Tips Memperpanjang Usia Hewan Peliharaan

Fakta bahwa hewan peliharaan adalah merupakan hewan sosial. Mereka menanggapi kita dengan cara yang sama seperti kita memperlakukan mereka, jadi kita harus memastikan bahwa kita menangani mereka dengan hati-hati. Awalnya mungkin Anda tidak begitu tertarik dan merasa jijik, tapi begitu Anda mulai menunjukkan kepedulian dan cinta kepada mereka, mereka menjadi mitra terbaik Anda di waktu luang.

Memiliki hewan peliharaan di rumah adalah pengalaman yang indah. Tapi ada satu hal yang memberikan kegelisahan untuk setiap pecinta-hewan peliharaan yaitu kematian hewan peliharaan favorit Anda. Rasa sakit ketika hewan peliharaan Anda meninggal adalah sesuatu yang tak satu pun dari kita menginginkan hal tersebut meskipun pasti akan terjadi. Oleh karena itu, Sharing Di Sini akan  memberikan beberapa tips perawatan hewan peliharaan untuk meningkatkan umur dan juga untuk membuat hewan peliharaan Anda sehat.

1. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda

Seperti dikatakan sebelumnya, hewan peliharaan adalah juga hewan sosial karena mereka membutuhkan banyak interaksi dan berbicara dengan pemilik. Anda dapat menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan Anda berbicara. Meskipun hewan tidak dapat berbicara bahasa manusia, tetapi mereka pasti merespon interaksi Anda. Teknik ini membuat interaksi hewan peliharaan Anda dan akan membuat mereka bahagia akhirnya tubuh mereka menjadi sehat pula. Oleh karena itu, menghabiskan waktu yang berkualitas dengan hewan peliharaan Anda dapat membuat mereka bahagia dan meningkatkan jangka hidup mereka.

2. Berikan makanan yang berserat pada hewan peliharaan Anda

Tips yang kedua ini selalu dianjurkan untuk pecinta hewan peliharaan untuk memberikan makanan bergizi untuk hewan peliharaan mereka. Sebuah diet seimbang untuk hewan peliharaan adalah salah satu yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat membantu dalam pembentukan serat, yang sangat sehat untuk saluran pencernaan hewan peliharaan Anda. Jadi ternyata bukan manusia saja yang membutuhkan serat, hewanpun juga.

3. Jangan menyentuh hewan peliharaan Anda sangat sering

Kami tahu itu sulit sebagai pencinta hewan peliharaan tapi pasti Anda dapat mencobanya demi hewan peliharaan Anda. Jangan menyentuh hewan peliharaan Anda sangat sering karena memberikan stimulasi mental untuk hewan peliharaan Anda yang melelahkan bagi mereka atau dengan kata lain jika terlalu sering hewan peliharaan Anda akan mengalami stres dan ujung – ujungnya dapat membuat hewan peliharaan Anda sakit.

4. Bersihkan urin dan kotorannya secepatnya

Jika hewan peliharaan Anda tidak terlatih untuk buang air kecil di luar rumah maka Anda harus berhati-hati untuk membersihkan kotorannya segera. Jika Anda tidak membersihkan kotoran segera maka ada kemungkinan bahwa hewan peliharaan Anda akan membuat kondisi rumah Anda tidak bersih. Ini akan membuat hewan peliharaan Anda rentan terhadap berbagai infeksi dan dapat membuatnya sakit juga. Untuk memotong kemungkinan infeksi dan meningkatkan umur dari hewan peliharaan Anda, Anda dapat menggunakan cuka untuk membersihkan urin. Urin hewan peliharaan Anda mengandung kalsium. Jadi,  jangan sampe urin hewan peliharaan Anda mengering karena  ia akan meninggalkan zat kapur sebagai residu yang sulit dibersihkan. Residu ini juga dapat menjadi sumber untuk banyak bakteri berbahaya.

5. Melindungi hewan peliharaan Anda dari parasit

Serangan parasit adalah masalah yang sangat umum khususnya di anjing, kucing dan kelinci. Oleh karena itu, manajemen parasit sangat penting bagi para pencinta hewan. Parasit seperti kutu, cacing hati dapat menyebabkan ketidaknyamanan untuk penyakit yang mengancam jiwa pada hewan peliharaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengambil langkah yang tepat untuk melindungi hewan peliharaan Anda dari parasit. Ukuran yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah, memandikan hewan peliharaan Anda secara teratur dan juga menyisir tempat tidurnya dengan baik. Jika Anda melihat jenis parasit pada tubuh hewan peliharaan Anda kemudian membawanya ke dokter hewan segera.

5 tips tersebut adalah langkah-langkah dasar yang dapat membantu Anda untuk menjaga hewan peliharaan Anda sehat dan meningkatkan jangka hidup mereka, semoga bermanfaat.

Sumber : Berbagai Sumber edit by Nadya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.