5 Cara Lancarkan Hidung Tersumbat

treatment hidung tersumbat
treatment hidung tersumbat
treatment hidung tersumbat

[Sharingdi Sini] — Siapa yang tidak jengkel ketika dilanda hidung tersumbat. Hidung tersumbat kerap kali melanda ketika kita akan diserang flu / gejala pilek. Rasanya menjadi susah bernapas, sesak bahkan sampai susah tidur.  Sebenarnya Anda bisa meredakan hidung tersumbat tanpa obat lho. Bagaimana caranya? Berikut Sharing di Sini Tips melegakan Hidung Tersumbat.

Minum wedang hangat/panas
Wedang Jahe atau jeruk madu (jeruk nipis/lemon), sangat tepat dinikmati ketika hidung tersumbat. Sebab selain nikmat, di dalamnya kaya akan antioksidan dan vitamin C  yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, aroma jahe akan membantu melancarkan pernapasan.

Mandi air hangat
Mandi air hangat ketika hidung tersumbat akan membuat uap air panasnya membuka saluran pernapasan. Atur napas sedemikian rupa ketika mandi. Sehingga hidung akan mampu bernapas dengan lega.

Menghirup uap air panas di baskom
Siapkan panci/baskom tahan panas. Lalu isi dengan air panas mendidih. Siapkan handuk kecil untuk menutupi kepala Anda. Hirup uap panas dari baskom yang berisi air panas mendidih. Tahan beberapa saat, sampai hidung Anda terasa lega. dapat ditambahkan dengan minyak peppermint / menthol oil.

Aromaterapi menthol

Menthol oil atau minyak mint (peppermint) dikenal bekasiat untuk melegakan pernapasan yan tersumbat. Banyak tersedia di pasaran produk inhaler yang mengandung menthol. Atau Anda dapat menyalakan piranti aromaterapi dengan menambahkan menthol oil.

Olahraga
Kadang terdengar aneh jika badan sedang sakit, malah melakukan olahraga. Namun, sebenarnya olahraga akan memperlancar aliran darah Anda dan membuat metabolisme tubuh lancar. Dalam kasus ini, berolahraga akan memperlancar pernapasan Anda. Yang perlu diingat, lakukan olahraga ringan saat sakit flu, seperti berjalan kaki, joging, fitness, bersepeda. Lakukan kurang lebih 20 menit untuk meredakan hidung yang tersumbat. Sebaiknya hindari dahulu olahraga air. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.