Manfaat Memanaskan Mesin Mobil/Motor

manfaat memanasi mesin mobil dan motor
manfaat memanasi mesin mobil dan motor
manfaat memanasi mesin mobil dan motor

Hampir semua pengendara mengerti bahwa sebelum mobil/motor dijalankan, mesin harus dipanaskan. Memanaskan mesin mobil/motor tidak perlu terlalu lama, sebenarnya 5 menit cukup. Biasanya ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi 1/2. Namun yang terpenting, panaskan mesin secara rutin. Lalu sebenarnya apa manfaat dari memanasi mesin ini? Berikut Sharing di Sini Manfaat memanaskan mesin.

1. Membuat Proses Pembakaran Sempurna

Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros bahan bakar. Hal ini sudah jelas karena kondisi mesin masih dingin, sehingga suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran saat dipakai berjalan.

2. Mencegah Keausan

Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Dengan pemanasan, Anda memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.

3. Mengurangi Kebocoran Kompresi

Ada bagian-bagian komponen mesin yang berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para disainer sengaja menciptakan celah. Dan celah ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika komponen-komponen tersebut terkena suhu tinggi (memuai). Ini yang kemudian akan mengurangi kebocoran kompresi. Karena apabila kebocoran kompresi terjadi, maka tekanan pada mesin akan menurun. Akibatnya, temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Efeknya tenaga yang dihasilkan tidak optimal.

automotive magz


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.