Kasiat Jambu Biji

guava
guava

Jambu biji (Psidium guajava L) mungkin hanya populer di masyarakat berkasiat untuk mengobati demam berdarah. Buah jambu biji kaya vitamin C dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Jambu biji adalah buah yang memiliki banyak nutrisi dan dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Selain buah, daunnya pun sudah sangat populer sebagai obat herbal dan obat tradisional yang sudah dipercaya turun temurun. Berikut Sharing di Sini Kasiat Buah dan Daun Jambu biji untuk kesehatan.

1. Ambeien

Untuk mengobati ambeien, dapat anda terapkan dengan

Cara 1: daun jambu biji muda dan pisang batu dicuci, lalu ditumbuk. Ambil air sarinya, lalu diminum. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai ambeien benar-benar sembuh.

cara 2: buah jambu biji segar 500 gram direbus menggunakan air secukupnya sampai cairan kental. Oleskan  cairan tersebut ke dalam anggota tubuh yang sakit.

2. Batuk Dan Influenza

Daun jambu biji yang dimakan mentah atau, jambu buah dibuat jus dipercaya sebagai obat  batuk dan pilek. Ramuan ini bekerja dengan mengurangi pembentukan lendir dan membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Jambu biji buah juga kaya vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus influenza.

3. Beser (sering kencing)

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, makan sebagai salad/mentah, dengan dicampur sedikit garam dan merica. Makan 2x siang dan malam selama 2 hari.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Buah jambu biji sebagai obat DBD bisa diterapkan dengan

Cara  1: Jambu biji matang diblender sampai halus kemudian disaring untuk mendapatkan jus jambu biji. Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah jambu biji setengah matang (mengkal) dimakan dengan kulit secara langsung. Biji buah tidak perlu di makan.

Cara 2: Daun jambu biji segar 1 kg dicuci, kemudian dipotong kecil-kecil (cincang). Blender dengan air secukupnya sampai halus. Saring dan endapkan, sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Ekstrak daun dioven, ini berkasiat untuk daya tahan tubuh.

Cara menggunakan:

– Masukkan ekstrak ke dalam kapsul dan minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore.

– Minum ekstrak daun bersama dengan dosis jambu 1 sendok teh sirup untuk 1/2 liter sirup diencerkan. Minum secara teratur sampai keluhan sembuh.

5. Diabetes

Menurut studi yang dilakukan pada tikus, baik buah dan daun jambu biji dapat membantu menurunkan tingkat gula darah.
Buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai  tersisa air 1 gelas. Minum 2 kali sehari.

6. Diare

Jambu biji untuk mengobati diare dapat diterapkan dengan

Cara 1: Daun jambu 30 g ditambah segenggam tepung beras direbus dengan 1-2 gelas air. Diminum 2 kali sehari.

Cara 2: Tiga lembar daun jambu biji segar muda dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Terapkan 2 kali sehari.

Cara 3: Enam lembar daun jambu biji dicuci dan hancur diberi secangkir air matang, lalu dijus. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. Minum air hasil saringannya saja. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

7. Disentri

Siapkan akar jambu biji dan daun jambu biji 10 lembar. Cincang akar dan daun, dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celcius. Saring air rebusan dan kemudian minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.

8. Sakit keputihan

Dua genggam daun jambu biji muda dan tujuh daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu diminum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

9. Luka

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, dihaluskan. balurkan pada luka. Zat yang terkandung didalamnya dipercaya dapat  menghentikan pendarahan.

10. Maag

Delapan lembar daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari.

11. Mencegah Kanker

Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, lycopene. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur sel. Konsumsi likopen cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama dalam jambu biji berdaging merah.

12. Mencegah Sembelit

Jambu biji kaya serat sehingga efektif untuk mencegah konstipasi atau sembelit.  Buah jambu biji ukuran medium mengandung 36% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Selain itu buah jambu biji juga merupakan pencahar yang baik untuk membantu membersihkan sistem metabolisme dalam usus.

13. Menurunkan Berat Badan

Buah jambu biji memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, seperti serat, protein dan vitamin. Mengonsumsi buah jambu biji juga membuat perut terasa lebih penuh. Sehingga baik untuk diet penurunan berat badan. Makan buah jambu biji saat sore menjelang malam, sudah cukup untuk mengganjal perut untuk makan malam.

14. Mengurangi Hipertensi

Jambu biji adalah buah yang harus dikonsumsi secara teratur jika Anda ingin menghindari serangan jantung. Buah jambu biji mengandung hipoglikemik alami dan kaya serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, sebuah jambu biji bisa memenuhi 20 persen dari kebutuhan harian tubuh kalium. Penelitian juga menunjukkan konsumsi secara teratur kalium dapat menurunkan tekanan darah.
15. Merawat Gigi

Konsumsi jus jambu biji untuk mengobati gusi bengkak dan mengatasi gusi berdarah.

16. Merawat Kulit

Kandungan nutrisi jambu biji  memperbaiki tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Tidak hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A C, dan potasium, yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat dan bebas kerut.

17. Memperkuat jantung, membantu sistem pencernaan, dan anti kanker

Siapkan jus jambu biji murni 200 ml, 400 ml jus apel murni, jus melon murni 200 ml, dan madu murni 100 cc.  Blender semua bahan sampai halus dan simpan dalam lemari es. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc.

18. Perut kembung pada Anak (masuk angin)

Untuk mengobati perut kembung dan masuk angin, siapkan 3 lembar daun jambu biji, kulit batang pulasari 2 cm,  5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai air tersisa setengahnya, lalu disaring. Minum 3 kali sehari. Dosis untuk anak di bawah 3 tahun, 1 sendok makan, dan diatas 3 tahun 2 sendok makan.

Selain untuk anak-anak, jus jambu biji juga bermanfaat mengobati masuk angin, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

19. Sakit Kulit (gatal-gatal)

Jambu biji untuk mengobati sakit kulit dapat diterapkan dengan

Cara 1: Satu genggam daun jambu biji muda dan 7 bunga jambu biji dicuci, tumbuk sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.

Cara 2: Daun jambu segar 500 gram dipotong dan direbus dalam derajat air panas 90 Celcius selama 20 menit. Saring air rebusan dan gunakan untuk mandi saat air masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.

20. Sariawan

Vitamin C dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dari vitamin C ditemukan dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga merupakan obat ampuh untuk  sariawan, penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

Untuk mengobati sariawan dapat diterapkan dengan cara: Daun jambu biji muda 2 lembar, 1 lembar daun sirih segar, segenggam daun sage segar dicuci bersih. Semua bahan dihaluskan lalu tambahkan air. Peras adonan dan kemudian menggunakan air untuk berkumur-kumur 2-3 kali sehari.

***

Nah, ternyata jambu biji sangat banyak berkasiat, baik buah dan daun jambu bijinya untuk mengobati berbagai masalah dan penyakit. Semoga bermanfaat [e_SdS]

Dirangkum dari berbagai sumber apotik hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.