbulan2 untuk wawancara pada tahap selanjutnya…akan tetapi kurang profesional jika kabar tak kunjung datang jua….

    disitu kita akan mengambil hikmah dari semua hal yg mungkin membuat kita cemas….sebisa mungkin kita harus berpikir positif. Intropeksi apa yg kurang dari kita sebagai pelamar.

  3. Assalamualaikum wr. wb.
    saya juga mau sharing. saat ini sedang menunggu panggilan untuk interview kedua di salah satu perusahaan asing bergerak di bidang diesel engine di cikarang . saya apply di websitenya tanggal 22 mei 2015 dan diundang interview tanggal 11 juni 2015. dan sampai saat ini masih menunggu interview yang kedua.
    mau telpon ke nomer telpon kantor untuk menanyakan hasilnya. apakah etis?

    regard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.