Kasiat Kunyit

manfaat kesehatan kunyit
manfaat kesehatan  kunyit
manfaat kesehatan kunyit

Sudah sejak jaman nenek moyang, kunyit menjadi bagian penting dalam praktek pengobatan tradisional di negara-negara Asia, terutama India dan Cina, juga termasuk Indonesia. Seiring berkembangnya ilmu kedokteran, negara-negara barat akhirnya juga mengakui banyak kasiat dari tumbuhan herbal ini.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengungkap kandungan dan kasiat kunyit yang akhirnya membuktikan bahwa kunyit memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Berikut Sharing di Sini beberapa kasiat kunyit bagi kesehatan yang telah terbukti secara medis:

1. Mengurangi resiko serangan penyakit Alzheimer (Kepikunan)
Penyakit ini terjadi ketika fragmen protein yang dalam ilmu kedokteran disebut dengan beta-amyloid terakumulasi dalam sel otak dan menggumpal. Lambat laun hal ini dapat menghalangi fungsi otak memberikan perintah pada anggota tubuh yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit mengandung sejumlah unsur alami yang dapat mengikat beta-amiloid dan menghindari terjadinya pembentukan plak di saraf otak.

2. Mengobati penyakit rematik dan nyeri sendi
kandungan anti-inflamasi dalam kunyit menginduksi rasa sakit, bengkak, dan peradangan pada tulang sendi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh rematik maupun keluhan tulang persendian

3. Mengurangi resiko kanker
antioksidan dalam kunyit membantu kita menangkal bahaya radikal bebas yang dapat merusak sel-sel penting dalam tubuh kita sekaligus menghindari terbentuknya sel kanker bermutasi dan bermetastasis. Penelitian yang dilakukan ilmuwan barat pada hewan menunjukkan bahwa kunyit terbukti efektif dalam mencegah penyakit kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker kulit dan kanker darah atau leukemia.

4. Mencegah penyakit jantung
hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus menghancurkan pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Kandungan vitamin B6 dalam kunyit terbukti ampuh mengurangi resiko penyakit jantung

5. Meningkatkan kesehatan organ hati
Membuang racun yang berada pada aliran darah merupakan fungsi utama organ hati. Pola makan yang tidak sehat serta kebiasaan buruk yang dilakukan dalam waktu lama dapat mengganggu fungsi hati. Hasil study menunjukkan kunyit dapat meningkatkan enzim detoksifikasi penting dalam hati dan dapat menghalangi pembentukan senyawa berbahaya dalam hati

6. Mengobati sakit perut
Selain dapat mengobati sakit maagh, kunyit juga terbukti dapat mengatasi kram perut saat wanita menjelang datang bulan (haid/menstruasi)

7. Mengurangi resiko diabetes melitus

8. Mengobati penyakit tipes

9. Melangsingkan perut/tubuh
Kunyit dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dansebagai antioksidan, membuang racun dengan baik. Tidak heran, minuman kunyit asam dijadikan sebagi cara alami melangsingkan tubuh, melancarkan peredaran darah (minuman pembersih darah alami).

Manfaat-manfaat kunyit tersebut di atas sudah terbukti secara medis dan merupakan hasil dari beberapa penelitian yang menggunakan alat modern/laboratorium. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.