Merawat Sepatu Kulit

sepatu kulit
sepatu kulit

Sepatu dan sandal berbahan kulit memang sangat berkelas. Selain nyman dipakai, bahan kulit lebih awet dibanding dengan kulit imitasi. namun, bagaimana cara agar sepatu kulit Anda tetap terawat, awet dan tampak seperti baru? Berikut ini Tips merawat Sepatu/Sandal Kulit.

1. Bedak (Zinc Oxide)

Sebelum Anda pakai, sebaiknya taburkan bedak tabur yang mengandung zinc oxide ke dalam sepatu/sandal. hal ini bertujuan agar kaki tetap kering, sehingga permukaan dalam sepatu/sandal tidak lembab dan bau.

2. Spray Anti Air

Lindungi sepatu/sandal kulit  dari air sebelum Anda pakai. Gunakan zat anti air berbentuk spray/semprotan agar Anda tidak perlu repot mengoleskan ke permukaan kulit sepatu.

3. Jika basah

Jika sepatu/sandal kulit Anda basah terkena hujan atau tertumpah air, yang harus Anda lakukan adalah membuat gulungan dari beberapa lembar kertas koran atau tisu tebal, bentuklah menyerupai ukuran kaki Anda sebagai pengganjal di dalam sepatu. Jemur di tempat berangin atau tempat yang panas/kering namun tidak terkena matahari secara langsung. Gulungan kertas di dalam rongga sepatu bertujuan menyerap kelembaban dan juga menjaga bentuk sepatu/sandal Anda agar tidak mengerut sewaktu kering nanti.

4. Jika Sepatu/Sandal terkena kotoran

Untuk membersihkan noda, pasir dan kotoran yang  menempel di sepatu/sandal Anda, diamkan sepatu sampai kering. Lalu bersihkan dengan sikat berbulu halus atau dapat memakai sikat khusus untuk sepatu kulit (suede), yang dapat dibeli di toko sepatu.

5. Jika berjamur, lembab atau bau

Oles dengan sabun lembut dan tuangkan beberapa tetes air  di atas tisu tebal/kain lap halus, lalu gosokkan sebanyak 2 kali pada kulit yang berjamur. Namun yang harus diperhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan air, karena membasahi kulit secara berlebihan dapat merusak warna dan zat pengawetnya, sehingga kulitnya menjadi tidak merata, kusam dan teksturnya rusak.[e_SdS]

One thought on “Merawat Sepatu Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.