Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

mobil di garasi
mobil di garasi
mobil di garasi

[Sharing di Sini] — Karena alasan tertentu, misalnya ke luar kota selama beberapa hari atau alasan yang lain, mobil dikandangakan di garasi selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Meskipun tidak digunakan, bukan berarti kendaraan tersebut bebas dari perawatan dan bisa ditinggalkan begitu saja. Jika mobil terlalu lama tidak dipakai malah mesin-mesinnya akan aus dan mudah rusak. Berikut Sharing di Sini Tips merawat mobil yang jarang dipakai.

1. Isi Bensin Penuh

Jika Anda berniat tidak memakai mobil Anda dalam waktu yag relatif lama, sebaiknya isi tangki bensin dalam keadaaan penuh. Sebisa mungkin tidak menyisakan ruang kosong atau udara di dalamnya. Karena semakin banyak udara di dalam tangki, maka semakin besar juga kemungkinan timbulnya kondensasi akibat kelembaban. Kondensasi tersebut dapat merusak mobil pada saat dinyalakan.

2. Perhatikan Posisi Mobil

jack stand
jack stand

Pada saat mengandangkan mobil dalam keadaan relatif lama, dianjurkan untuk “menggantung” mobil menggunakan jack stand. Tujuannya adalah mempertahankan agar ban tetap bulat selama ditinggal. Tekanan anginnya pun patut ditambah 1-2 psi di atas standar karena ban bisa menjadi tidak bundar karena berdiri di satu titik dalam waktu yang relatif lama.

3. Panasi Mobil

Meski tidak perlu setiap hari, namun sebaiknya memanasi mobil dilakukan setidaknya selama 30 menit. Tujuannya, mengisi kembali setrum ke aki dan mengeringkan air hasil kondensasi ke knalpot. Serta agar komponen tersebut tidak terserang karat dan menjadi keropos.

4. Ganti Oli dan Servis

Penggantian oli juga perlu diperhatikan, karena tidak dapat lagi berpatokan pada jarak tempuh, maka penggantian perlu dilakukan selama rentang waktu tertentu jika dirasa perlu juga wajib di servis.

5. Sarungi Mobil

Untuk menjaga body mobil dari debu dan kotoran yang bisa merusak lapisan cat, sebaiknya mobil ditutup dengan sarung khusus untuk mobil.

One thought on “Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.