Pentingnya Sarapan

breakfast
breakfast

Semua orang tahu bahwa kunci untuk hidup sehat adalah kombinasi dari olahraga teratur, pola makan yang sehat dan pikiran yang positif.  Tapi tak satu pun yang menyadarinya, bahwa salah satu kunci hidup sehat adalah tidak melewatkan sarapan pagi, setelah Anda bangun tidur. Setelah beristirahat dengan tidur selama semalam, tubuh Anda membutuhkan energi untuk kembali ke akitifitas sepanjang hari yang akan dihadapi. Sarapan sehat adalah apa yang akan memberikan bahan bakar yang diperlukan untuk melakukan aktifitas sepanjang hari. Eileen Canday, seorang kepala ahli gizi di rumah sakit Breach, India mengatakan bahwa, sarapan adalah makan yang paling penting dalam sehari. Dia mengatakan, “Mulai hari Anda dengan sarapan yang baik, hal itu akan meningkatkan energi Anda, meningkatkan daya konsentrasi Anda, dan mempertinggi kecerdasan Anda. Sarapan yang baik adalah dengan mempertimbangkan setidaknya sepertiga kalori hari itu.”

Kebanyakan orang memberikan berbagai alasan untuk tidak makan sarapan. Alasan yang paling umum adalah bahwa mereka tidak lapar di pagi hari, yang merupakan hasil dari makan makanan lengkap pada malam hari atau ngemil tengah malam. Ketika mereka pergi ke tempat tidur, tubuh masih sibuk menyerap semua makanan itu. kemudian mekanisme sistem pencernaan menjadi lambat selama jam tidur dan makanan tengah malam masih mengganjal di perut pagi hari.

Canday mengatakan glukosa yang merupakan bahan bakar penting untuk otak dan sistem saraf pusat. Sarapan yang baik akan membuat Anda tidak mudah lelah dan tidak mudah marah pada aktifitas pagi hari Anda.

Efek tidak sarapan sehat di pagi hari adalah rentang perhatian pendek, kurangnya kewaspadaan, lambat menghadapi  reaksi, gula darah rendah, penurunan produktivitas kerja. Canday mengatakan, “Luangkan waktu untuk makan sarapan seimbang gizi, karena itu adalah investasi prestasi yang baik untuk Anda.”

Setelah Anda terbiasa ke rutinitas makan sarapan sehat setiap hari, Anda akan berhenti merasa lapar pada siang hari. Sarapan juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak serat dalam diet Anda. Rencanakan bijaksana untuk sarapan sehat. Sereal siap saji, misalnya. Baca label dengan hati-hati untuk memilih sereal disiapkan tanpa gula berlebihan, garam, lemak, dan zat aditif.[e_SdS]

 

healthy journal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.