Penemuan-Penemuan Yang Tidak Disengaja

permen karet

Penemuan kadang terjadi secara faktor tidak disengaja. Setelah penemu mencoba berkali-kali, bahkan ratusan kali, penemu menghasilkan sesuatu yang baru seperti yang mereka harapkan.

Berikut Sharing di Sini Penemuan – penemuan yang tercipta secara tidak sengaja.

Ban

ban good year
ban good year

Charles Goodyear adalah salah satu ilmuwan yang berjuang untuk menemukan campuran yang tepat untuk ban. Namun sayangnya dia tidak bekerja sama dengan para ilmuwan lain dalam menemukan campuran yang tepat. Akhirnya pada satu waktu Charles Goodyear tidak sengaja menemukan ban yang dapat tahan banting dalam semua kondisi dan menjadi salah satu ban terkenal di dunia sampai saat ini. Kisah Charles Goodyear adalah  saat ia santai, ia tidak sengaja menjatuhkan karet dengan zat sejenis belerang bersamaan ke kompor panas dan karet ini rupanya mampu bereaksi dengan sulfur. Ketika diperiksa, karet dicampur dengan belerang akan menjadi tahan panas dan tahan dingin. Berdasarkan hal ini, akhirnya ia mendirikan ban karet yang dapat menahan panas dan dingin. Penemuan ini sebenarnya tidak disengaja, namun pada akhirnya sekarang dikenal sebagai ban Goodyear.

Teh

teh
teh

Pada sekitar tahun 2.373 SM, Kaisar Shen Nung sedang merebus minuman panas. Tapi rupanya dia lupa menutup ketel air, sehingga  angin meniup daun di sekitar rumah mereka dan masuk ke dalam ketel. Pada saat sang kaisar akan mengambil minum, tampak bahwa daun telah bercampur dengan minuman dan meninggalkan aroma yang wangi. Dan rasanya pun sangat nikmat. Sejak saat itu teh mulai beredar di China, bermula dari peristiwa yang tidak disengaja ini.

Microwave

microwave
microwave

Cerita dimulai ketika Spencer berjalan-jalan membawa coklat di sakunya, ia berjalan melalui radiator yang bekerja, ia jatuh dan akhirnya cokelatnya menjadi meleleh. Kejadian ini membuat Spencer berputar otaknya dan mulai berinovasi. Berdasarkan kejadian ini, Spencer pertama kali menemukan microwafe yang beratnya 400 kg. Tetapi dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman,  microwave menjadi lebih kecil dan bentuknya pun beragam.

Jagung berondong

popcorn
popcorn

Pada akhir Perang Dunia II, seorang insinyur mencari manfaat lain dari magnetron untuk menghasilkan gelombang mikro untuk sistem radar. Pada suatu hari ia meletakkan sebuah Sandwich Earlof yang tidak sengaja diletakkan dekat perangkat. kemudian sandwith itu menjadi mekar. Dan akhirnya ia menemukan bahwa magnetron bekerja lebih baik untuk membuat popcorn / jagung berondong.

Brownies

brownies
brownies

Kue Brownies sebenarnya  ditemukan karena kesalahan pada saat proses memanggang. Para pembuat kue sengaja tidak menempatkan baking powder, sehingga menghasilkan kue cokelat yang basah dan tidak mengembang. resep brownies pertama kali diterbitkan ke publik pada tahun 1897 di Sears, Roebuck Catalogue. Dalam sejarah kuliner, brownies termasuk dalam kategori cookies, kue kecil yang terbuat dari tepung, manis, lembut dan tekstur renyah di bagian pinggirannya.

Sandwich

sandwich
sandwich

Pada sekitar 1.700 seorang pria bernama Earlof Sandwich sangat sibuk dengan kegiatan sehariannya, yaitu judi. Karena cintanya pada perjudian, menjadikannya seorang yang malas meninggalkan kursi perjudiannya itu. Suatu saat ia merasa lapar, tapi ia tidak mau beranjak dari tempat duduknya, dia memesan makanan pada keluarganya untuk membuatkannya makanan. Makanan itu disusun di antara dua buah roti yang berisi daging dan sayuran, agar praktis sekali makan ia dapat daging dan sayur.  Nah dari perintah keinginannya itu, maka tercipta sebuah roti yang berisi aneka isi (sayur, daging, mayonaise, saos, dll) yang kemudian dikenal sebagai nama penjudi; Sandwich. Dan akhirnya makanan “sandwich” ini ditiru oleh rekan-rekannya, yang kemudian beredar ke masyarakat luas dengan sebutan sandwich, untuk roti yang disusun dengan isi.

Sabun

sabun
sabun

Suatu hari di sebuah pabrik sabun ketika karyawan istirahat,  mereka lupa mematikan mesin sabun pembuatan sehingga sabun tidak sengaja bercampur dengan udara. Karena sabun yang dihasilkan tidak terlihat berbeda, maka sabun secara langsung dipasarkan. Namun rupanya bagi konsumen di pasaran, sabun ini malah menghasilkan busa yang sangat disukai oleh konsumen.

Permen karet

permen karet
permen karet

Pada suatu hari, Thomas Adams sedang bereksperimen dengan Chice, getah tanaman dari Amerika Selatan, sebagai pengganti karet. Setelah percobaan gagal berulang-ulang, penemu tidak sengaja menaruh sepotong chice ke dalam mulutnya dan ternyata dia malah sangat menyukai rasanya. Kebetulan  Adams menjadi permen karet nomer 1 yang bersal dari New York, yang diproduksi dalam jumlah besar di seluruh dunia.[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.