Merawat Furnitur Rotan

sofa rotan
sofa rotan

Furniture berbahan rotan memang sangat unik dan sangat cantik menghias ruangan. Namun bagaimana kiat agar perabot rotan awet bertahan lama?  Tekstur dan model anyamannya membuat perawatan rotan berbeda dengan perabot interior berbahan lainnya. Berikut Sharing di Sini Tips merawat furniture berbahan rotan.

1. Bersihkan debu pada permukaan rotan

Bersihkan furniture rotan dari debu secara berkala. Gunakan mesin penghisap debu (vacum cleaner) untuk bagian-bagian yang sulit terjangkau, gunakan ujung penghisap yang bersikat halus. Untuk membersihkan kotoran yang sulit atau bulu-bulu binatang yang menempel, pakai kuas kering. Gunakan juga pinset untuk mengangkat kotoran tersebut.

2. Jika rotan terkena tumpahan air

Jika rotan tertumpah air, sebaiknya segera lap rotan  dengan kain bersih. Basahi dengan deterjen ringan atau minyak pembersih kayu, murphy oil soap. Rotan juga dapat dibersihkan secara menyeluruh dengan air+detergen ringan/minyak, namun perhatikan kondisi cuaca panas/pengering. Caranya basahi rotan dengan semprotan air dan deterjen ringan. Segera bilas dan keringkan dengan kain kering sebelum dipergunakan lagi. Jangan lakukan cara ini terlalu sering, karena air dapat membuat vernis rotan memudar.

3. Jaga keseimbangan kelembaban

Sebaiknya perabot rotan memang ditempatkan di dalam ruangan. Tingkat kelembaban yang terlalu rendah akan menyebabkan rotan mengering dan teksturnya menjadi kasar. Sedangkan, tingkat kelembaban yang tinggi akan membuat rotan rentan jamur.

4. Jika Anda melihat lumut atau jamur tumbuh di rotan, segera bersihkan dengan larutan pemutih (clorine pakaian) dan air. Bersihkan dulu dengan penghisap debu, lalu gunakan sikat halus untuk mengangkat kotoran dan lumut tersebut. Cuci dengan larutan pemutih, bilas sampai bersih, kemudian keringkan pada tempat teduh di siang hari (tidak terkena matahari secara langsung). Pindahkan rotan dari tempat yang terlalu lembab yang mudah tumbuh lumut atau jamur.

5. Kreasi agar awet

Untuk furniture sofa rotan, dapat dikreasikan dengan menambahkan jok berbusa. Anda dapat memilih sarung warna jok ini sesuai selera anda jika bosan warna rotan. Selain memeprmanis penampilan furniture rotan, cara ini juga mampu memperpanjang usia sofa rotan anda.

6. Jangan biarkan rotan terkena hujan, angin atau terik matahari

Rotan yang terpapar sinar matahari akan menurun kualitasnya. Menjadi kering dan pecah-pecah/kasar, serta vernis nya memudar/rusak, sambungan lemnya pun jadi gampang meregang. Serat rotan juga akan mudah rusak bila terkena udara lembab berlebihan yang berasal dari embun dan hujan. Hal ini juga akan menyebabkan kerangka rotan memuai.

7. Jangan menggeser furniture rotan

Saat anda bermaksud untuk memindahkan furniture rotan, sebaiknya pindah dengan cara diangkat, bukan menggesernya. Karena menggeser rotan  dapat membuat kaki rotan menjadi bergerigi dan pecah-pecah, sehingga bagian bawah kaki menjadi rusak.

8. Rotan sebagai elemen eksterior

Saat ini sadang trend furniture rotan yang ditempatkan di ruangan outdoor. Di rumah makan, hotel, dll. Nah, itu sebenarnya adalah serat rotan sintetis. bahan yang digunakan adalah resin, plastik dan fiberglass. Keuntungannya adalah furniture rotan sintetis ini dapat diletakkan di ruangan outdoor, lebih mudah memebrsihkannya dan harganya relatif murah.

Semoga bermanfaat

[e_SdS]

2 thoughts on “Merawat Furnitur Rotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.