Mengalihkan Kecanduan Facebook

kecanduan facebook
mengatasi kecanduan facebook
mengatasi kecanduan facebook

Apakah Anda merasa tiada hari tanpa facebook?

Ada yang kurang sebelum melihat tampilan news feed di jejaring sosial ini?

Kemudian setelah membuka, sulit untuk berhenti main facebook?

Tampaknya patut diwaspadai jika Anda sudah kecanduan Facebook.

Facebook memang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hampir semua orang memiliki akun facebook untuk saling berinteraksi sosial di Internet. Namun tahukah Anda ternyata facebook juga dapat membuat penggunanya jadi ketagihan dan bermasalah dengan pasangan/keluarga atau mempengaruhi psikologi seseorang. Nah untuk mengeremnya, berikut Sharing di Sini  Cara Mengalihkan Agar Tidak Kecanduan Facebook.

1. Hapus aplikasi dari smartphone Anda
Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengendalikan agar tidak kecanduan media sosial adalah untuk menjauh diri dari komputer atau smartphone. Semakin banyak aplikasi jejaring sosial yang di donlot di smartphone, maka semakin besar peluang menjadi kecanduan jejaring sosial. Batasi dan atur jumlah aplikasi jejaring sosial, bila perlu hapus beberapa/seluruh aplikasi dari smartphone Anda. Dengan cara tersebut Anda hanya dapat log in media sosial tertentu hanya saat online di komputer atau laptop saja.

2. Lebih giat olahraga
Untuk mengalihkan kecanduan FB, lakukan hal lain seperti olahraga kesukaan Anda. Anda pun akan merasa energi positif Anda akan teralihkan untuk sesuatu yang menyehatkan badan. Perlahan hal ini akan mengurangi penggunaan komputer atau  menggenggam smartphone, sehinga membantu menyembuhkan kecanduan sosial media.

3. Menekuni Hobi
Agar tidak melulu berkutik dengan dunia maya jejaring sosial, tekunilah hobi Anda. Misalnya adalah melukis, memasak, fotografi, memancing, menulis, baking, bermain musik, dll. Selain mengalihkan dari dunia maya, berkutik dengan hobi akan membuat Anda semakin mahir dalam bidang tertentu.

4. Atur / kurangi teman dan grup
Biasanya jika sudah log in di facebook tidka hanya menghabiskan banyak waktu mengomentari atau melihat profil teman saja. namun juga berjalan-jalan ke banyak informasi dari teman atau grup langganan. Nah, sebaiknya kurangi jumlah grup, situs yang menurut Anda tidak menarik/tidak penting. Atur jumlah teman. Jangan asal menerima teman yang tidak Anda kenal. Hal ini juga akan melindungi Anda dari bahaya kejahatan dunia maya saat ini.

5. Lebih disiplin atur waktu
Batasi waktu saat menggunakan jejaring sosial. Disiplin dan beri waktu untuk Anda sendiri. Jam berapa Anda boleh bermain jejaring sosial, serta batasi durasi/lamanya anda boleh bermain. Cara ini membuat Anda tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk jejaring sosial yang terkadang hanya buang-buang waktu dan lupa diri dengan pekerjaan Anda di rumah atau kantor.

6. Bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan teman
Bertemu dan berinteraksi secara langsung adalah jalan terbaik, daripada hanya akrab di media sosial. Jejaring sosial hanya sebuah interaksi di dunia maya, tak urung menimbulkan salah paham orang / adu argumen yang melibatkan emosi karena tidak bertemu secara langsung.

7. Lebih mendekatkan diri dengan keluarga
Agar Anda tidak menjadi seperti robot yang apatis atau mempunyai dunia sendiri di dunia maya, sebaiknya jaga kedekatan dengan keluarga, pasangan, saudara, teman dan kerabat Anda. Jika Anda asik dengan dunia maya jejaring sosial, bisa-bisa pasangan Anda di rumah, orang tua Anda atau anak-anak Anda,  menjadi terlupakan, cuek, bahkan kurang kasih sayang. Imbasnya akan berbahaya jika semuanya lebih asik dan mementingkan jejaring sosial masing-masing.

Nah, kendalikan diri Anda ya.. agar tidak menjadi robot jejaring sosial. It’s reality life.. facebook just for fun..

Semoga bermanfaat

[e-SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.