Kasiat Kopi untuk Kesehatan

coffee / kopi
coffee / kopi

Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpikir bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar, asalkan dikonsumsi secara bijak justru kopi bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya kopi saja, segala sesuatu bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak akan baik untuk kesehatan.

menurut studi Woman World dari Havard University, konsumsi beberapa cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, mengurangi pembentukan batu ginjal, mencegah kanker usus besar, pencegah penyakit Parkinson, mencegah kerusakan hati (sirosis), mencegah penyakit jantung dan menghambat penurunan kognitif pada kekuatan otak.

Diabetes

Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenat kopi bertindak untuk memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenat juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel). Zat lain dalam kopi yang trigonelin (pro-vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa. tentu saja, dalam mengonsumsinya, anda tak perlu menggunakan banyak gula alias kopi pahit.

Penyakit jantung dan stroke

Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stroke. Sebuah studi pada lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi dari sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Kanker

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

Sirosis

Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

Penyakit Parkinson

Para peminum kopi memiliki setengah risiko mengembangkan penyakit Parkinson lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi.

Fungsi kognitif

Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat mencegah penurunan kognitif dan otak penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena perempuan lebih sensitif terhadap kafein. Namun sebaiknya pada kondisi perempuan hamil disarankan untuk tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari. Karena takut berisiko pada kondisi kandungan/keguguran.

Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif.  Minum kopi dengan frekuensi lebih dari itu (lebih 2 cangkir sehari) bisa menyebabkan jantung berdebar, insomnia, sakit kepala dan gangguan lainnya.  Namun, kopi juga memiliki efek negatif. Kafein sebagai konten utama kopi adalah stimulan adiktif. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Dampak negatif tersebut datang ketika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Kuncinya adalah sebelum mengonsumsi kopi, ketahuilah terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda. Apakah anda cenderung hipertensi? Yang terpenting adalah konsumsi yang sesuai porsi. Secangkir sehari sudah cukup untuk hasil optimal kesehatan anda, jika dibarengi dengan pola hidup sehat. [e_SdS]

healthy journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.