Mengatasi Jerawat dengan Toner Kemangi

kemangi
kemangi
kemangi

Kemangi sering juga disebut sebagai daun basil, mempunyai aroma khas segar menyerupai jeruk limau. Daun kemangi biasanya digunakan untuk lalap atau campuran dalam masakan lainnya.  Nah, ternyata daun kemangi juga ampuh untuk mengobati jerawat yang sedang meradang. Hal tersebut karena kandungan di dalam daun kemangi yang membantu mengobati jerawat dan mengurangi kadar minyak di wajah. Yakni mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B, dan bahan antiseptik. Antiseptik tersebut yang mampu membunuh bakteri, serta memperlancar peredaran darah di dalam kulit.

Lalu bagaimanakah cara menggunakannya? Kemangi dapat diolah menjadi toner alami yang kemudian digunakan sebelum tidur malam setelah wajah dicuci bersih dengan sabun. Berikut Sharing di Sini Langkah Membuat Toner Alami dari Kemangi.

Bahan:

100 gram daun kemangi

200 ml air panas

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daun kemangi, lalu remas-remas daun kemangi hingga hancur, dan  dicampurkan dengan air panas. Di dalam air panas, aduk-aduk kemangi sehingga sarinya keluar. Dinginkan.
  2. Setelah air rendaman daun kemangi dingin, kembali peras-peras daun kemangi. Saring dan simpan air sari kemangi di dalam botol.
  3. Agar lebih awet dan segar simpan di dalam lemari pendingin.
  4. Untuk mengaplikasikan di wajah, gunakan dengan bantuan kapas dan oleskan ke seluruh wajah sebelum tidur. Biarkan hingga keesokan paginya.

Hasilnya,  jerawat yang meradang  merah akan segera kering dan wajah lebih bersih. Jerawat pun enggan muncul lagi, karena  sifat anti-bakteri dan menyegarkan kulit Anda terutama jika itu kombinasi – berminyak dan rawan jerawat. Umur simpan di dalam lemari pendingin kurang lebih  2 minggu. Selamat mencoba. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.