Jenis Kompres

Pertolongan pertama penting dilakukan ketika sakit. Salah satunya dengan melakukan kompres pada bagian tubuh tertentu. Tindakan ini dapat dilakukan untuk meredakan demam atau luka memar akibat benturan. Berikut ini Sharing Di Sini akan memberikan sedikit ulasan mengenai kompres.

Terdapat dua jenis kompres yang bisa digunakan  yaitu kompres hangat dan kompres dingin. Keduanya dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda.

1.       Kompres hangat / panas

Kompres panas, cenderung memperbesar pembuluh darah, memberi tambahan nutrisi dan oksigen untuk sel serta membuang sampah-sampah tubuh. Selain itu dapat meningkatkan suplai darah ke area-area tubuh, mempercepat penyembuhan, serta menyejukkan. Beberapa sumber dan penilitian mengungkapkan bahwa kompres panas lebih efektif digunakan untuk mengatasi demam. Karena kompres hangat akan membantu keluarnya panas dari dalam tubuh sehingga panas tubuh berkurang. Untuk itu, hindari penggunaan kompres dingin untuk mengatasi demam, karena suhu dingin dari luar akan memicu tubuh untuk menaikkan panas dan mengahalangi pengeluaran panas tubuh. Terkadang inilah yang menyebabkan demam bertambah parah setelah tubuh menerima kompres dingin.

kompres panas / hangat

Kompres hangat dapat dilakukan dengan cara merendam kain kompres dalam air hangat atau air bersuhu tidak lebih dari 43 derajat celcius. Kemudian letakkan pada bagian kepala atau ketiak. Penggunaan kompres juga tidak berlawanan dengan obat penurun panas (antipiretik), sehingga kedua penanganan ini dapat diaplikasikan untuk mengatasi demam secara bersamaan.

2.       Kompres dingin

Menurut Barbara R Hegner dan Esther Caldwell, menyebutkan bahwa kompres dingin mampu menyebabkan pengecilan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, mematikan sensasi nyeri, memperlambat proses inflamasi dan mengurangi rasa gatal.

kompres dingin

Kompres dingin lebih tepat untuk mengurangi nyeri akibat benturan yang terjadi pada anggota badan. Kompres ini mampu mengontrol pendarahan dan pembengkakan. Caranya dengan memasukkan potongan es pada kantong kompres atau merendam kain dalam air dingin. Kompres ini dapat langsung ditempelkan pada bagian yang nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

 

Sumber : Berbagai Sumber, edit by Nad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.