Terapkan Kebiasaan Ini Agar Keluarga Sehat

bermain bersama keluarga
bermain bersama keluarga

Merasakan kenyamanan dan kehangatan cinta dari pasangan, orangtua, atau anak adalah suatu berkah yang tak ternilai. Rasa cinta dari keluarga mampu membantu mengusir rasa takut dalam diri dan cinta tersebut adalah keinginan untuk setiap manusia. Nah tentu semua menginginkan seluruh anggota keluarganya tetap sehat, walau cuaca berganti ekstrim. Bagaimana agar keluarga tetap sehat? berikut Sharing di Sini Kebiasaan sederhana agar keluarga senantiasa sehat.

Makan Teratur

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda harus makan tepat waktu. Tubuh Anda membutuhkan energi yang konstan, sehingga Anda harus makan dengan teratur. Jika Anda terlambat makan, atau sengaja menunda makan, tentu perut akan merasa sangat lapar, sehingga dampaknya Anda akan makan lebih dari porsi normal, serta metabolisme anda akan terganggu, yang mengakibatkan lemak mudah tertimbun di badan.

Gizi seimbang

Jangan lupa untuk mempersembahkan menu harian yang seimbang gizinya. Yang perlu diperhatikan makanan sehat seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak. Beberapa penyakit yang datang adalah karena pola makan yang salah serta makanan yang enak, namun belum tentu menyehatkan.

Selalu sarapan

Pastikan setiap anggota keluarga Anda sarapan setiap pagi. Orang dewasa butuh sarapan untuk melakukan aktivitas fisik dan otak dan anak-anak membutuhkan sarapan tumbuh dan berkembangnya otak. Jangan pernah melewatkan sarapan karena penting manfaatnya.

Cuci tangan sebelum makan

Makan dengan benar dan sehat tidak cukup untuk membuat Anda dan keluarga Anda bebas penyakit. Selain kebiasaan tersebut juga penting untuk membersihkan tangan Anda sebelum makan.

Sikat Gigi dan Flossing setiap hari

Kesehatan mulut yang baik, juga mempengaruhi kesehatan arteri. Selain membersihkan mulut dengan gosok gigi, flossing gigi secara teratur akan mengurangi bakteri yang berkembang di dalam mulut Anda. Tentu saja, hal tersebut akan mencegah bakteri dari dalam mulut/gigi berlubang memasuki aliran darah dan memicu masalah dalam arteri, di antaranya adalah masalah jantung. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan harapan hidup keluarga Anda, setidaknya flossing gigi (pembersih gigi berupa benang) dua kali sehari.

Olahraga  teratur

Berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat mulai dari mengurangi stres, meningkatkan mood dan memungkinkan otak untuk bekerja lebih efisien. Selain manfaat mental, juga mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, kekuatan tulang, jantung dll. Secara keseluruhan, hal ini membantu Anda dan keluarga Anda menjadi lebih bugar, tahan penyakit dan awet muda.

Jaga kebersamaan

Rencanakan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Menonton film,  olahraga, jalan-jalan ke mall atau ke tempat di luar ruangan, dll. Selain menjaga kebugaran keluarga Anda, kebersamaan membantu mengurangi stres dan membangun kedekatan hubungan melalui komunikasi di antara anggota keluarga.

Tidur yang cukup

Pastikan setiap anggota keluarga Anda tidur 6-8 jam setiap hari. Tidur cukup sangat penting untuk mengatur dan memperbaiki setiap sel tubuh. Jika Anda kurang tidur maka akan berdampak cenderung mudah marah, depresi, dan tidak bahagia. Kurang tidur juga akan menambah berat badan, menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi yaitu penyakit liver dan jantung. Secara keseluruhan itu hanya akan merusak tubuh Anda.

Pemeriksaan rutin

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, untuk menghindari masalah kesehatan yang serius. Check up dapat bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin, namun sebaiknya rutinlah dalam melakukan pemeriksaan umum seperti mengukur tekanan darah (tensi), tes darah, kolesterol, masalah gigi dan masalah kesehatan wanita seperti papsmear.

Teratur Berhubungan Suami Isteri

Memiliki seks teratur sangat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan suami isteri. Hubungan suami isteri menjaga cinta tetap hidup antara Anda dan pasangan Anda. Selain memperkuat hubungan Anda dan pasangan, kegiatan ini juga sangat baik untuk melepas stres dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian, berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu, meningkatkan harapan hidup hingga tiga tahun.

Helathy Journal

[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.