10 Cara Menghilangkan Stres

Sering kita dengar kebanyakan orang berkata hidup adalah stres.  Pengaruh stres jika dibiarkan terus menerus maka akan merusak kesehatan kita dan tentunya jiwa kita.  Ini harus dihilangkan dan jangan menjadi kebiasaan terus menerus. Untuk itu Sharing Di Sini akan berbagi beberapa cara cepat untuk mengurangi maupun menghilangkan stres.

Bernafas

Hiruplah udara melalui hidung Anda perlahan-lahan dan keluarkan udara tersebut melalui mulut Anda. Setiap kali Anda merasakan stres cobalah bernafas perlahan-lahan.

Berpikir

Berpikirlah  yang tenang dan jangan terlalu berpikiran negatif. Tidak hal seburuk yang Anda pikirkan jika Anda berpikir lebih tenang dan positif thinking. Cobalah untuk tidak mengambil hal-hal begitu serius, dan jika Anda membuat kesalahan, itu bukan akhir dari dunia.

Bergerak

Ketika Anda merasa diri Anda semakin marah atau cemas, cobalah bangun dan cobalah aktivitas  selama 10 menit. Misalnya lakukan peregangan otot – otot tubuh, berjalan, melakukan sedikit yoga, pergi berbicara dengan seseorang di sebuah bilik di dekatnya, pergi ke gym. Cobalah untuk membakar energi saraf dengan cara yang sehat.

Tempat Tenang

Carilah tempat atau ruangan yang tenang dan istirahat selama 10 menit . Bahkan jika di kantor yang Anda temukan adalah ruang fotokopi atau ruang rapat yang tenang , tidak masalah. Cobalah duduk, atau berbaring, dan berikan pikiran dan tubuh keheningan kenyamanan walau sebentar saja.

Menulis

Tulislah semua pikiran Anda dalam sebuah jurnal. Jika Anda sedang stres, segala yang mengganggu dibenak pikiran Anda cobalah untuk dikeluarkan melalui secarik kertas. Ini dapat membantu Anda untuk melepaskan tekanan yang Anda rasakan.

Tertawa

Tertawalah dan tertawalah lagi, jika itu memang bisa meringankan beban Anda, tetapi jangan berlebihan. Salah satu cara terbaik untuk mengalahkan stres diantaranya adalah menertawakan sesuatu yang konyol atau lucu.

Jangan Memaksakan Diri

Anda bisa mengatakan “tidak” ketika Anda tidak ingin atau tidak dapat melakukan sesuatu. Ini sangat penting untuk jujur dengan diri sendiri dan orang lain tentang apa yang Anda bisa dan tidak bisa lakukan.

Meminta

Jangan malu untuk meminta bantuan ketika Anda membutuhkannya. Banyak sekali diantara kita membutuhkan bantuan ekstra untuk mendapatkan segala yang kita perlukan. Semisal jika Anda merasa sakit, Anda bisa meminta teman untuk membantu mengambilkan obat. Yang jelas salinglah membantu sesama kita.

Buatlah Daftar Prioritas

Membuat daftar hal-hal yang harus Anda lakukan, pastikan untuk memprioritaskan dan kemudian mengikutinya.

Selalu Ingat Bersyukur

Ingatlah selalu untuk bersyukur. Ketika Anda merasa stres dan kewalahan, bernapaslah dan mengingat hal-hal indah yang ada di dunia. Mengingat apa yang telah diberi oleh Tuhan kepada kita, kemudahan yang Anda dapat. Dengan selalu bersyukur Anda akan terhindar dari stres.

 

Sumber : Berbagai Sumber edit by Nadya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.