11 Langkah Menjaga Kesehatan Jantung

keep a healthy heart
keep a healthy heart

Jantung adalah organ vital yang dimiliki oleh manusia. Jantung merupakan organyang berperan dalam sistem peredaran darah yang bekerja selama 24 jam tanpa henti. Ketika jantung telah berhenti berdetak, maka yang terjadi adalah kematian. Semua orang tentu ingin jantungnya selalu sehat.

Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dan karakteristik penyakit jantung. Penyakit jantung dapat dideteksi dengan melihat gajala/ciri-ciri yang anda alami. Jika Anda mengalami nyeri di dada (seperti tertusuk), dan kemudian  jantung berdebar cepat, mengalami sesak napas, kesemutan di beberapa bagian tubuh, disertai keringat dingin keluar dari tubuh.

Sedangkan ciri-ciri gagal jantung dan penyakit jantung koroner, biasanya terserang insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, kaki menjadi bengkak, cepat lelah bahkan dengan aktivitas ringan dan gejala seperti sesak napas. Untuk penyakit jantung koroner terjadi karena penyumbatan pembuluh darah khususnya arteri jantung mengeras. Sehingga sirkulasi darah yang memasok darah ke jantung mendapatkan masalah.

Menjaga jantung tetap sehat adalah kewajiban setiap individu. Jadi bagaimana untuk menjaga jantung agar tetap sehat? Berikut Sharing di Sini Tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat:

1.Berhenti merokok

JIka Anda masih mempunyai kebiasaan merokok, mulai sekarang berhentilah dari kebiasaan yang tidak sehat ini. Perlu diketahui, bahwa perokok memiliki peluang besar terserang serangan jantung daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali.

2. Mengurangi  garam  berlebihan

Mengonsumsi banyak garam akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga meningkatkan potensi penyakit jantung koroner.

3. Mengurangi makanan berlemak jenuh tinggi

Lemak jenuh mudah diubah menjadi kolesterol jahat yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner. Anda harus lebih cermat dalam mengonsmsi makanan enak tapi sebenarnya tidak sehat ini. Contohnya adalah kulit unggas, minyak goreng yangdipakai berulang-ulang, jeroan dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh. Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3 ( ikan laut dalam, misalnya salmon), pilih susu rendah lemak/non fat (0% fat), pilih minyak goreng sekali pakai atau olive oil yang sangat baik untuk mengusir lemak jahat.

4. Olahraga rutin setiap pagi

Olahraga rutin adalah cara untuk menjaga badan tetap sehat. mengapa baik dilakukan di pagi hari? karena udara pagi masih bersih, sehingga jika anda menghirup udara bersih, peredaran darah dan jantung Anda pun tidak kurang asupan oksigen bersih. Anda dapat melakukan  jalan-jalan santai, paling tidak  berjalan selama setengah jam atau lebih.

5. Hindari Stres dan beban di pikiran

Jika anda sedang mempunyai masalah, coba berbagi masalah Anda dengan orang yang dapat membantu. Orang-orang di sekitar Anda yang paling dekat, adalah yang utama. Jangan biarkan pikiran Anda terbebani hingga Anda sendiri menjadi stres dan mempengaruhi kesehatan Anda, termasuk jantung.  Meluangkan waktu untuk melepas stres di pikiran, misalnya menonton acara komedi di TV. Ini akan membuat  Anda bisa tertawa dan menenangkan pikiran Anda. Jadi, keep happy.

6. Refreshing

Meluangkan waktu untuk liburan atau perjalanan ke suatu tempat yang menyenangkan dan berhawa sejuk. Hal ini juga dapat menyegarkan pikiran Anda yang juga berdampak sangat baik bagi kesehatan jantung Anda.

7. Berhenti mengonsumsi minuman  beralkohol

Minum alkohol juga termasuk kebiasaan yang tidak sehat, karena dapat merusak otot jantung Anda.

8. Menjaga berat badan ideal

Berat badan ideal juga sangat di butuhkan untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Untuk menentukan apakah berat badan ideal Anda, Anda dapat menghitung dengan mudah, yaitu tinggi badan Anda dikurangi 100 kemudian kalikan dengan 90 persen, maka Anda akan mendapatkan berat badan yang ideal seharusnya. Untuk contoh tinggi badan Anda 173 cm: (173-100) * 90% = 66,7 kg.

9. Makan Berserat dan bervitamin

Konsumsi buah dan sayur setiap hari adalah hal yang sangat penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Buah dan sayur kaya akan serat dan vitamin. makanan berserat yang baik untuk jantung contohnya adalah bayam, alpukat dan kacang-kacangan yang berkasiat mengurangi kadar kolesterol. Bayam mengandung banyak kalium dalam sangat tinggi dan rendah sodium yang sangat baik untuk menjaga jantung Anda sehat. Alpukat, mengandung banyak potasium,7  jenis serat dan mengandung vitamin yang baik untuk jantung Anda, yaitu vitamin E. Untuk kacang-kacangan, misalnya adalah kacang mete dan almond. kacang ini mengandung banyak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, mengonsumsi oat, roti gandum utuh, seral juga baik untuk mengusir kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah di jantung anda.

10. Minum Air Putih

Ingin menurunkan risiko penyakit jantung?  Minum air putih saja. Mungkin ungkapan ini cukup sederhana, tetapi hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Loma Linda University di California, bahwa orang yang minum minimal lima gelas air sehari lebih jarang meninggal akibat serangan jantung dibandingkan mereka yang minum kurang dari dua gelas air setiap hari. Analisis ini didasarkan pada studi yang melibatkan 8280 pria dan 12 wanita 017 mulai usia 38 tahun. Enam tahun studi yang dipimpin oleh Jacqueline Chan, DrPH dan rekannya synnove Knutsen, MD, PhD, mencatat kejadian dan perkembangan penyakit jantung koroner. Dari jumlah tersebut 246 responden meninggal karena penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas per hari berkurang sampai 41 persen. Sementara kondisi risiko pada pria yang mengkonsumsi minuman lain termasuk teh, kopi, susu, jus, dan alkohol tetap beresiko tinggi terkena serangan jantung.

Chan mengatakan, air yang diminum akan diserap ke dalam aliran darah, dapat mengurangi ketebalan pembuluh darah, sehingga risiko serangan jantung dipicu oleh gumpalan darah akan berkurang. Sebaliknya minuman lain akan mempertebal pembuluh darah, pasalnya setelah dicerna bahan ini akan mengandung konsentrasi yang sama dari darah. Aspirin  dapat mengurangi risiko serangan jantung tapi disertai dengan dampak masalah kesehatan lain, sementara air yang murah, mudah diperoleh dan tanpa efek buruk kesehatan.

11. Monitor tekanan darah dan kolesterol

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengukur tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah Anda. Hipertensi/tekanan darah tinggi seringkali hadir tanpa disadari, sehingga sering disebut “silent killer”.

Helathy journal

[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.