Tips Merawat Rambut Keriting

curly hair
curly hair
curly hair

Meskipun rambut ikal atau keriting tidak begitu disukai kebanyakan orang saat ini,  namun tidak berarti anda yang terlahir dengan rambut keriting tidak dapat tampil menarik. Saat ini karena pemilik rambut lurus sudah umum terlihat dan bahkan menjamur di salon dengan produk pelurusan rambut. Nah, jika Anda dianugerahi rambut yang ikal dan keriting, sebenarnya jika Anda percaya diri dan mensyukuri, rambut ikal atau keriting malah akan menjadi daya tarik yang unik dan menarik, karena berbeda dengan yang lainnya. Untuk tampil maksimal, berikut Sharing di Sini Tips merawat rambut keriting agar terawat, uni, dan menajdi daya tarik anda.

Gunakan sampo dan pelembab (conditioner/kondisioner)

Rambut ikal atau keriting memang rawan akan ruwet ketika disisir. Agar setiap helai untaian rambut lebih halus kita bisa menggunakan sampo kemudian dilanjutkan dengan memakai pelembab (atau sampo yang mengandung pelembab) terutama pelembab rambut yang mengandung dimethicone. Untuk mengetahuinya silakan di cek kandungan pada kemasan sampo sebelum Anda membelinya.  Dimethicone bukan saja dapat melembutkan rambut, namun juga aman digunakan untuk rambut anda. Kondisioner selain melembutkan rambut juga membuat rambut lebih bersinar. Sebaiknya hindari sampo dan pelembab (kondisioner) yang membuat rambut lebih mengembang, karena tidak cocok digunakan bagi orang yang memiliki rambut ikal apalagi keriting.

Gunakan lotion/serum

Meskipun lotion tidak bekerja secara permanen namun anda boleh mencobanya sesekali waktu. Lotion yang dibuat untuk tujuan meluruskan dan menghaluskan rambut bisa anda gunakan untuk mengendalikan rambut keriting. Lotion yang umumnya digunakan biasanya mengandung silikon yang digunakan untuk melembutkan rambut ikal dan kasar. namun, jangan terlalu sering menggunakan produk dengan kandungan silikon karena dapat berakibat buruk bagi rambut anda kedepannya. Anda juga bisa mencoba serum yang bisa anda dapatkan di toko kecantikan, meskipun harganya sedikit lebih mahal namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Ini juga dapat Anda beli di salon perawatan rambut.

Hindari  hair dryer

Hindari menggunakan hair dryer sebisa mungkin, kecuali jika Anda sangat terpaksa harus menggunakannya. Rambut ikal memiliki kadar kelembaban yang rendah dibanding rambut lurus. Penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut dapat menghilangkan kelembaban alami rambut dan dapat memperparah keadaan. Jika sungguh terpaksa maka basahi dulu rambut anda sebelum menggunakan hair dryer untuk menurunkan tingkat kelembaban yang hilang setelah memakai haridryernya.

Pemijatan kulit kepala

Agar folikel rambut tetap sehat dan kulit kepala dapat memproduksi minyak alami maka perlu dilakukan pemijatan secara teratur, waktu yang paling dianjurkan untuk melakukan pemijatan adalah tepat sebelum anda tidur. Gunakan minyak zaitun untuk memudahkannya, selain itu kandungan minyak zaitun baik untuk kulit kepala. Hangatkan lebih dahulu minyak zaitun kemudian aplikasikan pada kulit kepala Anda dan pijat dengan lembut.

Sanggul rambut anda

Jika sedang beraktifitas di luar ruangan maka hal terbaik yang bisa anda lakukan pada rambut adalah dengan menyanggulnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar kelembaban yang hilang dari rambut.[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.