Tips Isi Bensin

isi BBM
gas station
gas station

[Sharing di Sini]   Anda merasa mobil/motor Anda boros bensin? Banyak faktor yang memengaruhi boros tidaknya kendaraan, salah satunya adalah tergantung dari cara menyetir atau seberapa sering melakukan servis berkala, serta masing-masing merek dan tipe mobil/motor tersebut. Misalnya, mesin mobil 2.000 cc, tentu jelas lebih boros daripada mobil dengan kapasitas mesin 1.200 cc. Namun tentu saja Anda dapat menyiasati agar mobil/motor Anda lebih hemat, yakni dengan cara tepat mengisi bensin. Berikut Sharing di Sini Tips mengisi bensin.

1. Waktu yang tepat

Sebaiknya isilah bensin mobil/motor Anda pada pagi hari sebelum matahari mulai panas atau malam hari setelah udara dingin (tidak panas). Mengapa tepat mengisi bensin di saat itu? karena suhu permukaan tanah saat itu akan dingin. SPBU menyimpan cadangan bensinnya di ruang penyimpanan bawah tanah. Jadi, semakin dingin suhunya, bensin akan semakin padat dan saat suhu mulai meningkat bensin mulai memuai. Jika diumpakan saat Anda memasak air, di saat suhu meningkat, kotoran yang ada di dasar tangki akan naik dan bisa tersedot masuk ke dalam tangki bensin Anda. Kotoran partikel-partikel ini yang kemudian mudah mengotori karburator kendaraan Anda.

2. Lihat situasi SPBU

Sebaiknya mengisi bensin bukan pada SPBU yang baru saja diisi ulang. Hal ini dikarenakan bensin yang sedang dialirkan dapat membuat kotoran-kotoran yang telah mengendap terkelupas. Sehinga, kotoran ini bisa saja akan ikut terisap ke dalam tangki mobil/motorAnda.

3.  Perhatikan cadangan di tangki anda

Perhatikan cadangan bensin di tangki mobil/motor Anda. Sebaiknya mengisi bensin saat tangki masih berisi setengah isi. Semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semkain sedikit pula udara yang berada di dalam tangki. Jadi, sebaiknya mengisi bensin saat tangki tidak benar-benar habis, sehingga dapat mengurangi proses penguapan.

4. Pilih bahan bakar terbaik

Nah, tidak ada salahnya jika Anda mengisi dengan bahan bakar dengan kualitas bagus dan harga tanpa subsidi. BUkan tanpa alasan, bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi (pertamax), dapat membantu menjaga tangki penyimpanan mesin Anda. Bahan bakar jenis ini lebih sempurna dalam proses pembakaran, mesin akan lebih terawat dan menghindari kerusakan mesin mobil/motor Anda, tentunya kendaraan kesayangan Anda menjadi awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.