Diet untuk Penderita Diabetes

Diet diabetes adalah mengatur konsumsi makanan yang sehat untuk penderita/resiko penderita diabetes agar selalu terkontrol. Makanan yang dianjurkan terdiri dari daftar makanan bagi penderita diabetes yang tinggi serat, antioksidan, vitamin dan mineral. Daftar makanan tersebut mudah ditemukan di sekitar kita dan harganya terjangkau. Yang perlu digarisbawahi,  ini bukan satu-satunya makanan bagi penderita diabetes, namun termasuk dalam daftar makanan untuk penderita/resiko diabetes yang bertujuan membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut Sharing di Sini Diet untuk Penderita Diabetes.

1. Tinggi Serat

Makanan serat tinggi yang dikenal untuk menurunkan kolesterol darah dan kadar gula darah. Biji-bijian, gandum, millets(serealia: bekatul, juwawut) dan makanan serat tinggi harus dimasukkan dalam makanan untuk penderita diabetes.  Beras putih, mie, pasta harus dihindari. Jika ingin makan pasta atau mengkonsumsi mie, harus selalu disertai dengan banyak sayuran, atau misalnya kecambah yangkaya serat.

2. Biji-bijian (kacang-kacangan)

Kacang-kacangan mengandung lemak baik yang mampu mencegah penyakit jantung. Lemak ini bahkan telah terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah untuk terkontrol. Kacang-kacangan juga salah satu sumber makanan terbaik dari vitamin E, antioksidan yang melindungi sel-sel dan dapat membantu mencegah kerusakan saraf dan mata. Mereka kaya serat dan magnesium, yang keduanya dapat membantu mengatur gula darah Anda. Kacang juga merupakan sumber protein yang dapat berfungsi sebagai pengganti daging. Kacang mampu mempertahankan rasa kenyang di perut Anda, yang secara tidak langsung membantu manajemen berat badan. Untuk menghemat waktu memasak kacang-kacangan, misal: kacang merah, kedelai, kacang hijau anda dapat memakai panci bertekanan tinggi (pressure cook pan), yang dapat melunakkan kacang hanya dalam waktu 10-15 menit saja.

 3. Barley
barley
barley
Barley sangat bagus untuk diet sehat. Barley komponennya terdiri dari serat baik larut dan tidak larut. barley dapat dikonsumsi dengan sup, salad dan sereal. Barley merupakan makanan untuk penderita diabetes yang mampu  mengurangi hingga 70%  kenaikan gula darah setelah makan sehingga menjaga gula darah Anda rendah dan stabil selama berjam-jam. Saat ini barley sudah banyak ditemukan  dalam kemasan minuman isntan yang siap untuk disedu dan diminum.
4. Wortel
carrot
carrot
Jumlah gula dalam wortel sangat rendah.Wortel merupakanmakanan yangbaik dikonsumsi  untuk penderita diabetes karena  salah satu sumber alam yang kaya akan beta-karoten, yang terkenal dengan manfaatnya untuk menurunkan risiko diabetes dan mengendalikan gula darah dengan baik.
 5. Asparagus
asparagus
asparagus
Dikutip dari dailymail, para ilmuwan telah menemukan asupan asparagus rutin akan menjaga kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin tubuh, hormon yang membantu untuk menyerap glukosa.
6. Susu
minum susu low fat
minum susu low fat
Susu adalah kombinasi  dari karbohidrat dan protein dan membantu mengontrol kadar gula darah. Dua porsi susu sehari adalah pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Tapi, harus dipastikan bahwa susu rendah lemak yang dikonsumsi, karena lemak dalam susu tidak sehat untuk penderita diabetes, karena memiliki kalori yang tinggi.
7. Sayuran
sayuran
sayuran
Sayuran merupakan sumber vitamin dan serat. Sayuran tinggi serat seperti kacang polong, brokoli, kacang panjang, buncis, dan bayam (sayuran berdaun hijau) harus dimasukkan sebagai makanan untuk penderita diabetes. “Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, segelas jus pare dapat membantu menurunkan kadar gula darah, baik diminum pada pagi hari “ kata Dr T Devarajan, seorang dokter di Rumah Sakit Apollo, Chennai. “Kemangi juga membantu mengontrol diabetes. Ambil segenggam daun kemangi dan hancurkan bersama segelas air, minum setelah disaring dari ampasnya  di pagi hari. Atau dapat menambahkan pada menu makan Anda”
8. Minyak Goreng Kualitas Baik
Sangat penting memilih minyak goreng dan  memperhatikan lemak yang sehat bagi tubuh. Salah satunya harus hati-hati memilih minyak goreng yang tinggi MUFA (Lemak tak jenuh tunggal) sebagai asam lemak yang mengendalikan kolesterol jahat dan mengontrol diabetes juga. Tinggi N3, dengan kandungan asam lemak jenuh yang rendah adalah hal lain yang harus diperhatikan dalam memilih minyak yang baik. Canola oil adalah pilihan yang tepat sebagai makanan untuk penderita diabetes dengan semua sifat-sifat yang sehat untuk diabetes dan kesehatan jantung, yang merupakan rekomendasi yang baik sebagai minyak goreng.
9. Minyak Zaitun
olive oil
olive oil
Tidak seperti mentega, lemak yang baik dalam minyak zaitun tidak akan meningkatkan resistensi insulin dan membantu membalikkan itu. Minyak zaitun juga memperlambat pencernaan, sehingga makanan Anda lebih lambat diserap darah, sehingga mencegah lonjakan glukosa Anda.  Sebagai makanan untuk penderita diabetes, minyak zaitun baik digunakan dalam salad, pasta dan makanan pembuka /appetizers.
10. Buah-buahan
buah-buahan
buah-buahan
Buah tinggi serat seperti pepaya, apel, jeruk, pir, dan jambu biji sebaiknya dikonsumsi. Buah-buahan mengandung fruktosa yang tidak membiarkan kadar gula darah meningkat segera sehingga dapat dengan mudah dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita diabetes.
11. Apel
apples
apples
Apel secara alami rendah kalori, namun memiliki serat tinggi. Apel adalah makanan yang baik untuk penderita diabetes, yang mampu menangkal kolesterol jahat, mengerem gula darah. Memakannya bisa dalam bentuk utuh, dikupas atau membuat apel panggang cepat.
12. Aneka buah beri
buah beri
buah beri
Aneka buah bery kaya akan serat dan antioksidan. Varietas bery merah dan biru juga mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut anthocyanin. Para ilmuwan percaya bahwa dapat membantu menurunkan gula darah dengan meningkatkan produksi insulin.
13. Brokoli
brokoli
brokoli
Brokoli kaya serat dan  antioksidan. brokoli  juga kaya akan kromium, yang memainkan peran penting dalam jangka panjang kontrol gula darah. Gunakan brokoli untuk makanan bagi penderita diabetes dalam sup, hidangan pasta, dan casserole, atau tumis dengan bawang putih, kecap.

14. Biji rami

flax seeds
flax seeds
Biji rami kaya protein, serat, dan lemak yang mirip dengan kandungan lemak yang ditemukan pada ikan. Biji rami juga merupakan sumber magnesium, mineral yang penting untuk mengendalikan gula darah karena membantu sel menggunakan insulin. Cara terbaik untuk dikonsumsi  penderita diabetes di pagi hari segera setelah bangun tidur. Satu sendok makan akan membawa kebaikan untuk kesehatan anda.

15. Havermut/Oat

havermut / oat casserole
havermut / oat casserole
Oatmeal sarat dengan serat yang mudah larut bila dicampur dengan air, membentuk pasta. Sama seperti saat menempel pada mangkuk Anda, oatmeal juga menjadi penghalang bergetah antara enzim pencernaan di perut dan molekul pati dalam makanan Anda. Jadi dibutuhkan lebih lama bagi tubuh Anda untuk mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Makanan ini  baik digunakan sebagai makanan untuk penderita diabetes saat  sarapan, untuk sup bubur dan casserole.
16. Ikan
fish
fish
Menurut Studi Kesehatan Masyarakat Harvard University, makan ikan walau hanya sekali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 40%. Asam lemak dalam ikan mengurangi peradangan dalam tubuh, sebagai kontributor yang besar untuk penyakit koroner serta resistensi insulin dan diabetes. Cara mengolah yang benar juga mempengaruhi. Misalnya dengan cara mengukus atau memanggangnya.
7. Makanan porsi kecil, tapi sering
Makan  dalam porsi besar menimbulkan gula darah tinggi dalam tubuh seseorang, oleh karena itu penting untuk mengambil makanan dengan porsi kecil namun sering. hal ini untuk mencegah nilai gula darah drastis tinggi dan drastis sangat rendah sehingga menjaga keseimbangannya. Makanan untuk penderita diabetes harus terdiri dari porsi kecil di antara makanan ringan dapat diberi cemilan kacang, buah, kue serat tinggi, susu, yoghurt, dengan sayuran dan lainnya.

18. Yogurt

yoghurt and granola
yoghurt and granola
Yogurt kaya protein dan kalsium. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan banyak makanan yang kaya kalsium memiliki waktu lebih mudah menurunkan berat badan dan cenderung menjadi resisten insulin.
Pilih yoghurt sebagai makanan untuk penderita diabetes dengan memasukkan dalam sarapan Anda, tambahkan buah-buahan atau taburi granola rendah lemak untuk nutrisi ekstra.
19. Lidah buaya
aloevera juice
aloevera juice
penelitian di Mahidol Univeristy, Bangkok dengan 76 penderita diabetes tipe 2 berpartisipasi dalam studi selama enam minggu megnonsumsi jus lidah buaya secara rutin,  kadar gula darah turunkan sebesar 49% dan trigliserida turun sebesar 52%. Asosiasi Diabetes Amerika pun menyebutkan bahwa  Aloe Vera salah satu “salah satu suplemen yang paling menjanjikan untuk penderita diabetes”.

20. Sereal

cereal
cereal

Sarapan sereal adalah makanan yang tepat bagi penderita diabetes, Sereal kaya serat yang baik untuk jantung dan mengontrol gula darah Anda.

Semoga bermanfaat

[e_SdS]
healthy journal

2 thoughts on “Diet untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.