Manfaat Gizi Ubi Jalar

manfaat gizi ubi jalar
manfaat gizi ubi jalar
manfaat gizi ubi jalar

Orang Indonesia tentu sudah tidak asing dengan ubi jalar atau telo rambat. Ubi yang tanamannya tumbuh secara menjalar dan buahnya terpendam di dalam tanah. Ubi ini ada yang bagian dalamnya berwarna ungu, dalam berwarna kuning, maupun kulit ungu dalam berwarna putih. Namun tentu berbeda bentuknya dengan ubi kayu (ketela / telo pohung) ya. Mungkin tidak semua orang suka makan ubi jalar, opini di masyarakat kita terlanjur mengidentikkan ubi sebagai makanan orang “ndeso” alias kampung. Dan tidak sedikit orang yang dengan sengaja tidak mengkonsumsinya hanya karena gengsi dan menganggap kurang berkelas, atau tidak jamannya makan “telo”. Namun, di negara-negara eropa yang teknologi kedokterannya sudah sangat maju, ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sangat diperhitungkan karena mengandung berbagai macam manfaat di dalamnya. Nah, berikut Sharing di Sini Manfaat Ubi Jalar.

Mengandung mineral penting

Beberapa mineral penting yang terdapat pada ubi jalar diantaranya adalah magnesium dan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan energi seseorang, selain itu zat besi juga sangat berhubungan erat dengan produksi sel darah merah dan sel darah putih, zat besi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang dan mengurangi resiko serangan stress. Sedangkan fungsi magnesium diantaranya untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, menjaga saraf, otot, jantung, darah dan arteri agar selalu tetap sehat.

Sumber vitamin B6

Vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk mengubah bahan kimia yang dikenal dengan nama homocysteine menjadi molekul yang lebih sederhana. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kepikunan dan serangan jantung pada seseorang. Sangat cocok untuk orang dewasa agar memorinya baik, sehingga tidak mudah jadi pelupa / pikun.

Mengandung vitamin C

Vitamin C sangat kita butuhkan agar tulang dan gigi tetap kuat selama mungkin. Selain dapat menjaga tulang dan gigi tetap kuat, vitamin C yang terdapat pada ubi jalar mampu menahan berbagai macam penyakit seperti flu, racun dalam tubuh serta mempercepat penyembuhan.

Sumber vitamin D

Vitamin D yang ada pada ubi jalar berguna untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat secara keseluruhan dan secara khusus membantu organ jantung, saraf, kulit, gigi dan tulang tetap dalam keadaan normal. Vitamin D juga penting bagi seorang wanita yang ingin cepat hamil karena dapat membantu kelenjar tiroid bekerja secara normal. Kelenjar tiroid sangat berpengaruh pada kehamilan seorang wanita.

Mengandung potasium

Potasium berguna untuk mengatur jantung agar tetap sehat dan bekerja secara normal dan berdetak dengan ritme yang wajar. Selain itu, potasium juga sangat bermanfaat untuk organ ginjal.

Manis alami

Rasa manis yang terdapat pada ubi jalar merupakan pemanis alami yang tidak mengakibatkan naiknya kadar glukosa atau gula darah pada seseorang. Nah, ubi jalar ini sangat cocok untuk alternatif bagi Anda yang sedang menjaga diet karbohidrat dan menjaga kadar gula darah.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid (terutama pada ubi jalar kuning) seperti beta karoten berguna untuk menjaga kesehatan mata kita, sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit juga semakin menguat.

Melawan kanker

Ubi jalar (terutama ubi ungu) mengandung antioksidan yang ampuh mencegah bahaya radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dan tumor. Banyak sekali manfaat ubi jalar yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur.

Nah, ternyata ubi jalar bukan makanan kampungan kan. Semua kandungan gizinya sangat baik dan penting untuk kesehatan kita. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.